Bagikan
Highlight Cover
#hari2jenius, Money Talks, Campaign

Nabung Setengah Juta Tiap Bulan ala Mahasiswa

Dipublikasikan tanggal: March 15, 2019  |  Ditulis oleh: Claudia Von Nasution
Pengin beli tiket konser atau barang impian, tapi uang saku dari orangtua terbatas?

Dari sisi finansial, hanya ada dua cara yang bisa disarankan untuk mencapai impianmu. Pertama, tambah pemasukan. Kedua, kurangi pengeluaran. Untuk kamu yang punya waktu lebih dan keterampilan yang bisa dijual, kamu bisa menawarkan jasa atau hasil karyamu agar menjadi pemasukan tambahan. Tetapi, bagaimana jika kamu siswa SMP/SMA atau mahasiswa yang punya keterbatasan waktu? Tentu saja mengurangi pengeluaran sehari-hari menjadi opsi yang lebih memungkinkan untuk dilakukan.

Seorang pengguna Jenius, Aryanti Nisrina yang akrab disapa Nana, membagikan tips menabung berdasarkan pengalamannya mengumpulkan setengah juta tiap bulan melalui utas di Twitter.

Ketahui Kemampuan Keuanganmu
Buka notesmu. Hal pertama yang harus kamu tulis adalah jumlah uang saku yang kamu terima setiap bulan. Kemudian coba buat perincian pengeluaran normalmu setiap bulan.

Kita coba perhatikan perhitungan Nana untuk dijadikan contoh ya. Uang saku di luar biaya kos: Rp1,2 juta per bulan.
Uang makan: Rp15.000 tiap kali makan. Jika dikali 2 kali makan tiap hari selama 30 hari, totalnya mencapai Rp900.000.
Uang kebutuhan lainnya, seperti produk perawatan wajah, alat mandi, air minum, termasuk hiburan berupa nonton bioskop sesekali: Rp300.000.

Baca juga: Cara Jenius Atur Keuangan Tanpa Perlu Pangkas Pengeluaran

Kurangi Pengeluaran dan Alihkan untuk Ditabung
Menyadari pengeluaran terbesarnya adalah untuk makan, Nana mencari cara agar biaya makan bisa berkurang dengan catatan gak boleh sampai kelaparan juga! Ada beberapa orang yang lebih suka mengurangi frekuensi makan dengan berpuasa. Namun, gak begitu dengan Nana. Nana lebih memilih mencari substitusi untuk makanannya.

Jika di hari-hari biasa Nana selalu makan dengan lauk ikan, ayam, atau daging, selama proses menabung Nana menggantinya dengan telur. Sama-sama protein, kan? Menurut kalkulasi Nana, dengan substitusi ini saja, dia sudah bisa mengurangi uang makan hingga 50% lho.

Begini perhitungannya.
Harga seporsi nasi dan telur: Rp7.000
Total sebulan: Rp420.000
Dengan pengaturan seperti ini, Nana bisa menyisihkan minimal Rp500.000 tiap bulan untuk ditabung. Mantap!

Baca juga: 4 Cara Ini Bisa Menyelamatkan Keuangan Anak Kos

Atur Jatah Makan, Transportasi, dan Kebutuhan Lainnya
Makan nasi dan telur selama beberapa bulan berturut-turut pasti membosankan. Belum lagi gizi yang bisa dipastikan kurang. Pemikiran ini membawa Nana ke dapur umum di kosnya! Menyadari bahwa dengan uang terbatas maka pilihan makanan yang bisa dibelinya juga menjadi lebih sedikit, Nana mendapat ide untuk memasak sendiri makanannya.

Awalnya, Nana membeli rice cooker kecil sebagai modal awal. Kemudian dia mulai belajar masak sayur dan lauk sederhana, seperti sayur sop, sayur bayam, juga tahu dan tempe goreng. Dengan memasak, Nana mengaku hanya membutuhkan Rp350.000 per bulan untuk makan. Bonusnya, dia juga bisa membeli buah-buahan untuk mencukupi kebutuhan serat.

Setelah urusan makan aman, hitung budget transportasi ya. Kalau kamu mahasiswa yang tinggal di kos tapi jarak ke kampus masih agak jauh, tentu kamu butuh uang untuk membayar angkot atau ojek. Tetapi kalau kampusmu masih bisa dicapai dengan berjalan kaki seperti Nana, kamu bisa menyisihkan uang lebih banyak untuk ditabung.

Terakhir, Nana juga menghitung kebutuhannya atas produk perawatan wajah, alat mandi, air minum, dan nonton untuk hiburan sekali sebulan. Setelah diatur ulang, budget Nana menjadi seperti ini.
Uang makan: Rp350.000
Uang transportasi: Rp50.000
Kebutuhan lain: Rp150.000

Tips dari Nana: kalau sampai akhir bulan budget transportasi dan kebutuhan lain masih bersisa, langsung tambahkan ke tabungan agar target bisa segera tercapai. Apalagi kalau sedang dalam periode nabung begini, kamu juga bisa coba mengurangi keinginan untuk gak main keluar atau janjian hangout biar keuangan aman terkendali.

Sisihkan Uang Tabungan dengan Dream Saver
Dream Saver
Agar lebih disiplin, Nana memanfaatkan fitur Dream Saver untuk membantunya mengumpulkan uang tabungan. Nana mengatur Dream Saver-nya agar langsung menyimpan uang Rp500.000 dari uang yang dia terima setiap awal bulan dari orangtuanya. Dengan begitu, dia gak perlu takut lupa menabung, sekaligus terhindar dari godaan belanja online.

No pain, no gain. Pengiritan yang dilakukan memang tergolong ekstrem, tapi terbukti berhasil, kan? Dengan melakukan budgeting ekstrem ini beberapa kali, Nana mengaku bisa jalan-jalan ke Bandung bersama teman-teman, nonton Burn the Stage: The Movie, lengkap dengan merchandise resmi karakter BT21.

Tetapi, yang ekstrem begini memang sebaiknya gak dilakukan terus-menerus ya. Hanya lakukan untuk sementara. Segera setelah tabungan mencapai target, Nana sendiri juga berhenti menjalani budgeting ekstrem ini dan kembali ke gaya hidup biasanya.

Baca juga: Punya Mimpi Segudang? Wujudkan Sekarang!

Cara menyisihkan uang ala Nana ini membuktikan, walaupun masih sekolah atau kuliah dan hanya mengandalkan uang saku pun, kamu tetap bisa belajar berusaha lebih untuk membeli sesuatu yang kamu inginkan. Gak harus minta uang tambahan sama orangtua. Keren!

Bagikan
Image
Image
Image
Image
Image
Image

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius