Bagikan
Highlight Cover
Simpler Life

12 Ide Kado untuk Teman yang Baru Melahirkan

Dipublikasikan tanggal: April 16, 2019  |  Ditulis oleh: Claudia Nasution
Pernah gak sih kamu bingung mau kasih kado apa untuk teman yang baru melahirkan? Baju bayi? Baby stroller? Buku tentang parenting? Apakah kamu punya ide kado lain yang unik atau mungkin gak terpikirkan oleh orang lain?

Cara termudah untuk menentukan kado apa sebenarnya adalah langsung tanyakan kepada teman kamu apa yang dia butuhkan dan belum sempat dia siapkan. Tetapi memang, ada teman yang mungkin kurang nyaman untuk langsung menyebut barang spesifik yang mereka butuhkan. Untuk itu, Jenius merangkum ratusan jawaban yang dibagikan followers Instagram sebagai cheat sheet kamu yang butuh rekomendasi kado apa yang sebaiknya diberikan untuk tema yang baru melahirkan.

Stroller, Baby Walker, Baby Car Seat
Tiga barang bayi ini harganya cukup lumayan, sehingga bisa dijadikan alternatif kado hasil patungan teman segeng atau sekantor. Karena stroller, baby walker, dan baby car seat banyak jenisnya, kamu bisa tanyakan ke temanmu apakah ada merek atau jenis khusus yang dia incar. Enak kan, gak perlu riset lagi barang mana yang kualitasnya bagus. Kamu hanya tinggal menyesuaikan budget, lalu Split Bill ke teman-teman lain.

Baby Set
Bedding, pakaian, perlengkapan mandi, dan gendongan adalah contoh barang-barang keperluan bayi yang pasti digunakan. Tetapi barang-barang ini juga biasanya sudah masuk daftar belanja calon orangtua beberapa bulan sebelum lahir. Jika kamu ingin memberikan kado berupa baby set, kamu bisa memberikannya jauh-jauh hari sehingga temanmu gak perlu membeli sendiri. Sayang kan kalau ada barang yang sama dalam jumlah banyak, malah jadi gak terpakai.

Keperluan Menyusui
Banyak alat dibutuhkan berkaitan dengan proses menyusui anak. Mulai dari alat pumping ASI, kantong penyimpanan ASI, cooler bag, kulkas ASI, hingga bottle sterilizer agar ASI dapat tersimpan dengan baik. Namun gak cuma itu, ada juga barang-barang lain yang dibutuhkan sang ibu seperti bra menyusui dan breast pad. Teman kita pasti senang didukung untuk memberikan ASI eksklusif!

ASI Booster
Stok ASI biasanya naik-turun. Untuk mengatasi hal itu, secara berkala para ibu membutuhkan ASI booster agar persediaan terjaga. Kamu bisa mengirimkan berbagai ASI booster selama temanmu masih dalam program pemberian ASI, seperti sari daun katuk, susu almond, susu kedelai, dan kue kering serta kue-kue dengan resep khusus yang bisa meningkatkan produksi ASI.

Paket MPASI
Setelah enam bulan hanya mengonsumsi ASI, bayi biasanya akan mulai diberikan MPASI (Makanan Pendamping ASI). Banyak orang terpikir untuk memberikan kado keperluan menyusui. Sebagai pembeda, kamu bisa memberikan peralatan MPASI lho, seperti pelumat atau alat tumbuk makanan, blender, slow cooker, panci kukus, saringan kawat, dan satu set peralatan makan bayi.

Voucher Belanja di Toko Perlengkapan Bayi
Mau memberikan baju, takut model atau warnanya kurang cocok dengan gaya anak dan orangtua. Mau memberikan stroller/baby walker, tapi gak ada teman patungan. Kalau begitu, lebih baik kamu memberikan voucher belanja di toko peralatan bayi saja. Simpel, bermanfaat, pasti terpakai!

Makanan untuk Sang Ibu
Kado lahiran gak cuma untuk bayi lho. Kamu bisa juga memberikan hadiah untuk sang ibu. Ada banyak makanan yang ibu hamil gak boleh konsumsi selama mengandung. Beberapa di antaranya: makanan mentah dan makanan yang dibakar. Kamu bisa kasih kado voucher makan di restoran jepang untuk teman pecinta sushi dan sashimi, atau voucher makan barbekyu all-you-can-eat di restoran favoritnya. Happy mom, happy baby!

Photography Gift
Di zaman serba pengin didokumentasiin, paket atau voucher fotografi bisa jadi kado yang membekas untuk temanmu dan keluarganya. Kamu tinggal pilih paket atau voucher dari vendor baby photography yang masuk budget-mu. Kalau kamu cukup andal memotret, kamu juga bisa menawarkan diri untuk menjadi fotografer pribadi mereka. Kamu tinggal luangkan waktu, lalu cetakkan satu foto terbaik untuk dipajang.

Essential Oils
Belakangan ini banyak orangtua yang pengin mengurangi penggunaan obat-obatan dan memilih menggantinya dengan pengobatan alami, salah satunya menggunakan essential oils. Kamu bisa menghadiahkan essential oil starter kit yang berisi 10-12 minyak serbaguna untuk kebutuhan sehari-hari.

Buku Parenting
Sebagai orangtua, apalagi orangtua baru dari anak pertama, selalu ada banyak hal yang perlu dipelajari. Mulai dari metode mengasuh anak, tips dan trik menjadi orangtua, hingga ilmu dan resep makanan pendamping ASI. Kamu bisa memberikan buku-buku tersebut sebagai kado lahiran lho.

Mainan Bayi atau Anak
Ada banyak pilihan mainan bayi (untuk usia di bawah satu tahun) atau anak yang lebih besar. Tipe mainan pun dapat kamu pilih setelah mendapatkan informasi jenis kelamin sang anak. Mainan akan cocok untuk kamu yang butuh waktu lebih untuk mencari hadiah dan menengok temanmu setelah beberapa minggu melahirkan.

Voucher Pijat dan Spa untuk Ibu dan Bayi
Gak hanya keperluan wajib, ibu dan bayi juga butuh bersenang-senang. Salah satu kegiatan bersenang-senang yang bisa kamu hadiahkan adalah voucher pijat dan spa untuk ibu dan bayi. Para ibu mengaku banyak sekali hadiah untuk bayinya, padahal dia sendiri juga butuh me-time lho. Kalau hubungan kamu cukup dekat, kamu bisa juga bisa mengajak temanmu untuk ke salon atau tempat spa bersama. Mereka akan sangat senang diajak “kabur” sebentar dari rutinitas mengurus anak di rumah.

Bagaimana, sudah menemukan ide kado apa untuk temanmu yang baru melahirkan? Pilih yang sesuai budget ya. Atau kalau mau lebih “terasa” hadiahnya, kamu bisa mengajak beberapa teman untuk patungan. Serunya, kita kan tahu teman kita hamil dari beberapa sebelum lahiran, jadi enak bisa nabung dulu dan semoga gak ganggu cashflow.

Selain menyesuaikan kado dengan kebutuhan bayi dan ibunya, kamu juga bisa menyesuaikan waktu pemberian dengan waktu pemakaian sehingga kado kamu akan tepat guna. Belum bisa jenguk? Kirimkan saja dulu melalui kurir. Kamu bisa menjenguk belakangan setelah sang orangtua baru sudah lebih siap menerima tamu. Selamat hunting kado!

Bagikan
Image
Image
Image
Image
Image
Image

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius