Bagikan
Highlight Cover
Simpler Life

Menu Meal Prep Seminggu untuk Menghemat Uang Makan

Dipublikasikan tanggal: April 11, 2019  |  Ditulis oleh: Claudia Nasution
Meal preparation, atau meal prep, adalah sebuah konsep menyiapkan makanan sekaligus banyak dan lebih cepat dari jadwal. Para pelaku meal prep biasanya menyiapkan satu hari khusus, Sabtu atau Minggu, untuk menyiapkan makanan selama satu minggu ke depan. Setelah dimasak, makanan langsung dibagi ke kotak makan-kotak makan single serving, lalu disimpan dalam freezer agar tahan lama.

Konsep ini sangat strategis untuk kamu yang mau memastikan selalu ada makanan yang tersedia di waktu makanmu dan gak mau repot serta buang waktu untuk memasak setiap hari, bahkan setiap mau makan. Untuk kamu yang bekerja kantoran pun, meal prep dapat dijadikan alternatif menyiapkan bekal tanpa repot sebelum berangkat di pagi hari. Kamu hanya perlu membawa satu kotak makanan untuk dipanaskan saat waktunya makan.

Efisiensi Waktu Masak
Ada banyak hal yang bisa dibuat efisien dengan melakukan meal prep. Pertama, waktu dan tenaga—mulai dari belanja hingga mencuci peralatan masak. Jika setiap sesi masak kamu membutuhkan 45 menit, selama seminggu kamu akan menghabiskan waktu lebih dari 5 jam. Ini belum termasuk waktu dan tenaga untuk mencari ide “masak apa hari ini” dan pergi ke tukang sayur atau belanja ke pasar ya. Bandingkan dengan 2-4 jam sibuk belanja dan masak di hari Minggu.

Zero Waste Cooking
Hal kedua yang dapat kamu buat efisien adalah penggunaan bahan-bahan makanan. Dengan melakukan meal prep, secara otomatis kamu akan terdorong untuk memaksimalkan penggunaan bahan-bahan makanan, termasuk bumbu-bumbu dapur, setiap memasak di akhir pekan. Sebelum dan saat berbelanja pun kamu pasti akan menghitung dengan cermat kebutuhan seluruh bahan untuk total porsi makanan yang rencananya kamu siapkan. Gak ada lagi tuh menimbun sayuran di kulkas sampai layu dan gak bisa dipakai!

Menghemat Uang Makan
Terakhir, dan yang gak kalah pentingnya, kamu dapat melakukan efisiensi budget—alias menghemat uang makan! Hemat di sini gak cuma perkara “makan lebih murah” ya, tapi kamu juga bisa mendapatkan makanan dengan kualitas lebih baik di “harga murah” tersebut.

Harga nasi rames dengan lauk ayam atau nasi soto atau sate kambing per porsinya di daerah perkantoran Jakarta sekitar Rp20.000-Rp35.000. Berarti untuk makan siang selama seminggu, uang yang kamu keluarkan totalnya sekitar Rp175.000. Dengan budget yang sama, kamu bisa lho menyiapkan lebih dari lima porsi makanan atau lima porsi dengan camilan, dan tanpa mengompromikan kenikmatan makananmu.

Baca juga: Selalu Merasa Kekurangan Uang? Cek Lagi Pengeluaran Bulananmu!

Inspirasi Menu Meal Prep Selama Seminggu
Dalam seminggu, kamu bisa menyiapkan total lima sampai tujuh porsi dengan dua hingga tiga menu untuk dimakan selang-seling setiap hari. Banyak sekali menu makanan yang bisa kamu kreasikan. Mulai dari menu nasi, hingga pasta yang biasa kamu santap di restoran. Kamu juga bisa mengatur sendiri mau menyiapkan bekal makanan dengan diet tertentu.

Menu nasi:
Nasi Ayam Hainan
Nasi Ayam Bakar
Beef Rice Bowl with Broccoli

Menu pasta:
Spagheti Aglio Olio Jamur
Baked Carbonara Pasta

Menu salad:
Grilled Chicken Salad with Honey-Lemon Dressing
Grilled Tuna Salad with Roasted Sesame Dressing

Untuk menyiapkan total lima porsi makanan beef rice bowl dan spagheti aglio olio misalnya, bahan utama yang perlu kamu beli hanya sebungkus daging sapi iris, brokoli, spagheti, jamur, dan keju. Bahan-bahan tersebut bisa banget kamu dapatkan dengan budget yang sama dengan beli makan di area kantor. Menunya lebih oke, dan kamu bisa mengalihkan sisa budget untuk membeli camilan buah, atau ya dikumpulkan untuk membeli barang yang kamu idamkan.

Mencapai Mimpi dengan Meal Prep
Membawa bekal hasil meal prep ke tempat beraktivitas bisa menghemat waktu dan uangmu. Dengan penghematan yang secara otomatis terjadi, secara gak langsung kamu bisa lebih cepat mencapai mimpi-mimpi kamu lho.

Jalan-jalan ke Indonesia Timur? Beli kamera? Mengumpulkan dana darurat? Semua bisa tercapai, asal kamu konsisten. Lebih bagus lagi bila kamu meal prep untuk makan malam juga. Sehingga kamu bisa terhindar dari jajan-jajan setelah selesai kerja. Untuk membantu mengumpulkan sisa budget makan yang tiap bulan kamu taruh di x-Card, kamu bisa memanfaatkan Flexi Saver juga agar penyimpanannya lebih maksimal sebelum dipindahkan ke Dream Saver setelah beberapa waktu melakukan meal prep.

Baca juga: Nabung Setengah Juta Tiap Bulan ala Mahasiswa

Gak cuma itu, secara jangka panjang, kamu pun bisa membuat mimpi-mimpi baru jika yang lama sudah tercapai semua. Masa sih gak tertarik? Yuk coba melakukan meal prep untuk hari-hari lebih simpel.

Bingung bahan apa saja yang dibutuhkan untuk memasak menu-menu di atas? Berikut daftar bahan yang bisa kamu jadikan acuan untuk belanja dan masak.

Spagheti Aglio Olio Jamur:
Spagheti
Jamur
Minyak zaitun
Mentega
Bawang putih, iris tipis
Bubuk parsley
Cabe kering kasar
Keju parmesan parut
Cabe merah, secukupnya
Garam, secukupnya

Baked Carbonara Pasta:
Pasta (makaroni, fusili, atau penne)
Daging sapi/ayam giling
Telur
Minyak zaitun
Bawang putih
Bawang bombay
Susu UHT
Keju parmesan
, keju cheddar, dan/atau mozarella
Garam dan lada, secukupnya

Beef Rice Bowl with Broccoli:
Daging sapi iris tipis
Brokoli
Bawang putih
Bawang bombay
Kecap asin jepang
Kaldu daging bubuk
Lada, gula
Nasi putih

Nasi Ayam Hainan:
1 ekor ayam kampung
Beras putih atau merah
Bawang putih, blender kasar
Jahe, blender kasar
Minyak wijen
Kecap asin
Garam, lada, gula

Nasi Ayam Bakar:
1 ekor ayam kampung
Kecap manis
Gula merah, disisir
Air kelapa
Bawang merah
Bawang putih
Kemiri
Kunyit
Garam
Nasi putih

Grilled Chicken Salad with Honey-Lemon Dressing:
Dada ayam
Bubuk rosemary, parsley
Selada romaine
Tomat ceri
Paprika
Air lemon
Madu
Minyak zaitun
Garam dan lada

Grilled Tuna Salad with Roasted Sesame Dressing:
Tuna
Garam dan lada
Selada romaine
Selada keriting
Tomat ceri
Timun
Alpukat
Roasted sesame dressing

Bagikan
Image
Image
Image
Image
Image
Image

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius