Bagikan
Highlight Cover
Simpler Life

Berbelanja untuk Diri Sendiri Sekaligus Membantu Perekonomian

11 December 2020  |  Penulis: Claudia Von Nasution

Pada awal November 2020, pemerintah Indonesia mengumumkan bahwa Indonesia resmi memasuki masa resesi dengan angka peningkatan ekonomi minus 3,49% pada kuartal 3, melanjutkan minus 5,32 yang terjadi pada kuartal 2. Mungkin teman Jenius ada yang masih belum benar-benar mengerti, apa sih dampak resesi terhadap kehidupan sehari-sehari?

Ya, resesi gak hanya memengaruhi kelompok orang tertentu. Seluruh lapisan masyarakat pasti akan merasakan dampak resesi, besar atau kecilnya yang berbeda-beda. Yang pasti, kemampuan masyarakat untuk berbelanja/spending menurun akibat roda ekonomi yang gak berputar secara normal.

Lalu, apa sih yang bisa ramai-ramai dilakukan untuk membantu Indonesia bangkit dari resesi?

Jenius mau menginformasikan satu kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan: belanja. Yes, please do spend your money. Not all of it, but with the right amount you can afford. Hal sekecil dan semenyenangkan “belanja” bisa dikategorikan tindakan patriotik lho!

Dengan berbelanja, kamu berkontribusi memberikan "oli" pada roda ekonomi. Begini rantainya… customer belanja → pedagang dapat omzet → karyawan mendapat gaji → karyawan dan pedagang punya buying power, kemudian bisa menjadi customer juga. Lalu rantai ini akan terus berputar dan memberi dampak ke banyak—ya, gak cuma satu—pedagang, karwayan, dan segenap keluarganya.

One purchase matters. Karena dengan satu pembelian saja, teman Jenius bisa mendukung agar seluruh komponen dalam rantai perdagangan di atas tetap berjalan baik.

Ok, sekian cuap-cuap soal resesinya. Karena sebenarnya Jenius mau mengajak teman Jenius semua untuk berbelanja! Selain barang-barang yang mungkin sudah teman Jenius masukkan ke keranjang belanja berbagai e-commerce favorit, kali ini Jenius juga mau buat feature rekomendasi-rekomendasi bisnis yang menarik untuk kamu intip! Siapa tau sesuai dengan kebutuhan teman Jenius saat ini.

Jajan Makanan

Coba perhatikan sekitarmu, pasti gak sedikit kan teman atau keluarga yang semasa pandemi ini membuka usaha makanan. Istilah “pre-order” pasti sudah sering kamu lihat atau dengar saat membuka berbagai media sosial.

Lagi bingung mau jajan makanan apa? Cek Twitter @jeniusconnect atau tagar #ceritajenius. Banyak teman Jenius yang merekomendasikan makanan yang terlihat sedap!




Baca juga: Jajan dalam Era Pandemi COVID-19

Beli Baju Rumah

Hayo… coba teman Jenius buka lemari baju dan lihat, jangan-jangan kamu sudah butuh baju rumah!

“Tapi baju rumah yang lama masih enak dipakai kok.”

Ya, banyak orang yang setuju bahwa semakin belel/buluk, sebuah baju rumah akan semakin nyaman untuk digunakan. Dan ya, itu gak salah! Semakin sering dicuci, kain baju favorit akan semakin lembut dan nyaman—efek detergen dan pelembut yang digunakan.

Namun, jangan salah, coba deh beli satu-dua lounge wear—sebuah fashion item yang sedang ngetren selama di rumah saja ini. Daster memang nyaman, tapi lounge wear dengan desain yang lebih decent bisa membuatmu lebih bersemangat bekerja dari rumah lho. Tetap nyaman, tetap dengan baju yang kamu gunakan tidur, tapi di depan kamera tetap kece dan mumpuni! ;)


Baca juga: Beli Murah Berulang Kali atau Beli Mahal Sekali?

Self-care dengan Skincare dan Produk Perawatan Diri

Walaupun di rumah saja, penggunaan skincare tetap diperlukan lho! Biar kulit wajah tetap sehat. Saat ini, sudah banyak brand lokal yang punya produk skincare dan makeup yang gak kalah kualitasnya dengan produksi luar. Kamu tertarik mencobanya?


Gak terlalu suka pakai skincare? Alternatifnya, kamu juga bisa mencari dan mencoba produk perawatan diri lain, seperti essential oil, lotion, parfum, dan lainnya. Walaupun lagi berhemat, gak ada salahnya lho mentraktir diri sendiri dengan produk perawatan diri yang kamu butuhkan. Tinggal rajin-rajin saja pilih produk dengan bahan berkualitas, tapi masih ekonomis.

Baca juga: Lenthick: Bisnis Produk Perawatan Diri untuk Kesehatan Mental

Koleksi yang Berhubungan dengan Hobi

Salah satu bentuk perhatian ke diri sendiri adalah dengan menekuni hobi yang bikin happy. Saat ini, kamu lagi hobi ngapain?

Kalau belum ada hobi yang ditekuni, kamu bisa mencoba hobi-hobi yang sedang disukai banyak orang belakangan ini, seperti berkebun dan bersepeda. Kamu bisa belanja berbagai tanaman atau alat pendukung bersepeda agar lebih seru. Kalau harganya agak mahal, jangan lupa manfaatkan beragam promo dan cashback dari e-commerce ya!

Baca juga: Praktis Belanja di e-Commerce Pakai Jenius Pay

Punya rekomendasi bisnis lain yang menarik untuk dilirik teman Jenius lain? Share yuk dengan mention @jeniusconnect, atau membalas tweet di bawah ini.


Bila kamu adalah pemilik bisnis, kamu juga bisa promosikan bisnis kamu lewat thread yang ada di forum Co.Create. Siapa tau nanti bisa ketemu dengan calon customer potensial.

Saat berbelanja, jangan lupa untuk cermat memanfaatkan berbagai penawaran menarik. Para pebisnis akan senang sekali kalau kamu mengikuti program promosi yang mereka adakan, seperti promo massal di tanggal-tanggal cantik 10.10, 11.11, dan gongnya saar Harbolnas 12.12.

Dengan euforia berbelanja, tetap waspada penipuan saat bertransaksi ya. Sebisa mungkin, cek dulu apakah bisnis tersebut tepercaya dan punya track record yang baik. Lebih aman pula bila bisnis tersebut melayani pembelian melalui marketplace, seperti Blibli, Tokopedia, hingga JD.ID. Ada tim marketplace yang menjadi pihak tengah, kamu pun bisa bertransaksi lebih aman menggunakan Jenius Pay.

Belum punya Jenius agar kamu bisa berbelanja dengan aman dan nyaman? Download dan aktivasi sekarang.


Bagikan