Bagikan
Highlight Cover
Simpler Life, Partnership

Aplikasi di Smartphone yang Wajib Kamu Miliki Saat Traveling ke Luar Negeri

Dipublikasikan tanggal: November 22, 2019  |  Ditulis oleh: Cynthia Isabella
Ada begitu banyak hal dalam kehidupan sehari-hari yang dipermudah oleh aplikasi di dalam smartphone kita. Berbagai aktivitas seperti makan dan minum, pulang-pergi kuliah/kerja, belanja, olahraga, hingga hal spesifik seperti pencatatan pengeluaran dan tracking kalori yang masuk ke tubuh kita, semua bisa dilakukan atau dipermudah oleh aplikasi. Gak heran kalau peran smartphone jadi begitu penting.

Begitu pula saat traveling ke luar negeri. Apa pun tujuan perjalanan kamu, baik untuk liburan, pendidikan, pekerjaan, dan lainnya, beberapa aplikasi berikut di dalam smartphone kamu akan membuat traveling jadi lebih aman dan nyaman.

Peta dan transportasi
Kalau dulu bepergian dalam kota tujuan harus membawa peta karena takut tersesat, sekarang bermodalkan smartphone dan koneksi internet yang stabil, kita bisa mengandalkan aplikasi peta seperti Google Maps atau Citymaps. Keduanya akan secara real-time menunjukkan lokasi kamu berada, memberikan arahan perjalanan secara detail ke tempat tujuan, hingga pilihan transportasi yang bisa kamu ambil beserta ongkos yang harus kamu keluarkan. 
Google Maps
Citymapper

Aktivitas di tempat destinasi
Kalau kamu bukan tipe traveler terencana yang sudah siap dengan itinerary yang lengkap sebelum berangkat, tapi gak mau melewatkan hal-hal seru yang bisa dinikmati selama traveling, kamu bisa selalu mengandalkan review yang ditampilkan di TripAdvisor. Mau kulineran? Kamu bisa melihat daftar restoran berdasarkan budget, rating, atau jenis makanan. Mau jalan-jalan sore tapi gak tau harus mulai dari mana? Kamu bisa memilih dari daftar paket tur yang menampilkan detail kegiatan, harga, serta review dari peserta yang pernah mengikuti. 
TripAdvisor

Baca juga: 7 Hal yang Bikin Traveling ke Luar Negeri Kini Lebih Mudah

Penerjemah bahasa lokal
Traveling ke negara yang gak memakai bahasa Inggris sebagai bahasa perantara bisa jadi tantangan tambahan. Apalagi kalau negara tersebut punya sistem huruf yang berbeda. Lebih bagus memang mengenal beberapa ucapan dalam bahasa lokal yang bisa membantu, misalnya untuk menanyakan jalan, harga, atau sekadar untuk menyapa. Dalam hal ini, aplikasi penerjemah seperti Google Translate akan terasa bermanfaat banget. 
Google Translate

Transaksi di luar negeri
Kamu gak perlu lagi repot membawa uang tunai mata uang asing dalam jumlah banyak di dompet, atau pusing pasca perjalanan karena tagihan kartu kredit yang tinggi akibat pemakaian selama traveling. Sekarang kamu bisa memanfaatkan Saldo Mata Uang Asing untuk membeli mata uang USD, SGD, JPY, GBP, AUD, EUR, dan HKD langsung dari dalam aplikasi Jenius. Setelah membeli, kamu bisa menghubungkan salah satu saldo tersebut ke m-Card (kartu debit utama), untuk langsung dipakai bertransaksi nantinya. Di luar mata uang tersebut, kamu tetap bisa melakukan transaksi di luar negeri memakai Kartu Debit Jenius Visa Contactless dengan nilai tukar yang kompetitif. Belum punya Jenius? Download dan aktivasi akun Jenius kamu sekarang.
Saldo Mata Uang Asing
Saldo Mata Uang Asing

Baca juga: Transaksi dengan Saldo Mata Uang Asing

Keamanan perjalanan
Selain berbekal asuransi perjalanan, ada hal lain yang bisa kamu lakukan untuk menjamin keamanan perjalananmu. Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia merilis Safe Travel. Aplikasi ini memuat informasi (cuaca, mata uang, zona waktu, kuliner, tempat wisata, dan lainnya) serta imbauan terkait negara tujuan, tips perjalanan, hingga lokasi KBRI di luar negeri. Apabila selama perjalanan terjadi hal yang gak diinginkan, ada tombol SOS pada aplikasi yang akan mengirim sinyal ke KBRI di negara tersebut. Karena itu, demi keamanan kamu, laporkan setiap rencana perjalanan yang akan kamu lakukan ke Kementerian Luar Negeri melalui aplikasi ini. Kamu bisa men-download aplikasi Safe Travel di sini.
Safe Travel
Safe Travel

Dalam rangka edukasi traveling yang aman dan nyaman, Jenius bersama Safe Travel dari Kementerian Luar Negeri mengadakan Jenius x Safe Travel Fest 2019 di Food Society, Kota Kasablanka tanggal 28 November - 1 Desember 2019. Ada beberapa talkshow dan workshop menarik seputar traveling yang bisa kamu ikuti:
  1. Tips Jalan-Jalan Aman dan Nyaman ke Negara Tujuan yang Belum Popular
  2. bersama Alexander Thian (content creator)
    Jumat, 29 November 2019
    19.00 - 20.00 WIB
  3. Financial Workshop for Traveler
  4. bersama Andrea Gunawan (content creator) dan Aakar Abyasa (founder Jouska)
    Sabtu, 30 November 2019
    13.30 - 15.00 WIB
  5. Tips Jalan-Jalan Aman dan Nyaman ke Luar Negeri Bagi Perempuan
  6. bersama Kadek Arini (travel blogger) dan Windy Ariestanty (travel writer)
    Sabtu, 30 November 2019
    19.30 - 20.00 WIB
  7. Content Creation dalam Traveling
  8. bersama Febrian (content creator) dan Adis (CEO Whatravel)
    Minggu, 1 Desember 2019
    13.15 - 15.00 WIB
Acara ini terbuka untuk umum dan gak dipungut biaya apa pun. Follow akun Instagram @jeniusconnect atau @savetravel.kemlu untuk informasi lebih lanjut.

Bagikan
Image
Image
Image
Image
Image
Image

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius