Bagikan
Highlight Cover
Simpler Life

Bersenang-senang sambil Kerja saat Perjalanan Dinas

Dipublikasikan tanggal: February 14, 2020  |  Ditulis oleh: Claudia Von Nasution
Ada orang traveling untuk bersenang-senang, ada orang yang traveling karena tuntutan pekerjaan. Banyak pekerjaan yang membutuhkan kesediaan timnya untuk pergi ke sana kemari. Frekuensi traveling ini gak cuma sekali atau dua kali, tapi bisa sampai belasan kali setahunnya lho!

Bagi kamu yang memang suka traveling, saat awal-awal ditugaskan pasti senang deh. Kapan lagi bisa terbang gratis dan pergi ke tempat yang belum pernah kamu kunjungi? Dan walaupun agenda utamanya adalah bekerja, bisa dong sempat-sempatin main dan "melihat dunia". Namun, beda rasanya deh pasti kalau sudah berkali-kali, dan kamu sudah berada di posisi itu selama bertahun-tahun.

Biar gak mubazir, Jenius dan salah satu teman Jenius yang sering dinas ke luar negeri bernama Wedha Stratesti, akan membagikan beberapa tips dan trik agar kamu bisa menikmati perjalanan dinasmu!

Bangun lebih pagi untuk berolahraga.

Biasanya, saat sedang dalam perjalanan dinas, pekerjaan akan tetap mulai seperti waktu normal, katakanlah pukul 08.00 atau 09.00. Biar produktif, tetaplah bangun sesuai waktumu biasanya. Kamu bisa memanfaatkan waktu setengah sampai dua jam untuk jalan-jalan sekaligus berolahraga lho.

Kamu bisa jogging sebentar di taman terdekat, atau jalan kaki biasa menyusuri daerah tempat kamu menginap. Ini adalah saat yang tepat buat kamu menikmati kota sebelum jadwal rapat dan kunjungan kerja membuatmu gak bisa bergerak dan menikmati kota tempat kamu dinas.

Saat jalan balik, kamu bisa mampir membeli kopi enak sekaligus sarapan di tempat favorit warga lokal lho. Sarapan di hotel memang bikin hemat, tapi kalau mau sarapan di luar satu-dua kali, suasana hatimu pasti akan lebih cerah!

Cari makanan enak khas daerah setempat.
Saat perjalanan dinas, jadwal kerja pasti padat. Nah, sebisa mungkin, sempatkan makan enak dan hindari makanan asal pilih yang penting kenyang.

Kalau kata Meghan Markle, “Food makes travel so exceptional, because you get to taste what it's actually supposed to taste like. To eat the real pad thai or finally have a proper curry is something pretty amazing.

Sebelum berangkat, carilah makanan khas apa yang menarik untuk kamu coba dengan aplikasi peta. Syukur-syukur banyak restoran favorit warga lokal dan sedang ngetren yang lokasinya gak terlalu jauh dari tempat kamu beraktivitas.

Atur janji temu di tempat-tempat seru.
Kamu punya keleluasaan mengatur rapat atau janji temu dengan klien di luar kantor? Manfaatkan momen ini dengan baik! Buatlah janji di tempat yang menarik, seperti kafe yang ada di dalam atau dekat museum, kedai kopi dengan cappuccino terbaik di kota, sampai restoran dengan menu brunch favorit kamu!

Ikut bergaul dengan teman atau rekan kerja.
Perjalanan dinas artinya siap-siap bertemu banyak teman (baru)! Kalau sudah begini, ajakan untuk berkumpul setelah selesai kerja pasti ada saja setiap hari. Nah, pastikan kamu gak melewatkan tawaran mereka ya! Gak harus ikut setiap hari sih, karena pasti akan sangat melelahkan. Namun sempatkan ikut satu-dua kali.

Pasti seru deh bisa menjalin komunikasi dan berjejaring dengan lebih banyak orang. Siapa tahu kamu bisa dapat banyak cerita menarik, baik untuk urusan personal maupun profesional. A simple hello could lead to a million things!

Manfaatkan penerbangan panjang untuk baca buku atau nonton film.
Setiap mau pergi dinas, jangan lupa siapkan amunisi untuk kamu nikmati selama di perjalanan ya! Apalagi kalau kamu akan terbang belasan jam ke benua lain. Biar gak bosan, selain tidur kamu juga bisa memanfaatkan waktu untuk membaca buku-buku yang sudah lama kamu beli.

Lebih suka nonton daripada baca? Gak masalah, kamu juga bisa siapkan film-film atau serial-serial menarik yang selama ini belum sempat kamu tonton karena kesibukan di kantor. Lumayan kan kalau tiap pulang dinas kamu bisa menyelesaikan satu buku atau serial seru.

Baca juga: 7 Barang yang Harus Dikemas Dalam Tas Kabin Saat Naik Pesawat


Perpanjang perjalanan untuk bersantai.
Ketika bepergian untuk bekerja, ada beberapa hal yang membuat kamu terikat, termasuk adanya target-target yang harus dipenuhi.

Nah, setelah bekerja sepanjang waktu, gak ada salahnya lho kalau kamu mau memperpanjang durasi perjalanan. Jika urusan pekerjaan kamu dijadwalkan Senin-Jumat, kamu bisa pergi lebih awal—misalnya dari hari Jumat—dan juga pulang lebih lama.

Tanpa cuti, kamu bisa menikmati 1-2 hari bebas tugas. Kamu bisa main di kota yang belum pernah kamu datangi, atau berkunjung ke kerabat yang ada di kota tujuan.

Kurang puas kalau cuma extend 1-2 hari? Jika memungkinkan, ambil saja cuti tambahan untuk pergi ke kota lain yang menarik di dekat tempat dinas. Mumpung sudah terbang jauh, sekalian saja ambil waktu istirahat yang layak kamu dapatkan.


Baca juga: Kalender Hari Libur dan Rekomendasi Cuti Jenius Tahun 2020


Bergabunglah dengan keanggotaan maskapai penerbangan.
Setiap pergi dinas, usahakan konsisten terbang dengan maskapai penerbangan tertentu pilihanmu. Dengan begitu, kamu bisa mengumpulkan miles dari tiket-tiket dinasmu! Setelah puluhan kali terbang, suatu saat kamu bisa terbang gratis untuk liburan impianmu.

Pada level keanggotaan tertentu, kamu juga bisa menikmati fasilitas lounge gratis di banyak bandara saat transit. Selain itu, dengan menjadi anggota, kans kamu untuk mendapatkan free upgrade akan semakin besar.

Wedha sudah membuktikannya—tahun lalu tiket dia pernah di-upgrade dua kali! Asyik kan bisa terbang dengan business class secara “cuma-cuma”?


Atur budget secara cermat.
Hati-hati dengan budget traveling kamu ya. Kalau kamu terlena dengan keseruan traveling tiap bulan saat bekerja dan gak cermat mengaturnya, bisa-bisa tiap akhir tahun tabungan kamu gak bertambah sama sekali!

Salah satu cara untuk mengatur budget traveling saat perjalanan dinas ala Wedha adalah dengan menakar dan memperhitungkan dengan saksama, berapa kebutuhanmu sebenarnya. Kamu juga bisa membatasi diri dengan menjatahkan uang senilai Rp1 juta per hari misalnya, agar gak kebablasan.

Dari per diem yang kamu terima dari kantor, usahakan gak menukar semuanya ke dalam mata uang yang berlaku di negara tujuan. Jika semua sudah ditukar, tentu ada dorongan untuk menghabiskannya, atau sisa uang recehnya malah tercecer. Apalagi kalau negara tujuan dinas kamu berbeda-beda!

Mudah pilih mata asing yang ingin diaktifkan di m-Card kamu dengan fitur Saldo Mata Uang Asing di Jenius. Setiap pergi dinas, kamu tinggal mengaktifkan mata uang asing sesuai dengan yang berlaku. Apalagi kalau kamu mengambil penerbangan dengan transit.

Bulan lalu dinas ke Jepang, bulan ini ke Paris, sementara bulan depan dinas ke Singapura? Tinggal aktifkan mata asing yang sudah kamu beli di aplikasi Jenius.



Baca juga: 2 Strategi Agar Bisa Sering Pergi Traveling


Create, don’t hate. Jangan cuma sibuk mengeluhkan perjalanan dinas yang biasanya memang padat tanpa waktu santai, tapi ciptakan waktu santaimu sendiri. Selipkanlah 1-2 jam waktu santai di antara jadwal kerjamu yang padat.

Belum punya Jenius untuk mempersiapkan budget traveling dalam mata uang asing setempat? Download dan aktivasi sekarang.

Bagikan
Image
Image
Image
Image
Image
Image

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius