5 Video Games Pilihan untuk Dimainkan Bareng Keluarga

writter Fifi Nurfitrianti

Dengan lebih banyaknya waktu yang dihabiskan di rumah saat ini, game konsol jadi salah satu hiburan untuk mengisi waktu. Buat mereka yang dulunya gamer dan sempat berhenti bermain, sekarang akhirnya jadi gamer lagi. Buat yang bukan gamer, jadi tertarik untuk ngulik hobi gaming ini.

Hobi gaming yang jadi booming di masa pandemi terbukti dari begitu tingginya penjualan Animal Crossing dan Nintendo Switch pada bulan April 2020 lalu. Selain itu, banyaknya game-game keren yang muncul setahun belakangan serta dirilisnya PlayStation 5 dan Xbox Series X di akhir tahun 2020 semakin mendukung hal tersebut.

Walaupun banyak judul-judul video game yang condong ke permainan individual, banyak juga lho video game yang menyenangkan untuk dimainkan bareng keluarga. Quality time bersama keluarga yang biasanya mungkin dihabiskan dengan jalan-jalan ke luar rumah kini bisa dialihkan dengan bermain game bareng. Di sisi lain, kamu jadi punya alasan kuat untuk meyakinkan pasangan buat beli game konsol baru (ups! 🤭).

Baca juga: Yuk, Mulai Menabung untuk Beli PlayStation 5

Sebelum ajuin proposal ke pasangan soal ini, simak dulu 5 video game berikut yuk!

Overcooked: All You Can Eat
Overcooked

Overcooked adalah game simulasi memasak multi pemain yang dikembangkan oleh Ghost Town dan dirilis oleh Team17. Dalam game ini, pemain bermain sebagai chef dan harus melewati berbagai tingkat memasak dengan menu beragam serta harus diselesaikan dalam batas waktu tertentu.

Overcooked dimainkan secara co-op (cooperative), yang berarti dua hingga maksimal 4 pemain harus bekerja sama untuk menyelesaikan setiap misi memasak. Tampilan ilustrasi game yang menarik, menu yang bervariasi dengan tema yang beragam membuat game ini seru banget untuk dimainkan bersama keluarga.

Sejauh ini, Ghost Town dan Team17 telah merilis Overcooked, Overcooked 2, beberapa DLC (downloadable content) seperti Campfire Cook Off, Night of The Hangry Horde, Carnival of Chaos, Surf ’n’ Turf. Nggak hanya itu, versi remastered game yang menggabungkan seluruh seri game dan DLC akan segera dirilis di PlayStation 5 dan Xbox Series X dengan tampilan yang lebih tajam dan animasi yang lebih detail berjudul Overcooked: All You Can Eat.

Fall Guys: Ultimate Knockout
Fall Guys

Masih inget acara Benteng Takeshi yang ditayangkan di TV nasional awal tahun 2000-an dan sempat populer pada masanya? Dalam Fall Guys: Ultimate Knockout, pemain harus melalui berbagai rintangan untuk sampai ke garis akhir. Fall Guys paling pas kalau dimainkan online dengan 40-60 pemain, karena kamu akan merasakan persaingan untuk bisa menyelesaikan setiap tantangan dan jadi the last one standing.

Sejauh ini ada 3 seri Fall Guys yang sudah dirilis; Season 1the original season — terinspirasi dari tayangan Benteng Takeshi, It’s a Knockout, dan Wipeout, Season 2 bertema medieval atau abad pertengahan, serta Season 3 bertema musim dingin yang juga disebut winter Knockout. Di tiap seri selalu ada peta atau item baru yang ditambahkan sesuai tema.

Beberapa waktu lalu, developer game ini, Mediatonic, mengumumkan bahwa Season 4 akan dirilis pada kuarter ketiga tahun 2021 dan dikabarkan akan bertema futuristik. Wah, nggak sabar!

Moving Out
Fall Guys

Kalau kamu suka Overcooked, kamu pasti akan suka Moving Out, karena game ini juga dimainkan secara co-op. Bedanya, di game ini kamu akan berperan sebagai petugas pemindah barang untuk klien kamu yang akan pindah rumah. Kamu harus memindahkan semua furnitur yang ada di dalam rumah ke dalam truk di bawah batas waktu yang ditentukan.

