Bagikan
Highlight Cover
Simpler Life

16 Ide Kado Ulang Tahun untuk Anak-Anak

06 June 2022  |  Penulis: Nadya Warih

Hari ulang tahun adalah salah satu momen spesial yang membahagiakan bagi anak-anak. Sebagai orang tua—ayah-ibu, om-tante, atau kakak-adik, tentu kita pengin memberikan kado ulang tahun yang spesial juga, kan?

Memilih kado ulang tahun untuk anak-anak bisa jadi hal yang tricky. Pasalnya, kita pasti pengin kasih kado yang gak cuma bikin mereka happy, tapi kalau bisa juga punya nilai edukasi.

Pernah bingung saat mencari kado untuk anak atau keponakan yang masih kecil? Cek berbagai ide kado ulang tahun anak-anak dari Jenius yang bisa kamu jadikan inspirasi!

Set Buku

Ada banyak pilihan buku yang bisa kamu sesuaikan dengan usia anak penerima kado. Ada soft book berbahan kain yang cocok untuk bayi, sound book interaktif untuk balita, dan set buku cerita untuk anak yang lebih besar. Mengenalkan buku sejak dini bisa jadi langkah kecil yang kita lakukan untuk menumbuhkan minat baca anak. Jadi, kadonya sudah pasti bermanfaat!
Budget: Rp100.000-Rp350.000, tergantung jenis buku dan jumlah buku dalam satu set.

Baca juga: Tips Belanja Buku untuk Para Kutu Buku

Mainan Balok Susun

Mainan balok susun cocok banget dijadikan kado untuk anak usia balita. Gak perlu khawatir si anak terluka ya, karena sekarang ada soft block yang terbuat dari bahan lembut. Soft block ini bisa sekaligus jadi teether bagi anak yang giginya sedang tumbuh lho. Menarik, ya?
Budget: Rp200.000 untuk satu paket berisi 30 buah soft block.

Puzzle

Bentuk puzzle sangatlah bervariasi sehingga cocok dijadikan sebagai alternatif kado anak berbagai usia. Ada jigsaw puzzle, puzzle ball, puzzle box, atau wooden puzzle yang bisa digunakan untuk mengenalkan bentuk, huruf, dan angka. Jangan lupa sesuaikan tingkat kesulitannya dengan usia si anak ya!
Budget: Rp50.000-Rp250.000.

Set Mainan Profesi

Set mainan untuk menjadi koki, pilot, dokter, atau astronot bisa jadi kado yang berguna untuk mengenalkan anak pada beragam jenis profesi yang ada di luar sana lho!
Budget: Rp200.000-Rp600.000.

Kamera Anak

Kamu mau mengenalkan hobi fotografi sejak dini ke anak atau keponakanmu? Ada lho kamera yang didesain khusus untuk anak. Selain memiliki warna yang menarik, kamera anak juga tahan banting dan tahan air.

Hasil foto mereka pun akan tersimpan di memory card dan bisa disimpan sebagai kenang-kenangan. Dengan begitu, mereka jadi bisa punya dokumentasi langkah kecil yang mereka lakukan untuk menekuni sebuah hobi.
Budget: Rp500.000-Rp2.200.000.

Baca juga: Hobi-Hobi Baru yang Bisa Kamu Coba di Tahun 2022

Drawing Board

Kalau si anak hobi menggambar, drawing board bisa jadi kado yang tepat. Karena praktis dan mudah dibawa, anak jadi bisa menyalurkan hobi menggambarnya dengan tablet gambar—kapan pun dan di mana pun!
Budget: Rp200.000-Rp500.000.

Boneka Rajut

Kamu bisa pesan boneka rajut custom berupa karakter princess, superhero, atau karakter lain yang jadi favorit si anak. Kadonya pasti jadi sesuatu yang berkesan banget buat mereka!
Budget: Rp100.000-Rp450.000.

Set Meja Belajar

Supaya anak lebih fokus dan semangat saat belajar atau sekolah/les online, kamu bisa berikan kado set meja belajar. Mereka pasti senang karena bisa punya mini work station sendiri, just like what their parents have at home!
Budget: mulai dari Rp500.000-an.

Tiket ke Tempat Rekreasi

Kado gak harus selamanya berwujud benda. Kamu bisa juga beli tiket ke tempat rekreasi yang akan jadi meaningful experience untuk mereka. Belum punya budget untuk ke Disneyland? Gak masalah. Kamu bisa pilih untuk mengunjungi taman rekreasi yang ada di Indonesia seperti Taman Safari atau Jawa Timur Park yang gak kalah seru!
Budget: mulai dari Rp150.000 per orang.

Baca juga: Liburan Keluarga Terencana Tanpa Menguras Tabungan

Makeup Kit Khusus Anak

Anak perempuan seringkali penasaran sama yang namanya makeup. Coba deh belikan mereka makeup kit khusus yang aman untuk kulit anak sebagai kado. Tersedia berbagai merek yang bisa kamu pilih, seperti Amara Cosmetics for Kids, Little Bling, atau Petite 'n Pretty!
Budget: Rp150.000-Rp600.000 per set.

DIY Kit Anak

Mau punya quality time dengan anak saat mereka berulang tahun nanti? Belikan DIY kit saja ke anak sebagai kado. Beberapa contohnya adalah painting kit, science kit, atau pottery kit. Anak jadi bisa seru-seruan main sambil belajar deh saat ulang tahun.
Budget: mulai dari Rp50.000 per kit.

Kelas untuk Anak Sesuai Minat

Ada banyak kelas yang bisa diikuti oleh anak. Kamu bisa coba daftarkan mereka untuk mengikuti cooking class, drawing class, design class, atau bahkan coding class sesuai minat mereka. Pengalaman seru dan teman baru saat mereka mengikuti kelasnya pasti akan jadi kado yang berkesan buat anak-anak.
Budget: Rp300.000-Rp3.500.000 per 1-8 kali pertemuan.

Roblox Gift Card

Roblox adalah sebuah platform permainan virtual yang populer di kalangan anak-anak. Dengan Roblox, pemainnya dapat memainkan game yang dibuat oleh pemain lain atau merancang game mereka sendiri.

Karena bisa dimainkan untuk merancang game sendiri, Roblox cukup sering dijadikan media untuk belajar coding yang dinilai bisa mengasah kreativitas dan melatih kemampuan problem-solving.

Anak atau keponakan kamu hobi main Roblox? Coba deh kasih mereka Roblox Gift Card atau voucher Google Play supaya mereka bisa mendapat Robux (mata uang di dalam game Roblox) agar pengalaman mereka saat bermain Roblox menjadi lebih mengasyikkan!
Budget: mulai dari Rp6.500 untuk 40 Robux hingga Rp1.599.000 untuk 10.000 Robux.

Baca juga: 5 Video Games Pilihan untuk Dimainkan Bareng Keluarga

Celengan Berbentuk Mesin ATM

Sekarang ini, bentuk celengan semakin beragam lho. Bahkan, ada celengan yang bentuknya menyerupai mesin ATM dan dilengkapi dengan PIN untuk membukanya. Unik ya? Kado berupa celengan ini bisa digunakan untuk mengedukasi anak agar mulai menabung dan mengelola uangnya sejak dini.
Budget: mulai dari Rp150.000-an.

Kartu Debit

Anak sudah mulai masuk SD dan sudah bisa beraktivitas sendiri seperti pergi berbelanja ke supermarket? Bagaimana kalau diberi kado kartu debit tambahan (x-Card) dari akun Jenius kamu? Biar mereka bisa melangkah naik level nih—dari menabung di celengan menjadi mengumpulkan uang di bank!
Budget: Rp50.000, belum termasuk saldo awal.

Saham, Reksa Dana, atau Emas

Kado berupa investasi semakin dilirik orang tua masa kini karena nilainya yang berpotensi bertambah di masa depan. Berminat memberi kado berupa investasi? Kamu bisa coba belikan reksa dana dalam satu portofolio khusus atas nama anak kamu. Kalau udah begini, kamu sudah gak perlu pusing cari ide kado lagi setiap tahunnya—tinggal top up!

Reksa dananya sendiri bisa kamu cairkan maupun switching saat mereka sudah cukup dewasa untuk mengelolanya sendiri. Kamu pun bisa dengan simpel beli reksa dana lewat aplikasi Jenius. Ini bisa jadi langkah kecil yang bagus kan untuk mengedukasi anak soal manfaat investasi?
Budget: mulai dari Rp10.000, tergantung jenis produk serta jumlah unit/lot/gram yang ingin dibeli.

Baca juga: Cara-Cara Melatih Anak Mengelola Uang Sejak Dini

Gimana, sudah dapat ide mau kasih kado apa? Kalau sudah, kamu bisa mulai menyiapkan budget untuk beli kadonya pakai Dream Saver dari Jenius!

Dream Saver adalah tabungan autodebit yang proses membuat, mengelola dan menarik uangnya bisa kamu lakukan sendiri, langsung dari aplikasi Jenius. Caranya, buka halaman Wealth di aplikasi Jenius dan pilih Tambah Save It. Kemudian, pilih Dream Saver.

Tulis nama tabunganmu sesuai keperluan—misalnya "Kado Ulang Tahun Anak"—lalu, isikan jumlah uang yang harus kamu tabung senilai dengan harga kado yang ingin kamu belikan untuk si anak. Selanjutnya, tentukan tanggal pencapaian tabungan dan jumlah/periode setoran autodebit yang bisa kamu pilih secara harian, mingguan, atau bulanan sesuai dengan preferensimu.

Dengan Dream Saver, kamu jadi bisa memulai langkah kecil untuk menyiapkan budget kado ulang tahun anak atau para keponakan tersayang setiap tahunnya dari jauh-jauh hari biar persiapannya terasa lebih ringan dan cash flow kamu tetap aman.

Mau mulai menyiapkan budget untuk beli kado ulang tahun anak atau keponakan tersayang?


Bagikan