Bagikan
Highlight Cover
Money Talks

Trik Menyiapkan Tabungan Khusus “Mama Butuh Uang”

Dipublikasikan tanggal: January 17, 2019  |  Ditulis oleh: Claudia Nasution
“Dek, transfer ke mama dulu dong dua juta.”
“Kak, pompa air di rumah rusak pagi ini. Boleh mama minta uang untuk beli yang baru?”
“Mas, adikmu butuh beli keperluan tugas sekolah dan karyawisata nih minggu depan. Kamu ada uang lima ratus ribu?”

Saat orangtua ada kebutuhan yang perlu dibeli atau bayar, kamu sebagai anak pasti pada dasarnya ingin mengusahakan yang terbaik untuk mereka. Ya, kan? Tetapi, kamu pasti sebal kalau di saat permintaan itu masuk, saldo tabunganmu sedang dalam kondisi “ngepas”—bahkan hampir defisit!—sampai akhir bulan.

Untuk menghindari kondisi yang kurang mengenakkan seperti itu, Jenius punya trik khusus nih yang bisa kamu coba terapkan.
  1. Sisihkan beberapa persen dari penghasilan bulananmu untuk orangtua. Kamu juga bisa menentukan berdasarkan nominal—misalnya Rp1 juta tiap bulan. Berapa pun besaran persen maupun nominalnya, sesuaikan dengan budgeting bulananmu ya biar cashflow tetap sehat dan tidak mengganggu keperluan harianmu.
  2. Masukkan uang tersebut setiap bulan ke tabungan khusus yang mudah diakses oleh kamu dan orangtuamu. Kamu bisa membuat x-Card khusus yang bisa kamu beri nama “Papa-Mama”.
  3. Anggap isi x-Card khusus tersebut “uang hilang” dan hanya gunakan uang dari sini untuk kebutuhan orangtuamu. Artinya, walaupun uangnya masih ada di rekening Jenius kamu, jangan anggap uang ini masih milikmu dan bisa kamu gunakan ya.
  4. Jika kamu bukanlah anak tunggal, ajak kakakmu dan adikmu untuk berpartisipasi. Kamu bisa menawarkan x-Card dari Jenius kamu sebagai tempat penyimpanan tabungan bersama untuk orangtua kalian ini.
  5. Tentukan sistem pengeluaran yang paling pas untuk kondisi orangtuamu. Kamu bisa mendiskusikannya juga dengan mereka: apakah mereka lebih suka menerima dan menggunakannya tiap bulan, atau mereka lebih suka kamu tabung dan hanya meminta jika sangat membutuhkan bantuan keuangan? Sistem pengeluaran ini tidak ada yang ideal, yang ada hanya cocok atau tidak dengan kondisi keuangan orangtuamu. Poin kedua misalnya, hanya bisa diterapkan jika kedua orangtuamu masih sehat, memiliki penghasilan, dan secara finansial tidak bergantung padamu 100%.

Setelah menerapkan trik menyisihkan uang untuk keperluan orangtua ini, semoga jika ada pesan masuk berisi permintaan uang dari papa atau mamamu, kamu bisa langsung memberikan dana yang mereka butuhkan tanpa pusing budget apa yang perlu kamu korbankan!

“Mama butuh uang? Tarik tunai aja pakai x-Card dariku! ;)”

Belum punya Jenius? Download dan aktivasi akun Jenius kamu di sini.

Bagikan
Image
Image
Image
Image
Image
Image

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius