Bagikan
Highlight Cover
Money Talks, Campaign

7 Hal Seputar Finansial yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Traveling

10 January 2020  |  Penulis: Cynthia Isabella
Traveling sekarang dilihat sebagai kebutuhan yang penting. Gak hanya untuk senang-senang, tapi kini jadi kesempatan untuk membuka pikiran, memperoleh inspirasi, bahkan memperluas jaringan untuk pekerjaan atau kesempatan bisnis.

Itu pula yang dirasakan Aakar Abyasa, founder Jouska, dan Andrea Gunawan, content creator sekaligus pemilik akun Instagram @catwomanizer. Traveling sangat penting sampai mereka selalu menyiapkan tabungan khusus untuk itu. Aakar dan Andrea menjelaskan beberapa hal yang harus kamu ketahui supaya bisa melakukan traveling yang aman dan nyaman, untuk kamu maupun kondisi dompetmu.

1. Mulai menabung untuk traveling sedini mungkin
Baik masih kuliah atau mulai kerja, mulai sisihkan tabungan untuk menabung. Mungkin butuh waktu lama hingga seluruh uang terkumpul, mungkin juga harus terpaksa menunda menyisihkan uang karena ada kebutuhan lain yang lebih penting, tapi setidaknya kamu sudah mulai membiasakan dirimu untuk disiplin menabung.

Andrea mengaku memakai Dream Saver untuk mulai menyicil tabungan untuk traveling. Ini juga membantunya terhindar dari godaan untuk belanja karena ada tujuan menabung yang jelas. Ia menambahkan kalau selalu membelanjakan uang sekarang, kita seperti mencuri dari masa depan kita.

Soal meminjam uang untuk traveling, Aakar mengaku pernah melakukan ini ketika benar-benar terpaksa dan ada kesempatan bisnis. Jadi, kecuali alasannya benar-benar masuk akal, Aakar menyarankan untuk menggunakan uang tabunganmu sendiri daripada meminjam atau memakai dana darurat.

2. Dalam atau luar negeri, sesuaikan dengan kondisimu saat ini
Ditanya soal destinasi favorit, Andrea mengaku selalu suka traveling ke Kanada. Walaupun begitu, ia menekankan bahwa traveling tergantung preferensi masing-masing dan gak harus selalu ke luar negeri. Ke mana pun destinasinya harus sesuai dengan kondisi keuangan masing-masing. Traveling ke luar kota juga bukan berarti gak akan membuka pikiran atau menambah wawasan baru, bukan?

3. Splurge atau on-budget?
Mau belanja dan makan mewah atau berusaha irit dengan jajan sebatasnya dan memilih street food, gak ada yang salah dari kedua pilihan ini. Kalau ingin belanja dan makan mewah, maka pastikan kamu sudah menyiapkan dana lebih. Aakar mengaku memiliki dana hura-hura untuk keperluan ini, di luar tabungan untuk traveling yang sudah ia siapkan.

4. Buat itinerary perjalanan
Hal lainnya yang gak boleh dilewatkan adalah membuat itinerary perjalanan. Cara paling mudah bisa dengan membuat daftar tempat wisata atau tempat makan yang ingin dikunjungi. Lebih detailnya lagi, kamu bisa mempelajari pilihan transportasi apa saja yang bisa kamu ambil untuk menuju lokasi dalam daftar itinerary-mu nantinya. Semakin detail itinerary tersebut akan memengaruhi hal berikutnya.

Baca juga: Pergi ke Tempat Anti Mainstream? Siapa Takut!

5. Selalu siapkan budgeting
Dari itinerary, kamu bisa memperkirakan pengeluaran yang akan kamu lakukan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata seperti tiket masuk museum, taman hiburan dan lainnya. Begitu pula perkiraan pengeluaran untuk makan di restoran-restoran yang ada dalam itinerary kamu. Termasuk perkiraan harga street food incaran. Dengan mengetahui transportasi publik apa aja yang bisa kamu pilih, kamu juga bisa mengetahui perkiraan pengeluaran transportasi nantinya. Semuanya ini bisa dibuat dalam kisaran kasar per hari selama durasi perjalananmu. Kelihatannya gak mudah, tapi semua ini membuat pengeluaran kamu lebih terjaga. Yang penting, selalu lakukan riset dan lakukan sedetail mungkin.

6. Mulai menyimpan mata uang asing
Kalau kamu sudah berencana untuk melakuan traveling ke luar negeri di masa depan, kamu bisa mulai membeli mata uang asing dari sekarang. Gak ada salahnya membeli sedikit demi sedikit. Begitu akan berangkat jalan nantinya, tanpa disadari kamu sudah memiliki dana dengan mata uang asing tersebut yang siap kamu pakai.

Untuk hal ini, sekarang kamu bisa menikmati kemudahan membeli mata uang asing dari mana saja, tanpa perlu mengunjungi money changer. Dengan mengaktifkan Saldo Mata Uang Asing, kamu bisa membeli beberapa pilihan mata uang asing langsung dari dalam aplikasi Jenius, dan tinggal mengaktifkannya di m-Card Jenius kamu begitu akan berangkat nantinya.

Baca juga: Pilihan Saldo Mata Uang Asing di Jenius

7. Selalu punya dana jaga-jaga
Selain travel insurance atau aplikasi Safe Travel yang menjamin keamananmu selama traveling, pastikan kamu juga memiliki dana jaga-jaga. Di luar budget yang sudah disiapkan untuk traveling, Andrea dan Aakar mengaku selalu menyimpan uang tunai sejumlah USD500 di dompet mereka sebagai jaga-jaga apabila terjadi hal yang gak diinginkan yang gak memungkinkan mereka untuk mengakses tabungan.

Baca juga: Aplikasi di Smartphone yang Wajib Kamu Miliki Saat Traveling ke Luar Negeri

Di samping menabung untuk traveling, jangan lupakan tabungan untuk dana darurat dan dana pensiun ya, karena dua hal ini jauh lebih penting. Dan jangan pernah memakai kedua tabungan tersebut untuk jalan-jalan.

Belum punya Jenius untuk menyiapkan tabungan khusus traveling kamu? Download dan aktivasi sekarang!

Bagikan
Image
Image
Image
Image
Image
Image

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius