Bagikan
Highlight Cover
#hari2jenius, Simpler Life

Bayar Skincare Kamu Setiap Hari

Dipublikasikan tanggal: April 23, 2019  |  Ditulis oleh: Claudia Von Nasution
Skincare atau produk perawatan kulit, khususnya wajah, adalah kunci untuk tampil kece dan prima! Siapa aja nih yang setuju?

Untuk perawatan kulit, khususnya kulit wajah, kamu gak bisa main-main. Ada harga, ada rupa. Tetapi, bokek gak sih kalau tiap kali skincare habis, harus selalu pakai uang dari tabungan? Jenius ngerti banget kalau harga skincare itu gak murah. Apalagi buat kamu yang punya masalah-masalah kulit sehingga butuh perawatan lebih intens. Budget jadi bengkak, kan?

Nah, biar kamu selalu siap untuk beli produk-produk skincare andalanmu, Jenius mau berbagi langkah-langkah praktis untuk menyiapkan budget khusus skincare.

Tentukan Skincare Utama Kamu
Urusan skincare, yang sedang terkenal dan terbukti banyak yang cocok itu 10 steps skincare dari Korea. Sepuluh langkah tersebut terdiri dari dua langkah cleansing, dua langkah eksfoliasi-toning, lalu penggunaan essence, serum, masker, krim mata, moisturizer, hingga sunblock. Semua tahapan menggunakan produk yang berbeda, membuat banyak orang kelimpungan memikirkan harus mengeluarkan uang yang cukup banyak setiap bulan.

Namun sesungguhnya, kamu gak harus mengikuti seluruh tahapannya dan membeli sepuluh produk skincare sekaligus lho. Apalagi sebenarnya kamu gak harus melakukan sepuluh langkah setiap hari. Kalau Jenius boleh merangkum dari berbagai sumber, kamu bisa membeli dan menggunakan produk ini sesuai urutan prioritas: oil cleansing, facial wash, toner, essence, sunblock, moisturizer. Sisanya — serum, exfoliator, (sheet) mask — bisa kamu beli dan pakai belakangan.

Mungkin ada yang ragu lalu muncul pertanyaan, “Kalau ada langkah yang gak dilakukan, nanti sia-sia dong?

Memang sih, untuk hasil yang lebih maksimal kamu sebaiknya melakukan sepuluh langkah secara rutin dan konsisten. Tapi, kamu tau gak sih ada banyak orang yang hanya melakukan tujuh langkah dan itu tanpa menggunakan serum dan masker lho. Sebagai gantinya, kamu disarankan untuk menggunakan hydrating toner sebanyak 7 kali secara berturut-turut. Cara ini diberi nama 7 skin method. Metode ini cocok untuk dipakai kamu yang gak mau repot pakai banyak produk. Bonusnya, kamu akan lebih hemat!

Bayar Skincare Kamu Setiap Hari
Sama halnya seperti budget makan tiap bulan. Kalau dihitung-hitung, boros juga ya jutaan rupiah terpakai hanya untuk makan (dan hangout). Tapi sebenarnya, kalau dibagi rata, dalam sehari kamu hanya punya budget Rp100 ribu lho untuk beli makanan, kopi, juga camilan!

Kondisinya kurang-lebih mirip nih dengan hitung-hitungan budget skincare. Kalau kamu beli 10 produk untuk memenuhi 10 steps korean skincare, ya pasti tabunganmu langsung megap-megap! Untuk itu, coba deh kamu buat daftar seluruh skincare yang kamu butuhkan, beserta harga dan waktu penggunaan rata-rata. Jenius coba bikin perhitungan dengan harga rata-rata masing-masing produk ya.
  1. Oil cleansing Rp120.000 - 3 bulan
  2. Facial wash Rp70.000 - 2 bulan
  3. Exfoliator Rp200.000 - 6 bulan
  4. Toner Rp300.000 - 3 bulan
  5. Essence Rp420.000 - 3 bulan
  6. Serum/boosters/ampoule Rp350.000 - 4 bulan
  7. Mask Rp200.000 - 2 bulan
  8. Eyecream Rp250.000 - 6-8 bulan
  9. Moisturizer Rp400.000 - 3 bulan
  10. Sunblock Rp150.000 - 3 bulan
Hitung biaya skincare yang kamu gunakan tiap hari.
  1. Oil cleansing Rp1.400 per hari
  2. Facial wash Rp1.200 per hari
  3. Exfoliator Rp1.200 per hari
  4. Toner Rp3.500 per hari
  5. Essence Rp4.700 per hari
  6. Serum Rp3.000 per hari
  7. Mask Rp25.000 per pemakaian (8 kali pakai)
  8. Eyecream Rp1.500 per hari
  9. Moisturizer Rp4.500 per hari
  10. Sunblock Rp1.700 per hari
Nah, kalau dihitung-hitung, per harinya skincare yang kamu gunakan biayanya sekitar Rp23.000, belum termasuk masker. Mirip ya dengan harga kopi yang dibeli tiap hari?

Kumpulkan Budget Skincare dengan Dream Saver
Jika biaya skincare kamu totalnya Rp23.000 per hari, maka dalam satu bulan akan mencapai Rp690.000. Angka-angka ini lebih enak dilihat atau dibayangkan kan daripada setiap tiga bulan butuh jutaan rupiah untuk beli beberapa produk sekaligus.

Nah, kamu bisa menyisihkan uang dengan nominal tersebut secara teratur menggunakan Dream Saver. Kamu bisa mengatur Dream Saver khusus skincare sehingga penarikan otomatis akan dilakukan setiap hari—atau setiap bulan jika kamu lebih nyaman menyisihkan budget skincare setelah gajian atau invoice-mu cair.

Dengan menghitung penggunaan dan kebutuhan skincare, kamu akan mendapatkan gambaran lebih jelas, berapa sih budget yang perlu kamu siapkan setiap bulan. Sehingga pada saat salah satu produk yang kamu pakai habis, kamu gak akan “kaget” lalu bingung harus mengorbankan tabungan mana untuk beli produk skincare yang kamu perlukan.

Belum pernah membuat Dream Saver? Begini caranya.

Semua bentuk perawatan memerlukan konsistensi dalam menjalaninya. Agar gak salah strategi dalam mengalokasikan budget untuk skincare, kamu bisa coba cara menghitung biaya penggunaan harian atau bulanan seperti di atas supaya harapan memiliki kulit yang sehat bisa tercapai tanpa mengorbankan tabungan atau budget lain.

Bagikan
Image
Image
Image
Image
Image
Image

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius