Bagikan
Highlight Cover
Simpler Life, Money Talks, Campaign

Atur Budget Pacaran dengan x-Card Jenius

Dipublikasikan tanggal: February 12, 2019  |  Ditulis oleh: Cynthia Isabella
Kartu debit tambahan atau x-Card Jenius muncul dari kebiasaan lama yang memisah-misahkan pengeluaran ke dalam amplop yang berbeda. Tiap amplop ini kemudian dilabeli tujuan pengeluaran, seperti uang transportasi, uang jajan, uang belanja, dan lainnya. Sekarang kamu masih bisa menerapkan hal itu dengan memanfaatkan x-Card sebagai pengganti amplop.

Selain pengeluaran yang disebutkan di atas, x-Card juga bisa kamu pakai untuk tujuan spesifik lainnya, misalnya untuk budget pacaran. Ini yang dilakukan salah satu pengguna Jenius, @ikaindef, dengan menggunakan x-Card Jenius Edisi Spesial Valentine.

Seperti yang Ika ceritakan melalui rangkaian tweet yang ia bagi di akun pribadinya, Ika dan pasangan, Taza, memegang prinsip bayar masing-masing saat pacaran. Karena itu, mereka sepakat untuk selalu menyisihkan uang bulanan ke dalam satu x-Card dan hanya memakai uang di x-Card tersebut untuk segala bentuk pengeluaran yang dilakukan saat mereka pacaran.

Dari pengalaman Ika dan Taza tersebut, ada beberapa langkah yang bisa kamu dan pasangan ikuti.
  1. Tentukan satu x-Card untuk dipakai bersama
  2. Sisihkan sejumlah uang yang disepakati bersama ke x-Card tersebut setiap bulannya
  3. Hanya menggunakan dana yang ada di dalam kartu selama pacaran, misalnya untuk biaya makan atau nonton
  4. Biaya lainnya yang juga dikeluarkan selama pacaran seperti parkir, bensin, transportasi online, juga diambil dari x-Card yang sama
Selama pemakaian x-Card tersebut, tentu ada momen ketika transaksi gak bisa dilakukan dengan gesek kartu, melainkan harus secara tunai. Karena ini, pengeluaran akhirnya gak tercatat di In & Out. Selain itu, salah satu pihak juga mungkin harus membayarkan terlebih dahulu sebelum nantinya diganti uang dari x-Card tersebut.

Hal-hal seperti itu harus diperhitungkan juga, karena itu, pemakaian x-Card perlu diikuti dengan pencatatan keuangan yang jelas. Ini yang Ika dan Taza lakukan. Mereka mencatat cashflow yang terjadi pada x-Card yang mereka miliki ke dalam format sederhana di bawah ini.

Catatan Cashflow

Yang terpenting adalah merekam secara jelas pengeluaran dan pemasukan yang terjadi di dalam x-Card.


Dengan melakukan hal ini, Ika dan Taza akhirnya mempelajari kebiasaan spending satu sama lain, sekaligus merasakan manfaat lainnya seperti gak perlu repot menghitung pembagian uang tiap kali melakukan pembayaran, gak ada yang merasa dibebankan karena harus membayari dulu, serta transaksi yang mengharuskan uang tunai tetap bisa dilakukan dengan tarik tunai dari x-Card tersebut.

Yang terakhir, keduanya jadi terbiasa untuk mengatur keuangan. Dimulai dari satu tujuan spesifik seperti mengatur budget pacaran, Ika dan Taza bisa membuat budgeting untuk keperluan lainnya, baik untuk kebutuhan bersama atau pribadi.

x-Card Jenius Edisi Spesial Valentine yang memiliki desain unik dengan efek glow in the dark memang hanya dirilis dalam waktu dan jumlah terbatas. Walaupun begitu, kamu tetap bisa membuat budgeting bersama pasangan dengan menggunakan x-Card lainnya.

x-Card Jenius Edisi Valentine

Desain x-Card Jenius Edisi Spedial Valentine. Dalam keadaan gelap, hanya satu hati yang menyala.


Apa pun pilihan yang kamu ambil, bayar masing-masing seperti Ika dan Taza atau bergantian di lain waktu, buat hari-harimu penuh momen bersama pasangan dengan budgeting yang lebih terencana. Gak mau kan harus selalu menunggu tanggal gajian buat nonton atau makan romantis dengan pasangan?

Bagikan
Image
Image
Image
Image
Image
Image

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius