Bagikan
Highlight Cover
Simpler Life

7 Olahraga Minim Biaya yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri

31 January 2020  |  Penulis: jenius
Berolahraga kembali menjadi tren belakangan ini. Hal itu terjadi karena muncul kesadaran bahwa menerapkan pola hidup sehat membutuhkan biaya lebih minim daripada sakit dan harus berobat secara reguler. Sehingga selain mengatur asupan makanan, berinvestasi waktu dengan rutin berolahraga adalah hal baik yang patut dilakukan untuk tubuh.

Sayangnya, menurut data dari Bada Pusat Statistik 2018, hanya 35,7% dari 260 juta masyarakat Indonesia yang berolahraga secara rutin. Salah satu penyebab minimnya masyarakat Indonesia rutin berolahraga adalah karena olahraga sering diasosiasikan dengan biaya mahal.

Mulai dari biaya keanggotaan pusat kebugaran yang cukup besar tiap bulannya, hingga pemenuhan kebutuhan perlengkapan seperti sepatu dan baju olahraga khusus—semuanya memang butuh biaya gak sedikit. Padahal sebenarnya, ada banyak lho olahraga yang bisa kamu lakukan sendiri dengan biaya yang minim.

Baca juga: 4 Cara Ini Bisa Menyelamatkan Keuangan Anak Kos

Berikut Jenius berikan 7 ide olahraga minim biaya yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah, taman, atau sport club terdekat.

1. Yoga
Jika kamu tertarik meningkatkan kualitas mental dan fisik, yoga bisa jadi pilihan olahragamu. Yoga yang berpusat pada olah tubuh dan pikiran ini bisa kamu lakukan sendiri tanpa datang ke studio yoga lho. Bayangkan jika yoga dilakukan minimal 3 kali seminggu dengan biaya tiap sesi sebesar Rp100.000-Rp200.000, kamu jadi perlu mengeluarkan budget lebih dari Rp1 juta dalam sebulan!

Biar hemat, kamu bisa memangkas budget dengan yoga di rumah dipandu video tutorial dari YouTube. Ada banyak video tutorial yoga bagus yang bisa kamu temukan. Buat kamu yang baru mau mencoba yoga, kamu bisa menemukan video-video menarik dengan kata kunci easy yoga for beginner. Selain rasa stres dan gelisah yang terkendali, tubuhmu menjadi sehat dan bugar tanpa merogoh kocek dalam-dalam!

2. Freeletics
Freeletics merupakan olahraga dengan aplikasi training yang dapat dilakukan di mana saja secara individual maupun berkelompok. Aplikasi Freeletics berisi arahan gerakan olahraga berdurasi 5-45 menit. Satu sesi Freeletics biasanya terdiri dari 3 gerakan, yaitu high intensions workout, training plans, dan gerakan kombinasi seperti sit up, push up, squat, jumping jack.

Freeletics menjadi populer di berbagai negara, termasuk di Indonesia, karena dapat dilakukan dengan mudah tanpa perlu pergi ke gym. Kamu cukup men-download aplikasinya, lalu memilih sendiri gerakan dan durasi olahraga sesuai kebutuhanmu setiap hari. Freeletics bisa jadi olahraga dengan biaya nol karena tersedia pilihan aplikasi yang gratis lho. Tertarik mencoba?

3. Jogging
Punya waktu lebih luang dan senang beraktivitas di luar ruangan? Berlari keliling komplek atau taman dekat rumah bisa kamu masukan ke jadwal olahragamu. Setiap hari, kamu bisa jogging di pagi atau sore hari minimal 20 menit. Ya, gak perlu terlalu lama, karena jogging dapat membakar ratusan kalori gak hanya ketika kamu sedang melakukannya, tapi juga hingga beberapa jam setelahnya.

Jika kamu memiliki anjing peliharaan, kamu juga bisa jogging sambil walk the dog lho, biar makin semangat untuk menempuh jarak yang lebih jauh lagi. Berita baiknya, jogging merupakan olahraga dengan biaya paling minim karena gak membutuhkan perlengkapan khusus. Yah, kecuali di tengah jalan kamu jajan siomay atau batagor ya.

4. Bersepeda
Bagi sebagian orang, bersepeda bukan hanya sekadar kegiatan olahraga, tapi juga alternatif moda transportasi. Tren ke kantor atau ke sekolah dengan sepeda kembali muncul belakangan ini atas kesadaran masyarakat menjaga keseimbangan lingkungan sekaligus kesehatan tubuh. Secara gak langsung, bersepeda bisa membantumu menghemat 2 biaya sekaligus lho, yaitu biaya transportasi harian dan biaya olahraga.

Buat teman Jenius yang masih muda, bersepeda dapat memiliki dampak positif untuk jangka panjang lho, karena bersepeda dapat merawat kondisi persendian siku, lutut, dan pergelangan kaki juga tangan. Selain kesehatan fisik, bersepeda pun dapat memengaruhi kesehatan psikis karena dapat menyenangkan hati. Sesekali kamu juga bisa coba touring bersama teman atau bersepeda berkeliling kota bersama keluarga.

5. Senam
Senam merupakan salah satu olahraga yang dikenal semua orang sejak sekolah dasar. Tetapi, senam gak melulu SKJ atau senam pramuka lho. Ada banyak jenis senam, di antaranya ada aerobic dan Zumba yang sekarang digemari banyak orang karena memiliki gerakan beragam dengan pilihan lagu pengiring yang bikin tambah semangat.

Dengan senam, kamu bisa mengencangkan bagian-bagian tubuh tertentu dan membuat tubuh lebih lincah. Gak hanya itu, kedua senam itu dapat melatih kecepatan dan ketangkasan tubuh dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Coba deh cek berbagai jenis dan gerakan senam melalui video di Youtube atau DVD khusus.

6. Skipping/Jumping Ropes
Teman Jenius ingat skipping alias lompat tali? Nah, skipping bisa menjadi alternatif olahraga sederhana yang bisa dilakukan di rumah lho. Kamu hanya perlu modal berupa jump skipping rope yang sesuai dengan tinggi badanmu. Dengan harga kurang dari Rp100.000, gak ada lagi alasan untuk gak berolahraga karena mahal. Apalagi skipping yang memiliki manfaat untuk kepadatan dan pertumbuhan tulang ini bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun waktu luangmu tersedia.

Jika ingin lebih seru, kamu bisa membuat target banyaknya lompatan yang dilakukan setiap harinya. Mulailah dengan 200 lompatan, dan lipat gandakan bila daya tahan tubuhmu sudah meningkat. Jika targetmu semakin banyak, kamu juga bisa membaginya ke dalam dua sesi. Misalnya target kamu 600 lompatan, kamu bisa melakukan 300 lompatan di pagi hari, dan 300 di sore hari.

7. Berenang
Rekomendasi olahraga terakhir ini sangat cocok bagi kamu yang gak senang berkeringat walaupun sedang berolahraga. Kamu bisa berenang di gelanggang olahraga, apartemen yang menyediakan kolam renang, atau bahkan sport club dekat rumahmu. Kalau kamu berenang dengan memanfaatkan fasilitas di apartemenmu, tentu saja kamu gak perlu mengeluarkan biaya. Tapi kalau kamu berenang di sport club, jangan lupa siapkan budget sekitar Rp500.000 per bulannya ya.

Berenang merupakan olahraga yang membuat semua otot kamu bergerak, sehingga jika rutin berenang badanmu akan menjadi lebih segar. Kamu juga bisa berenang saat akhir pekan sambil melepas penat setelah melakukan banyak aktivitas pada hari kerja. Apalagi air yang menjadi media dalam berenang memiliki efek menenangkan tubuh dan pikiran.

Baca juga: 14 Ide Amplop Uang Menggunakan x-Card

Pada dasarnya, kamu perlu menemukan olahraga apa yang paling kamu sukai, agar bisa dijalani secara rutin. Dari 7 ide olahraga di atas, anggapan olahraga memakan banyak biaya dapat ditepis, karena kamu bisa melakukan semua jenis olahraga tersebut dengan biaya yang minim—bahkan tanpa biaya. Kamu hanya perlu berolahraga secara rutin supaya manfaatnya lebih maksimal.

Semua rekomendasi olahraga yang Jenius berikan bisa membantu kamu untuk menghemat budget olahraga. Mungkin kamu punya mimpi untuk membeli gadget terkini atau traveling ke tempat baru? Nah, kamu bisa menabung uang dari sisa budget olahraga, lalu dialokasikan untuk mimpi atau kebutuhan lainnya.

Belum punya Jenius? Download dan aktivasi sekarang. (Mayasti Nastiti)

Bagikan
Image
Image
Image
Image
Image
Image

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius