Simpel Berinvestasi Reksa Dana di Jenius

Cerita Jenius
writter Claudia Von Nasution

Jenius ingin terus tumbuh, menghadirkan layanan menyeluruh untuk kehidupan dan keuanganmu. Untuk kebutuhan teman Jenius menumbuhkan uang, Jenius menghadirkan fitur Reksa Dana yang bisa membuatmu semakin simpel berinvestasi.

Sejak tahun 2019, Jenius melihat seluruh masukan dan request yang kamu sampaikan di berbagai kanal. Salah satu usulan yang banyak diminta adalah kemudahan berinvestasi reksa dana di Jenius.

And... your wish is our command.

Mulai sekarang, kamu bisa berinvestasi dengan simpel, di aplikasi Jenius yang ada di smartphone kamu.

Simpel Memulai Investasi di Jenius

Katanya, memulai adalah kegiatan yang paling sulit dilakukan. The first step is always the hardest.

Dan kalau berbicara soal investasi, banyak orang yang terus menunda mengambil langkah pertama karena sudah malas membayangkan repotnya buka akun reksa dana. Banyak data yang harus diisi, formulir yang harus ditandatangani, dan prosedur standar lainnya.

Di Jenius, kamu gak perlu mengulang proses pengisian data yang sudah pernah kamu lakukan. Cukup informasikan tingkat pendidikan terakhir, lalu setujui syarat dan ketentuan. Simpel, kan?

Kemudian, sebelum berinvestasi, ikutilah kuis profil risiko investasi. Ada enam pertanyaan yang perlu kamu jawab dengan mudah untuk mengetahui tingkat toleransimu terhadap risiko investasi. Nantinya, Jenius akan menginformasikan profilmu—konservatif, konservatif moderat, moderat, agresif moderat, atau agresif.

Simpel Memilih Produk Investasi di Jenius

Jenius menyediakan komposisi kategori produk investasi untuk kamu jadikan referensi. Komposisi portofolio ini Jenius siapkan sesuai dengan profil risiko masing-masing, agar investasimu bisa tumbuh lebih optimal.

Pelajarilah komposisi khusus untukmu setelah mengikuti kuis profil risiko investasi. Kemudian, mulailah perjalanan investasimu dengan membeli produk reksa dana pertama.

Ada dua cara yang bisa kamu gunakan ketika mencari produk reksa dana untuk mengisi portofoliomu.

Opsi pertama, mencari reksa dana berdasarkan manajer investasi. Saat ini, ada tiga pilihan manajer investasi yang tersedia di aplikasi Jenius: Ashmore, Mandiri, dan Schroders.

Opsi kedua, berdasarkan kategori produk. Jenius membagi produk reksa dana ke dalam empat kategori.

  1. Pasar Uang yang berisi reksa dana pasar uang, dengan fluktuasi paling rendah.
  2. Obligasi Jangka Pendek yang berisi reksa dana campuran dan reksa dana pendapatan tetap, dengan fluktuasi agak tinggi.
  3. Obligasi Jangka Panjang yang berisi reksa dana pendapatan tetap, dengan fluktuasi tinggi.
  4. Ekuitas yang berisi reksa dana saham, dengan fluktuasi paling tinggi.

Setelah produk reksa dana pilihanmu berhasil dibeli dan masuk ke portofoliomu, pantaulah kinerja investasimu secara berkala. Jenius melengkapi halaman portofolio dengan detail nilai investasi, modal investasi, NAB/unit (Nilai Aktiva Bersih) terkini, dan potensi return (unrealized gain/loss) untuk memudahkan proses pemantauan.

Proses pantau dan review penting untuk dilakukan agar kamu bisa memastikan bahwa kinerja investasi yang dipilih sesuai dengan proyeksi target tujuan keuanganmu.

Baca juga: Cek Keuangan Tiap Awal Tahun

Simpel Bertransaksi Reksa Dana di Jenius

Proses transaksi—pembelian maupun penjualan—reksa dana di Jenius didesain simpel, bahkan untuk teman Jenius yang baru mau mulai berinvestasi.

Selain kemudahan membuka akun reksa dana, kamu juga bisa dengan simpelnya membeli reksa dana tanpa modal besar. Masing-masing manajer investasi memberikan kemudahan yang berbeda dalam hal minimum pembelian, yaitu:

  • minimum Rp10.000 untuk reksa dana Schroders,
  • minimum Rp50.000 untuk reksa dana Mandiri, dan
  • minimum Rp100.000 untuk reksa dana Ashmore.

Pada prosesnya, pembelian reksa dana akan menarik uang dari Saldo Aktif. Transaksi reksa danamu akan semakin simpel karena gak perlu transfer uang, top up e-wallet, maupun menghubungkan rekening khusus. Untuk itu, pastikan Saldo Aktif kamu cukup untuk membeli produk reksa dana yang kamu inginkan ya.

Baca juga: 5 Jenis Investasi yang Wajib Diketahui Pemula

Sebagai permulaan, Jenius menyediakan 17 produk reksa dana. Berikut daftar nama produk yang dibagi berdasarkan kategori produk.

Reksa Dana Kategori Pasar Uang:

  1. Ashmore Dana Pasar Uang Nusantara
  2. Mandiri Investa Pasar Uang

Reksa Dana Kategori Obligasi Jangka Pendek:

  1. Ashmore Dana Obligasi Unggulan Nusantara
  2. Schroder Dana Kombinasi
  3. Schroder Dana Mantap Plus II

Reksa Dana Kategori Obligasi Jangka Panjang:

  1. Ashmore Dana Obligasi Nusantara
  2. Mandiri Investa Obligasi Nasional
  3. Mandiri Investa Dana Obligasi Seri II
  4. Schroder Income Fund

Reksa Dana Kategori Ekuitas:

  1. Ashmore Dana Ekuitas Nusantara
  2. Ashmore Dana Progresif Nusantara
  3. Ashmore Digital ESG Sustainable Fund
  4. Mandiri Investa Atraktif
  5. Mandiri Investa Equity Asean 5 Plus
  6. Schroder 90 Plus Equity Fund
  7. Schroder Dana Prestasi Plus
  8. Schroder Dana Terpadu II

Di Jenius, kamu bisa melakukan proses beli dan jual reksa dana kapan saja. Nantinya, pembelian akan diverifikasi dalam waktu maksimal 2 hari bursa.

Tetapi kamu perlu memperhatikan bahwa ada ketentuan bila pembelian/penjualan dilakukan sampai dengan pukul 13.00 WIB, maka transaksi akan diproses berdasarkan NAB/unit pada hari bursa tersebut. Sementara jika transaksi dilakukan di atas pukul 13.00 WIB atau pada hari libur bursa (Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional), maka transaksi akan diproses berdasarkan NAB/unit yang ditetapkan pada hari bursa berikutnya.

Baca juga: Mau Jadi Investor? Belajar Investasi dari 5 Sumber Ini

Kini, gak ada alasan lagi untuk gak berinvestasi karena malas repot. Karena Jenius sudah menyiapkan cara simpel untuk para teman Jenius.


Bukalah menu Investment pada halaman Wealth di aplikasi Jenius kamu sekarang. Dan tumbuhkan uangmu dengan cara simpel menggunakan fitur Reksa Dana dari Jenius.


Artikel lainnya