Bagikan
Highlight Cover
Simpler Life

Kuis: Self-Reward Seperti Apa yang Cocok untuk Kamu?

18 July 2022  |  Penulis: Nadya Warih

Pernah harus keluar dari zona nyaman biar dapat kesempatan dan pengalaman baru? Memberanikan diri untuk mengambil keputusan besar? Atau mencoba bangkit perlahan setelah mengalami kegagalan?

Dalam kehidupan, selalu ada tantangan maupun rintangan yang harus dihadapi untuk mencapai tujuan. Tetapi, selalu ada juga langkah kecil yang bisa kamu buat dan rayakan untuk jadikan hidupmu lebih baik. Salah satunya adalah dengan memberikan self-reward sebagai bentuk apresiasi ke diri sendiri.

Lewat kuis berikut ini, Jenius mau mengajak kamu cari tau self-reward seperti apa yang cocok untuk kamu biar tetap semangat untuk menjalani hari! ✨

Cari tau dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut yuk!

Setelah mengetahui self-reward yang cocok, kamu mungkin jadi bertanya-tanya: “Kapan ya waktu yang tepat buat self-reward?”

Idealnya, self-reward bisa kamu berikan ke diri sendiri setelah kamu sudah bekerja keras dan berhasil meraih sebuah pencapaian yang signifikan. Tetapi, kamu boleh juga kok sesekali kasih reward ke diri sendiri saat sedang berproses sebagai penyemangat. Yang penting bijak mengatur keuangannya ya biar gak jadi alasan untuk boros berdalih self-reward.

Sat, Set, Siapkan Budget untuk Self-Reward

Si Penyuka Tindakan, si Butuh Me Time, si Pencari Kenyamanan, si Penggemar Hadiah, maupun si Penyuka Kata-kata Mutiara akan membutuhkan dana untuk mendapatkan self-reward. Untuk itu, kamu bisa pakai metode budgeting 50/30/20 atau 4-3-2-1 buat menyisihkan dana hiburan sebagai budget self-reward.

Nah, gak cuma disiapkan saja, budget juga perlu dikontrol. Biar gak kebablasan, kamu bisa buat langkah kecil pisahkan budget self-reward pakai x-Card. Di Jenius, kamu bisa request x-Card dengan tiga pilihan warna (hijau, biru, dan ungu) dari halaman Card Center di aplikasi Jenius. x-Card bisa kamu gunakan untuk mengatur kebutuhan pengeluaran yang lebih spesifik, salah satunya untuk self-reward.

Kamu hanya perlu top up sejumlah uang ke x-Card sesuai budget yang sudah kamu siapkan sebelumnya, lalu memakai kartunya setiap kali kamu butuh mengeluarkan uang untuk self-reward.

Baca juga: Atur Alokasi Pengeluaran dengan x-Card Jenius

Penuhi Segala Kebutuhan Transaksi

Saat perlu bertransaksi untuk self-reward, kamu bisa gunakan Kartu Debit Jenius untuk berbagai transaksi, baik secara offline maupun online.

Kamu si Butuh Me Time pengin hangout untuk melepas penat? x-Card yang kamu alokasikan khusus untuk self-reward bisa kamu pakai untuk bayar makanan atau minuman di kafe atau restoran.

Pengin bersantai sambil dengar musik atau nonton film dan serial favorit? Pakai e-Card untuk bayar biaya langganan Spotify, Netflix, dan berbagai platform streaming lainnya.

Baca juga: Tiga Kartu Debit Jenius untuk Segala Kebutuhan

Khusus untuk transaksi online di marketplace, kamu bisa pakai Jenius Pay sebagai metode pembayarannya. Kamu gak perlu lagi detail kartu debit/kredit atau transfer antar bank untuk bayar belanjaan, cukup pakai $Cashtag Jenius kamu.

Nantinya, kamu juga bisa memilih x-Card yang sudah kamu isi dengan budget self-reward sebagai sumber uang untuk pembayaran Jenius Pay. Jadi, pengeluaran kamu untuk self-reward akan selalu on budget!

Baca juga: Cara Baru dan Praktis Bertransaksi dengan Jenius Pay

Manfaatkan Rewards Biar Lebih Hemat

Kamu bisa buat langkah kecil untuk lebih hemat saat self-reward dengan memanfaatkan promo Every Yay dari Jenius.

Kamu bisa pilih sendiri berbagai promo dari merchant rekanan Jenius. Kemudian, nikmati berbagai promo yang ada. Mulai dari harga spesial untuk nonton di XXI hingga potongan harga tiket pesawat dan hotel untuk kamu yang lagi pengin traveling!

Atur Pengeluaran, Biar Gak Kebablasan

Setelah melakukan self-reward, kini kamu tinggal memonitor kondisi keuangan kamu dengan fitur Moneytory di Jenius.

Moneytory adalah buku harian keuangan yang akan menyediakan rangkuman pemasukan, pengeluaran, dan selisihnya. Dengan Moneytory, kamu jadi bisa menentukan langkah kecil untuk lebih bijak dalam mengatur keuangan supaya tetap sehat. Termasuk untuk self-reward!

Baca juga: Wujudkan Keuangan yang Lebih Sehat dengan Moneytory

Self-Reward Jalan, Self-Investment Juga Jalan

Gak berhenti di menyenangkan diri sendiri saja, tapi berinvestasi juga merupakan bentuk dari self-reward untuk masa depan. Biar makin semangat untuk menyenangkan diri sendiri, kamu bisa memanfaatkan fitur Reksa Dana di Jenius.

Dengan menaruh uang di reksa dana, kamu bisa dapat keuntungan dari return sehingga investasi kamu ke diri sendiri akan berkembang seiring berjalannya waktu. Di Jenius, kamu bisa mulai langkah kecil untuk investasi reksa dana mulai dari Rp10.000 lho!

Supaya lebih konsisten, kamu juga bisa top up reksa dana secara otomatis di Jenius dengan mengaktifkan Auto Invest. Investasi kamu ke diri sendiri bakal jadi lebih mudah dan tertata, deh!

Baca juga: Cara Beli Reksa Dana di Jenius

Intinya, dengan self-reward yang tepat, kamu akan jadi lebih siap untuk menjawab tantangan dan melewati berbagai rintangan. Jenius dengan berbagai fiturnya pun siap mendukung kamu mengatur keuangan untuk self-reward 😉

Yuk, buat #langkahkecilhariini untuk mengapresiasi diri sendiri bersama Jenius!

Bagikan