Tiap rumah yang kamu mainkan menampilkan barang yang berbeda-beda, tantangan tersembunyi, serta rintangan yang beragam pula, misalnya diganggu ayam atau kura-kura. Cukup random ya, tapi ini yang membuat Moving Out seru untuk dimainkan.

Moving Out sendiri dikembangkan oleh studio yang berbeda dari Overcooked tapi sama-sama dirilis oleh Team17. Game ini juga bisa kamu mainkan di berbagai konsol, mulai dari PlayStation 4 hingga PC.

The Jackbox Party Pack 7
The Jackbox Party Pack 7

The Jackbox Party Pack 7 dikembangkan oleh Jackbox Games yang selalu merilis seri baru game ini setiap tahunnya sejak tahun 2014. Game ini didesain untuk dimainkan multi pemain dari 3 hingga 8 orang.

Sebagian besar game di The Jackbox Party Pack 7 dirancang untuk permainan online dan hanya membutuhkan satu orang untuk memiliki konsol dan memulai game ini. Sedangkan pemain sisanya bisa ikut bermain dengan mengakses situs pendukung melalui gadget pribadi seperti smartphone atau tablet. Nggak hanya itu, permainan ini juga bisa ditayangkan secara live streaming sehingga teman atau anggota keluarga di tempat berbeda bisa ikut menyaksikan dan bahkan turut memberikan penilaian yang akan menentukan pemenangnya.

The Jackbox Party Pack 7 terdiri dari beberapa game seperti Quiplash 3, The Devils and The Details, Champ’d Up, Talking Points, dan Blather ‘Round. Seperti namanya, game ini memang pas untuk party atau kumpul-kumpul bareng teman. Walaupun hal ini gak bisa dilakukan di masa pandemi, game ini tetap populer karena fitur live streaming yang tersedia memberi kesempatan banyak orang untuk berinteraksi dari rumah masing-masing dan mengatasi ‘social distancing blues’.

Super Mario Party
Super Mario Party

Game ini bisa dibilang versi paling komplit dari seri Mario Party. Ada beberapa game mode di dalam Super Mario Party. Yang utama pastinya adalah Mario Party, lalu beberapa secondary game seperti Partner Party, River Survival, dan Sound Stage. Di dalam setiap game mode ini, ada sekitar 80 minigames yang bisa kamu mainkan lho!

Nah, kalau Mario Party dan Partner Party terbatas untuk permainan offline, kamu bisa memilih 10 minigames untuk dimainkan online pada game mode Online Mariothon. Di game mode ini, kamu akan berkompetisi dalam 5 minigames yang dipilih secara acak dari 10 minigames tadi bersama pemain lainnya secara online.

Super Mario Party sempat menang Best Family Game dalam Gamescom Award 2018 dan meraih berbagai nominasi untuk kategori serupa. Game ini juga menjadi salah satu top ten best-selling games di Nintendo Switch. Karena itu, Super Mario Party adalah pilihan utama kamu kalau mau seru-seruan bareng keluarga!

Baca juga: Tips Mudah dan Hemat Beli Skins & Aksesories Game Online

Karena kesempatan untuk keluar rumah jadi lebih terbatas, membeli format CD video game belakangan lebih mudah dilakukan melalui situs e-Commerce. Bahkan membeli format digital dari situs resmi tiap konsol kini jadi pilihan yang jauh lebih praktis lagi. Mendukung hal ini, kamu bisa menggunakan e-Card Jenius untuk transaksi di website PlayStation Store, Nintendo Game Store, dan lainnya, karena e-Card dilengkapi Visa Contactless yang memungkinkan transaksi online di situs dalam maupun luar negeri. Walaupun begitu, pastikan saldo di e-Card kamu sesuai atau lebih dari nominal transaksi ya, supaya kamu terhindar dari Denda Kekurangan Dana.

Nah, kalau video game buat main bareng keluarga udah dipilih, lalu budget khusus hiburan (termasuk gaming) udah ada, tapi belum punya e-Card Jenius untuk beli video game di atas, berarti kamu perlu download dan aktivasi akun Jenius kamu dulu ya!

Artikel lainnya