Bagikan
Highlight Cover
Jenius di Rumah

Atur Rutinitasmu di Bulan Ramadan Selama Masa Pandemi

08 May 2020  |  Penulis: jenius
Rutinitas Ramadan yang berbeda harus dijalani pada tahun 2020 akibat pandemi COVID-19. Ramadan tanpa mudik ke kampung halaman, tanpa ngabuburit sambil jajan takjil di pasar, tanpa buka puasa bersama teman dan keluarga besar, juga tanpa Tarawih berjamaah di masjid. Meski begitu, tentu kamu harus tetap semangat menyambut hari kemenangan.

Melewati bulan Ramadan di tengah pandemi, pasti membuat rutinitas dan produktivitas harian kamu berubah. Mulai dari rutinitas pagi hari yang biasanya sibuk siap-siap berangkat ke kantor, sekarang jadi punya waktu agak santai karena sedang work from home (WFH).

Rutinitas pada siang hari juga berubah. Waktu luang yang biasa diisi dengan ngobrol santai bareng rekan kerja, jadi gak bisa dilakukan. Produktivitas kerja juga jadi agak kendur karena perubahan ritme kerja di rumah, ditambah waktu sahur dan berbuka yang spesial.

Supaya rutinitas dan produktivitas selama bulan Ramadan tetap terjaga, berikut tips mengatur jadwal dari Jenius yang bisa kamu coba.

Pukul 03.00 – 07.00
Sahur sudah pasti jadi kegiatan pertamamu memulai hari. Walaupun makan sambil menahan kantuk, pastikan kamu mengonsumsi makanan dan minuman yang cukup buat menjalani hari ya. Supaya semangat sahur, kamu bisa browsing makanan apa saja yang dapat menambah energi. Nah, setelah makanan-makanan tersebut masuk list, kamu jadi punya deh menu sahur antilemas yang variatif tiap harinya.

Baca juga: Masak Makanan ala Restoran Selama #dirumahaja

Setelah sahur dan salat subuh, mungkin kamu biasa sibuk bersiap-siap berangkat kerja. Karena lagi WFH, kamu bisa memanfaatkan waktu dengan ngobrol bareng keluarga. Ini bisa jadi waktu yang pas buat mengingatkan orang rumah kalau pada jam tertentu kamu akan bekerja dan gak bisa diganggu.

Selain ngobrol, kalau kamu masih merasa butuh istirahat, kembali ke tempat tidur boleh kok dilakukan. Asal jangan lupa pasang alarm biar gak kesiangan bangun buat bekerja ya!

Pukul 07.00 – 12.00
Walau gak keluar rumah dan berangkat ke kantor, mandi dan berpakaian rapi tetap jadi hal yang direkomendasikan buat memulai aktivitas kerja. Selain untuk menjaga kebersihan, hal tersebut bisa membuat suasana harimu dan mindset kerjamu terbangun. Setelah itu, baru deh kamu bisa nyaman membuka laptop dan mulai bekerja.

Baca juga: Tips Work from Home Saat Melakukan Social Distancing

Pukul 12.00 – 17.00
Mumpung Ramadan kali ini #dirumahaja, kamu bisa memaksimalkan berbagai aktivitas yang jarang dilakukan bersama keluarga lho. Salah satu contoh sederhananya adalah salat jamaah dengan seluruh anggota keluarga.

Selain itu, kamu bisa juga bantu orang rumah menyiapkan makanan dan minuman untuk berbuka nanti. Malas masuk dapur? Bantu nyapu dan beres-beres rumah oke juga kok. Sudah selesai merawat rumah? Kamu bisa lanjut merawat diri dengan maskeran atau melakukan spa kaki sederhana.

Jam-jam ini mungkin bisa jadi waktu yang berat dan penat dalam menjalani puasa di rumah, makanya kamu perlu mengisinya dengan kegiatan asyik yang bisa bikin kamu “lupa waktu”. Kamu bisa coba membuat kerajinan DIY, menata ulang kamar tidur dan decluttering, atau bermain dengan hewan peliharanmu.

Sesekali, kamu bisa juga ikutan kelas-kelas seru seperti online class-nya Jenius Co.Create buat menambah pengetahuan. Oh ya, saat puasa, waktu olahraga terbaik adalah sore hari menjelang buka puasa. Kamu bisa pilih yoga, senam, atau olahraga dalam rumah lainnya.

Baca juga: 7 Olahraga Minim Biaya yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri

Pukul 17.00 – 20.00
Waktu berbuka selalu jadi momen manis penuh kebahagiaan selama Ramadan. Kapan lagi buka puasa dengan anggota keluarga lengkap tanpa ribet mencocokkan waktu? Karena biasanya kan sibuk buka buasa bareng teman masing-masing…

Pada situasi seperti ini, ada atau tanpa kehadirannya, kamu jadi lebih bisa memaknai arti kehangatan keluarga. Keluarga sebagai tempatmu berpulang, bagaimanapun kondisinya. Seperti cerita pada video Waktunya Pulang episode 1: Pulang untuk Berbuka Bersama Ibu.


Buat kamu yang gak bisa kumpul bersama keluarga karena PSBB, jangan sedih ya. Kamu bisa tetap menikmati kebersamaan Ramadan dengan buka puasa bareng atau tadarusan lewat aplikasi video call, seperti Zoom, Hangout, atau yang lainnya.

Nah, di atas jam 7 malam setelah salat Isya, kamu bisa salah Tarawih sendiri atau jamaah bareng keluarga. Pada Ramadan ini, kamu bisa banyakin juga ibadah sunah lainnya, seperti zikir dan mengaji.

Pukul 20.00 – 22.00
Setelah jam 8 malam bingung mau ngapain? Nonton tayangan streaming jadi hal yang gak pernah salah sih ya. Kali ini kamu bisa coba nonton film atau sinetron Ramadan di YouTube atau layanan streaming favoritmu.

Baca juga: Buku-Buku yang Siap Temani Kamu #dirumahaja

Pukul 22.00 – 03.00
Sehabis menjalani beragam aktivitas, jangan lupa istirahat ya. Banyak waktu di rumah kadang malah bikin kamu jadi lupa waktu istirahat. Padahal, mengatur jam tidur jadi hal yang penting saat ini. Istirahat cukup bisa membantumu menjaga kesehatan, serta dapat membuat kamu bekerja dan beraktivitas secara maksimal pada siang hari.

Kalau kamu memiliki gangguan tidur, coba deh dengerin instrumen-instrumen lembut sambil mengatur pernapasan. Selain itu, mandi air hangat dan meminum susu hangat sebelum tidur juga dapat membantu tubuhmu semakin rileks. Biasakan untuk mematikan atau membuat redup lampu kamar, dan jauhkan gadget dari tempat tidur ya.

Baca juga: 6 Tindakan Preventif untuk Mewaspadai Coronavirus

Saat memasuki akhir pekan, waktumu pasti jadi lebih longgar buat melakukan aktivitas seru bareng keluarga. Coba deh ajak anak atau adikmu bikin kartu ucapan lebaran untuk dikirim ke saudara dan kerabat.

Kalau hobi, kamu juga bisa masak hidangan buka puasa yang spesial, sambil coba-coba buat kue lebaran. Kalau ada bahan-bahan yang kurang, hindari keluar rumah dan usahakan belanja online saja ya. Supaya pembayarannya praktis, kamu bisa bertransaksi menggunakan Kartu Debit Jenius Visa.

Belum punya Jenius untuk memudahkan Ramadan kamu di rumah? Download dan aktivasi sekarang. (Mayasti Nastiti)

Bagikan
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius