Bagikan
Highlight Cover
Updates

Fitur Baru dan Peningkatan Fitur Jenius Sepanjang Tahun 2020

20 December 2020  |  Penulis: Cynthia Isabella

Tahun 2020 memang tahun yang gak mudah untuk dijalani. Perekonomian yang terdampak akibat virus corona membuat kita harus berjuang dalam situasi yang serba gak pasti. Banyak perubahan dan penyesuaian yang harus kita lakukan, sekaligus menerima adanya pola kehidupan baru yang harus dijalani.

Di tengah perubahan dan penyesuaian ini, Jenius selalu berusaha untuk bisa tetap relevan dengan kebutuhanmu. Ketika interaksi langsung dengan sentuhan atau tatap muka menjadi hal yang harus dihindari, Jenius menyadari bahwa keberadaan Jenius, sebagai bank yang mengutamakan aktivitas online, menjadi jauh lebih penting bagi teman Jenius di masa ini.

Ada beberapa fitur dan peningkatan yang Jenius lakukan di tahun 2020. Sama seperti fitur-fitur terdahulu, semuanya terinspirasi dari cerita teman Jenius dan apa yang kamu butuhkan saat ini.

1. Akun Bisnis dan Bisniskit

Dalam mendukung teman Jenius yang memiliki ide-ide kreatif dengan potensi bisnis agar bisa memulai dengan fondasi finansial yang kuat, Jenius akhirnya menghadirkan Jenius untuk Bisnis yang terdiri dari akun bisnis dan aplikasi tambahan Bisniskit.

Akun bisnis bisa kamu akses dari dalam aplikasi Jenius. Cukup dengan membuat $Cashtag baru, kamu sudah bisa mengaktifkan akun bisnismu. Sedangkan Bisniskit bisa kamu download melalui App Store dan Google Play Store. Bisniskit menyediakan kemudahan inventarisasi dan transaksi seputar bisnis, serta membantumu memantau perkembangan bisnis yang kamu jalankan.

Melihat banyaknya usaha sampingan atau bisnis rumahan yang bermunculan di masa pandemi ini, Jenius tentu ingin menjadi bagian dalam cerita bisnis kamu melalui akun bisnis dan Bisniskit.

Baca juga: 7 Pertanyaan yang Harus Dijawab Pemilik Bisnis Saat Pandemi

2. Moneytory

Selain fitur-fitur yang memudahkan alokasi pengeluaran dan menabung, kini kamu bisa melihat catatan keuangan bulananmu melalui fitur Moneytory. Buku harian keuangan ini menampilkan secara rinci seluruh transaksi yang kamu lakukan dengan Jenius setiap bulannya.

Apa kategori pengeluaran terbesar kamu, berapa pengeluaran terbesar di bulan ini, apa e-wallet yang saldonya paling sering kamu top-up, semuanya ditampilkan di menu Overview di dalam Moneytory. Ini membantu teman Jenius jadi lebih sadar dalam setiap pengeluaran yang dilakukan dan memahami kondisi cash flow saat ini.

Baca juga: Cari Tau Profil Pengelolaan Cash Flow Kamu

3. Jenius QR

Jenius QR adalah upaya Jenius untuk mendukung inisiatif pemerintah dalam membangun ekonomi digital dengan layanan pembayaran nontunai yang efisien, efektif, dan aman. Pembayaran semacam ini tentunya sangat dibutuhkan ketika transaksi offline dengan uang tunai tidak dianjurkan di masa pandemi ini.

Jenius QR telah tergabung dalam jaringan QRIS. Dengan begini, teman Jenius bisa melakukan transaksi contactless menggunakan QR Code, tanpa harus berpindah aplikasi dan melakukan top-up ke aplikasi pembayaran berbeda. Semua lebih mudah dari satu tempat di Jenius app.

Baca juga: Pembayaran QR Lebih Praktis dan Aman dengan Jenius QR

4. 3 Flexi Saver

Sejak awal, Flexi Saver menjadi salah satu fitur favorit di Jenius app. Fleksibilitas dalam menyetor dan menarik uang serta bunga yang lebih tinggi dari tabungan biasa membuat banyak teman Jenius dan Co.Creators mengharapkan Flexi Saver ada lebih dari satu tabungan, seperti Dream Saver.

Merespon kebutuhan tersebut, maka di bulan Juni lalu Jenius melakukan peningkatan dengan menambah Flexi Saver menjadi 3 tabungan. Kamu bisa memanfaatkan ini untuk pengaturan keuangan yang lebih baik, misalnya Flexi Saver untuk dana darurat, Flexi Saver untuk penghasilan tambahan dari side hustles, atau keperluan lainnya.

Baca juga: 3 Flexi Saver untuk Memenuhi Kebutuhanmu

5. Top-up Saldo BNI TapCash di e-Wallet Center

Bertambah lagi e-wallet yang bisa kamu top-up dengan praktis dari e-Wallet Center. Kini kamu bisa mengisi atau mengecek saldo BNI TapCash tanpa harus mengantre di ATM. Ini berlaku bagi teman Jenius yang menggunakan smartphone Android yang telah dilengkapi fitur NFC. Cukup tempelkan kartu BNI TapCash ke smartphone dan lakukan top-up sesuai nominal yang kamu inginkan.

Baca juga: Top Up Saldo TapCash Tinggal Tap dengan e-Wallet Center

6. Jenius Pay di JD.ID

Setelah sebelumnya pembayaran dengan Jenius Pay tersedia di Tokopedia, kini kamu juga bisa menggunakan Jenius Pay di JD.ID. Saat akan melakukan pembayaran, pilih metode pembayaran instan dan masukkan $Cashtag kamu. JD.ID akan mengirimkan permintaan pembayaran ke akun Jenius kamu. Di dalam Jenius app, pilih menu Notifications Center yang ada di kanan atas, dan selesaikan proses pembayaran. Dengan Jenius Pay, kamu gak perlu lagi khawatir harus memberikan informasi Kartu Debit Jenius kamu ke situs pihak ketiga saat melakukan transaksi online.

Baca juga: Berbelanja untuk Diri Sendiri Sekaligus Membantu Perekonomian

Di balik semua inovasi yang Jenius lakukan sepanjang tahun 2020, Jenius juga menerima apresiasi dari beberapa institusi, di antaranya:

  • Best Digital Marketing in Banking Category dari SWA Indonesia dalam ajang Best Digital Marketing Champion 2020
  • Gold Winner untuk masing-masing kategori Social Media dan Digital PR (campaign #temanJenius) pada ajang PR Indonesia Awards 2020
  • Best Content in Owned Channel in Banking Category, Best Use of Brand Website Content Marketing, dan kategori tertinggi Best Content Implementation of The Year dalam ajang Indonesia Content Marketing Awards 2020

Baca juga: Jenius Raih Penghargaan Tertinggi di ICMA 2020

Semua fitur dan penghargaan ini gak akan berhasil Jenius raih tanpa kehadiran teman Jenius, Co.Creators, dan para digital savvy yang selalu membagikan pengalaman mereka dalam beraktivitas perbankan demi terciptanya aplikasi Jenius yang selalu mengikuti perkembangan penggunanya. Hal ini gak akan berhenti di tahun 2020 saja, tapi terus menjadi komitmen Jenius hingga di tahun-tahun yang akan datang.

Mengawali tahun 2021, kamu bisa menikmati seluruh fitur-fitur Jenius dan inovasi lainnya yang akan dikembangkan selanjutnya dengan Feesible. Feesible akan membantu Jenius meraih bisnis yang berkelanjutan dengan inovasi yang semakin relevan terhadap kebutuhan teman Jenius.

Apa yang kamu harapkan ada di Jenius app ke depannya? Yuk, ikutan diskusinya di cocreate.id dan bagikan pendapatmu dengan pengguna Jenius lainnya.

Bagikan