Bagikan
Highlight Cover
Updates, Campaign

Wujudkan Keuangan yang Lebih Sehat dengan Moneytory

15 June 2020  |  Penulis: Cynthia Isabella

Semua ingin memiliki keuangan yang sehat. Keuangan yang sehat dimulai dari memahami kondisi arus keuangan (cash flow) kita. Walaupun begitu, untuk mengetahui kondisi arus keuangan dengan jelas, kita perlu mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran.

Ada yang memilih untuk mencatat secara manual di buku, ada juga yang memanfaatkan teknologi dengan mencatat di Microsoft Excel atau dengan aplikasi expense tracking. Apa pun cara yang kamu pilih, kamu memerlukan konsistensi dan ketelitian supaya pemasukan dan pengeluaran bisa tercatat tanpa terlewat. Bukan hal yang mudah memang. Karena itu pula, gak sedikit yang akhirnya menyerah di tengah jalan. Padahal catatan arus keuangan adalah awal dari memahami kondisi keuanganmu dan mewujudkan keuangan yang lebih sehat.

Karena itu, Jenius merilis Moneytory.

Moneytory adalah buku harian keuangan (personal finance diary) untuk membantu kamu menata cash flow dengan lebih mudah sehingga kehidupan dan keuanganmu jadi lebih sehat.

Berbeda dengan metode/aplikasi pencatatan keuangan lainnya, semua yang ada di Moneytory serba otomatis. Sekarang kamu gak perlu mencatat pemasukan dan pengeluaran karena seluruh transaksi uang masuk dan uang keluar di Saldo Aktif dan m-Card akan langsung tercatat serta terkategori.

Selain itu, kamu juga bisa melihat ringkasan kondisi keuanganmu secara jelas, mulai dari berapa jumlah pemasukan/pengeluaran, berapa selisih di antara keduanya, dan mengetahui apa transaksi di Saldo Aktif dan m-Card yang paling sering kamu lakukan.

Moneytory juga terintegrasi dengan fitur-fitur Jenius lainnya seperti Send It, e-Wallet Center, Split Bill, dan Pay Me.

Moneytory

tampilan fitur Moneytory

Pengaturan Cash Flow dengan Moneytory

Moneytory terbagi menjadi dua informasi utama: Pemasukan dan Pengeluaran.

Melalui halaman utama Moneytory, kamu bisa melihat jumlah total Pemasukan dan Pengeluaran beserta diagram persentase masing-masing sesuai kategorinya, jumlah selisih antara pemasukan dan pengeluaranmu, serta Highlights berisi tren pengeluaranmu yang turut menginformasikan pengeluaran terbesar atau transaksi tersering.

Kamu juga bisa menentukan periode Moneytory sesuai kebutuhan atau kondisi keuanganmu, misalnya per bulan atau dengan mengikuti tanggal gajian.

Monitor Pemasukan dan Pengeluaran Lebih Mudah

Seluruh uang yang masuk ke Saldo Aktif akan tercatat di Moneytory sebagai Pemasukan dan terkategori secara otomatis. Selain itu, kamu juga bisa melihat persentase dan detail pemasukan lebih spesifik sesuai kategorinya, misalnya Gaji, Uang Masuk, dan lain-lain.

Sama seperti pemasukan, pengeluaran yang kamu lakukan dengan Saldo Aktif dan m-Card juga akan tercatat secara otomatis di Moneytory. Kini kamu gak perlu lagi menyimpan struk belanja untuk dicatat secara manual di buku atau di aplikasi expense tracking.

Mulai dari transfer uang, top up e-Wallet bayar tagihan, transaksi offline di restoran atau supermarket, transaksi online di marketplace/App Store/Google Play Store, semua tercatat secara otomatis. Jika transaksimu belum sesuai kategori yang ada, datanya akan tercatat di bagian Belum Terkategori dan kamu bisa langsung menyesuaikannya.

Selain melihat informasi seluruh pengeluaran, kamu juga bisa melihat persentase dan detail pengeluaran yang lebih spesifik sesuai kategorinya seperti Makanan & Minuman, Top up e-Wallet, Tagihan, Belanja, dan sebagainya.

Langkah Awal untuk Keuangan yang Lebih Sehat

Pencatatan pengeluaran dan pemasukan memang menjadi langkah awal untuk mewujudkan keuangan yang lebih sehat. Tapi kini kamu gak akan lagi merasa mencatat keuangan sebagai hal yang merepotkan dan membuang waktu, karena Moneytory akan melakukan semua itu untukmu.

Transaksi yang kamu lakukan akan terkategori dan terangkum secara otomatis sehingga kamu bisa memonitornya dengan sangat mudah. Dengan pencatatan cash flow yang lebih mudah dan cerdas, kamu bisa meraih kehidupan dan keuangan yang lebih sehat.

Baca juga: Cari Tahu Profil Pengelolaan Cash Flow Kamu

Moneytory tersedia secara otomatis di aplikasi Jenius dan bisa digunakan tanpa biaya tambahan. Untuk mendapatkan Moneytory, pastikan Jenius kamu sudah dengan update aplikasi terbaru.


Bagikan
Image
Image
Image
Image
Image
Image

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius