Bagikan
Highlight Cover
Simpler Life

14 Ide Amplop Uang Menggunakan x-Card

Dipublikasikan tanggal: July 19, 2019  |  Ditulis oleh: Claudia Von Nasution
Jenius memiliki kartu debit tambahan alias x-Card yang dapat kamu buat hingga tiga kartu. Kamu dapat memanfaatkan x-Card untuk mengalokasikan berbagai keperluan, sesuai sistem pengelolaan uangmu.

Dengan x-Card, kamu bebas melakukan transaksi tanpa takut kebablasan karena alokasi setiap kebutuhan sudah terpisah. Gak ada lagi kasus seluruh uang tercampur dan kamu kebingungan karena misalnya budget untuk dana operasional rumah gak sengaja terpakai untuk ngopi-ngopi.

Masih bingung x-Card dapat kamu gunakan untuk apa saja? Berikut ide penggunaan x-Card yang sudah Jenius rangkum dari pengguna Jenius di media sosial @jeniusconnect.

Baca juga: Atur Alokasi Pengeluaran dengan x-Card Jenius

x-Card untuk Orangtua
Apakah kamu punya alokasi uang khusus untuk orangtua? Untuk menghindari “kelupaan” kasih amplop bulanan untuk keperluan sehari-hari mereka, kamu dapat membuatkan x-Card. Selain itu, jika suatu saat bapak atau ibumu punya kebutuhan tambahan, kamu tinggal top up x-Card melalui aplikasi Jenius. Kamu juga bisa mengadopsi cara @rudicahyonoputro yang memberikan bapak dan ibu masing-masing satu x-Card agar mereka lebih leluasa.

x-Card untuk Si Kecil
Bekali anak-anakmu dengan x-Card yang diisi uang saku, seperti yang dilakukan @viasaptarea. Gak cuma mempermudah membagikan uang saku, kamu juga sekaligus melatih anak mengelola uang sejak dini.

x-Card untuk Adik
It is always good to have extra cash from big brother or sister, right? Nah, @@ibrahimalfathah sudah melakukannya nih dengan memberikan x-Card untuk adik sehingga mereka bisa menyimpan uang jajan dan tabungan mereka dengan aman. Sesekali, kamu juga bisa memberikan hadiah uang jajan tambahan untuk mereka, hanya dengan beberapa kali klik di aplikasi Jenius kamu.

x-Card untuk Traveling
Mudah atur pengeluaran selama traveling menggunakan x-Card! Sebelum berangkat, pindahkan budget traveling yang sudah terkumpulkan ke sebuah x-Card. Karena terhubung dengan jaringan Visa, kamu bisa bertransaksi dengan mudah di mana pun dan kapan pun. Pengalaman @akmalibu, x-Card berguna untuk membayar transportasi dan belanja di lokasi tujuan. Dengan begini, kamu gak perlu takut kehabisan budget kehidupan sehari-hari karena terpakai saat traveling.

Baca juga: Jalan-Jalan ke Rusia Lebih Menyenangkan dengan Jenius

x-Card untuk Ngopi
Mengiakan ajakan ngopi selalu menyenangkan. Apalagi jika kamu sedang suntuk dan butuh booster untuk menyelesaikan pekerjaan. Lebih baik dari awal sudah sisihkan budget khusus untuk hobi ngopi. Butuh kopi setiap hari, atau occasionally saat weekend? Tentukan limit beli kopimu setiap bulan dan taruh budget-nya di x-Card. Terima kasih untuk usulannya, @iqbaltariyanto.

x-Card untuk Beli Buku
Kamu yang sangat suka baca, pasti suka kalap deh melihat tumpukan buku baru. Bawa x-Card khusus saat jalan-jalan ke toko buku biar puas belanja buku yang kamu idamkan! Biarkan dirimu menikmati hobi membaca buku, dengan tetap memerhatikan batas agar gak mengganggu cashflow.

x-Card untuk Beli Merchandise
Pengin selalu membeli album baru idolamu? Atau ada merchandise seperti lightstick yang ingin kamu koleksi? Sisihkan uang saku atau pendapatanmu di x-Card khusus untuk melengkapi koleksi agar gak merasa guilty saat beli merchandise idolamu!

Baca juga: Nabung Setengah Juta Tiap Bulan ala Mahasiswa

x-Card untuk Belanja Skincare
Skincare adalah kunci untuk tampil kece dan prima! Jika kamu selalu rajin belanja skincare, sebaiknya kamu mengalokasikan budget khusus untuk pembelian skincare yang kamu butuhkan. @fadillaky punya trik untuk menyiapkan uang khusus skincare di x-Card terpisah agar tau kapan harus stop beli skincare baru—ketika sudah tidak ada lagi saldo di x-Card kamu.

x-Card untuk Jajan dan Makan di Luar
Untuk sebagian orang yang hobi makan tapi gak bisa atau malas masak, keinginan untuk membeli makanan sangatlah sulit dibendung. Apalagi jajan camilan, kalau kata @nuha_kha. Kalau gak hati-hati, pengeluaran makan ini bisa menggerogoti porsi tabungan lho. Untuk membatasi diri, kamu bisa membuat alokasi harian untuk sarapan hingga makan malam. Kamu bisa masukkan budget bulanan tersebut ke x-Card agar kamu bisa memantau secara detail saldo “makan di luar” kamu setiap saat.

x-Card untuk Pacaran
Harus diakui, butuh budget khusus untuk biaya-biaya yang timbul ketika sedang bersenang-senang dan menghabiskan waktu dengan pasangan. Kamu dan pasangan dapat menyisihkan uang bulanan ke dalam satu x-Card dan hanya memakai uang di x-Card tersebut untuk segala pengeluaran bersama. Baca pengalaman pengguna Jenius, @ikaindef, yang menggunakan x-Card Jenius edisi spesial Valentine untuk mengatur keuangan saat pacaran.

x-Card Gaji Asisten Rumah Tangga
Banyak asisten rumah tangga yang masih bankless. Ketika gajian, kamu harus menarik uang tunai dan memberikannya langsung—biasanya ditaruh dalam amplop seperti gajian zaman dulu. Sekarang, dengan Jenius, kamu dapat memberikan x-Card khusus untuk ART-mu seperti @yinkyink. Ajari ART-mu menarik uang sesuai kebutuhan, dan kamu juga dapat mendorongnya untuk menabung sebagian gajinya untuk hal-hal penting yang ingin mereka miliki.

x-Card untuk Uang Operasional Sopir atau ART
Siapkan uang operasional dalam x-Card untuk dipegang sopir dan ART. Kamu bisa mengisi x-Card dengan uang makan sopir, uang bensin mobil, hingga uang belanja bahan makanan harian di rumah. Kamu akan terbantu, seperti @rofhisiofhie, yang sudah melakukannya. Bonusnya, kamu bisa memantau penggunaan kartu secara real time sehingga semua tercatat dan lebih aman.

Baca juga: Menu Meal Prep Seminggu untuk Menghemat Uang Makan

x-Card sebagai Kartu Cadangan
Pernah panik karena kartu debitmu tertelan di mesin ATM padahal lagi butuh uang tunai? Atau lupa bawa dompet seperti Selena Imania? Kalau ada x-Card ekstra sebagai kartu jaga-jaga untuk diri sendiri di pouch berbeda, kamu bisa langsung membuka aplikasi Jenius dan memindahkan saldonya ke x-Card tersebut. Mudah, aman, dan semua urusan gak akan tertunda!

x-Card sebagai Kartu Emergency di Rumah
“Bu, gas di rumah habis.” “Pak, ada tagihan iuran keamanan yang harus dibayar hari ini.” Dua hal ini adalah contoh kebutuhan mendadak di rumah. Biar gak kepikiran bagaimana mengirim uang ke orang yang ada di rumah, @edwinsatriao menyimpan satu x-Card sebagai kartu emergency di tempat khusus. Kamu bisa nih mengikuti tipsnya. Sehingga ketika dibutuhkan, kamu tinggal mengarahkan orang di rumah untuk mengambilnya.

Baca juga: Transaksi Cashless, Pilihan Mudah Ibu Masa Kini

Buat, atur, dan kendalikan semua kartumu dari smartphone. Dengan Jenius, hari-hari kamu akan menjadi lebih mudah dalam mengatur keuangan. Buat kamu yang sudah memiliki akun Jenius tapi baru tahu mengenai x-Card, kamu dapat langsung membuatnya di aplikasi Jenius kamu.


Sudah gak sabar punya x-Card untuk berbagai keperluanmu? Download dan aktivasi akun Jenius kamu sekarang.

Bagikan
Image
Image
Image
Image
Image
Image

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius