Bagikan
Highlight Cover
Simpler Life, Campaign

Buat Gift Registry untuk Kado Ulang Tahun Sesuai Keinginan

05 August 2021  |  Penulis: Claudia Von Nasution

Mendapat kado kejutan memang menyenangkan. Tetapi, mendapatkan kado yang sesuai kebutuhan pasti akan meningkatkan kepuasan kamu yang sedang berulang tahun. Buat gift registry yuk untuk kado seusai kebutuhan dan keinginan!

Kamu punya wishlist untuk kado ulang tahun tapi gak enak gimana mintanya? Well, orang terdekatmu kadang juga bingung lho mau kasih kado apa. Biar hadiahnya lebih tepat guna, gimana kalau kamu kumpulkan seluruh wishlist kamu dalam sebuah gift registry?

Apa itu gift registry?

Gift registry adalah daftar hadiah—sebuah daftar yang berisi barang-barang yang dibutuhkan dan diinginkan penerima hadiah pada momen-momen spesial mereka seperti ulang tahun, pernikahan, dan kelahiran bayi.

Di luar negeri, gift registry lazim dipakai sejak diperkenalkan oleh Marshall Field’s, sebuah pusat perbelanjaan di Chicago. Pada tahun 1924, layanan wedding registry ditawarkan mengusung pesan, “Give the lady what she wants.

Kalau kamu perhatikan, di series atau film barat suka disebut tuh, apalagi bila tema utama ceritanya adalah pernikahan. Pengantin diceritakan membuat daftar kado yang mereka butuhkan, kemudian para tamu tinggal melihat daftar tersebut saat menyiapkan kado. Dengan banyaknya wishlist, tamu bisa mengabulkan hadiah yang paling sesuai dengan budget masing-masing.

Nah, konsep yang sama juga bisa diterapkan untuk ulang tahun. Kamu pasti akan lebih happy karena menerima barang yang sudah diimpikan. Hari ulang tahunmu pasti akan semakin spesial!

Baca juga: Berikan Hadiah Terbaik untuk Yang Tersayang

Gift registry memudahkan proses mengurus kado bagi orang tersayang

Membuat gift registry bukan hanya akan menguntungkan si penerima hadiah, tapi juga memudahkan proses mengurus kado bagi orang tersayang.

Coba Jenius sebutkan beberapa keuntungan menggunakan gift registry atau daftar kado ya.

  1. Mengatasi kebingungan pilih kado.
    Pernah gak kamu kebingungan sendiri saat mau membeli kado? Nah, hal yang sama juga pasti pernah dirasakan teman atau anggota keluargamu. Dengan adanya gift registry, hal ini gak akan jadi masalah! Karena pemberi kado bisa tau persis kado apa yang diinginkan yang sedang berulang tahun, lengkap dengan informasi model, ukuran, warna, hingga jumlah yang dibutuhkan. Kalau sudah begini, gak akan ada cerita salah pilih deh!
  2. Gak perlu repot mencari tempat beli.
    Setelah tau mau memberikan kado apa, biasanya muncul kesibukan selanjutnya, yaitu mencari info tempat terbaik untuk membeli kado tersebut. Enaknya ada online gift registry, kamu bisa checkout alias melakukan transaksi di tempat yang sudah diinformasikan dan mengirimkannya langsung ke alamat penerima hadiah. Benar-benar simpel dan time saver, kan?
  3. Mengurangi kemungkinan dapat kado yang sama.
    Kalau kado yang sama itu barang tahan lama, rasanya masih oke ya. Tapi bagaimana bila dirimu mendapatkan banyak kado kue pada hari ulang tahun? Awalnya pasti senang dengan perhatiannya, cuma ada kemungkinan kamu bakal bingung bagaimana menghabiskannya! Belum lagi ada risiko mubazir karena keburu rusak atau kedaluwarsa.
  4. Memudahkan penyesuaian budget.
    Semua orang punya budget yang berbeda-beda dalam memberikan kado. Untuk itu, ada baiknya bila kamu mengisi gift registry dengan banyak barang. Dengan begini, teman atau keluargamu bisa memilih kado yang paling sesuai dengan budget mereka.
    Tips Jenius: masukkan semua wishlist dari yang paling murah hingga yang paling mahal. Alasan pertama, kado kecil cocok untuk perseorangan. Sementara itu, kado yang lebih besar/mahal biasanya sering dijadikan kado patungan.

Baca juga: 12 Ide Kado untuk Teman yang Baru Melahirkan

Buat gift registry di situs-situs pilihan

Zaman dulu, orang membuat gift registry secara manual di toko fisik. Otomastis, pemberi kado juga perlu secara langsung datang dan membeli di toko tersebut.

Dengan kemajuan teknologi, sekarang ada banyak situs yang menawarkan layanan pembuatan gift registry. Kamu bisa membuatnya di situs toko/e-commerce seperti Amazon atau situs khusus membuat daftar hadiah seperti myregistry.com.

Caranya sederhana, sign up di situs pilihanmu lalu tentukan jenis daftar hadiah yang mau dibuat. Setelah itu, kamu hanya tinggal memasukkan barang-barang yang kamu inginkan. Jangan lupa masukkan informasi hadiah secara detail ya, mulai dari ukuran yang tepat, warna pilihan, hingga jumlah yang dibutuhkan.

Ada satu kelebihan situs seperti MyRegistry: kamu bisa memasukkan barang dari berbagai e-commerce termasuk marketplace kesayanganmu seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, dan JD.ID. Jadi gak perlu repot deh bikin gift registry di beberapa situs hanya karena stok wishlist kamu terpencar di beberapa e-commerce.

Terakhir, jangan lupa bagikan link laman gift registry ulang tahunmu jauh-jauh hari. Kamu bisa membagikan link tersebut di media sosialmu (Twitter, Instagram, Facebook—jangan sampai ada yang ketinggalan!) atau kirim di grup/chat pribadi WhatsApp/LINE/Telegram.

Baca juga: Hadiah-Hadiah yang Perlu Disiapkan

Ajak keluarga dan teman untuk membuat gift registry

Di Indonesia, gift registry memang belum terlalu populer. Nah, karena kamu sudah tau, yuk ajak keluarga dan teman-teman terkasih untuk membuat gift registry mereka. Kamu bisa kirimkan link artikel ini kepada mereka sebagai perkenalan ;)

Sebagian orang mungkin akan merasa gak enak karena terang-terangan memilih kado sendiri. Tapi sama seperti kamu, teman atau kerabatmu pasti juga akan senang bila mendapatkan kado sesuai kebutuhannya. Untuk itu, yuk jangan ragu untuk menanyakan, apa sih yang sedang mereka butuhkan dan anjurkanlah membuat gift registry. Anggap saja manifestasi, siapa tau ada orang baik yang mau berbagi kebahagian di hari spesialmu.

Baca juga: Berani Lebih Hemat di Ulang Tahun Jenius yang Kelima

Di bulan Agustus ini ada banyak temanmu yang berulang tahun, sama seperti Jenius? Jangan takut niat berhemat jadi gagal begitu terima gift registy dari mereka, karena Jenius sudah menyiapkan banyak penawaran menarik yang berlaku di berbagai e-commerce favorit kamu dan teman-temanmu.

Dapatkan potongan Rp50.000 dengan minimal transaksi Rp250.000 hingga akhir Agustus 2021. Sebelum checkout kado, pastikan jumlah Saldo Aktif kamu di Jenius cukup untuk bertransaksi menggunakan Jenius Pay ya. Baca syarat dan ketentuan lengkap promo Every Yay di JD.ID di sini.

Seluruh penawaran biar lebih hemat beli kado selama bulan Agustus ini berlaku untuk seluruh pengguna Jenius yang status rekeningnya sudah aktif. Makanya, segera download dan aktivasi Jenius kamu sekarang ya!


Bagikan