Bagikan
Highlight Cover
Jenius di Rumah, Simpler Life

6 Tips Mengatasi Rasa Kecewa Rencana Batal dan Harus #dirumahaja

07 April 2020  |  Penulis: jenius
Adi sudah siap dengan sederet rencana menyenangkan untuk beberapa waktu ke depan. Rasa gembira dan antusiasme untuk jalan-jalan dan menghabiskan waktu bersama teman selalu dibayangkan Adi setiap waktunya, bagai penyemangat harinya.

Beli tiket konser musik yang sudah lama ditunggu-tunggu? Checked.
Pesan hotel buat santai-santai di akhir pekan? Checked.
Bikin itinerary destinasi wisata untuk cuti bulan ini? Checked.
Janjian reunian sama teman-teman lama? Checked.

Namun, sangat disayangkan, segala rencananya harus ditunda karena kondisi yang di luar kendali Adi, yaitu terjadinya pandemi COVID-19 yang mengharuskan semua orang melakukan physical distancing dengan tetap #dirumahaja.

Sama seperti Adi, pasti banyak teman Jenius yang harus menunda atau bahkan membatalkan rencana berbagai kegiatan menyenangkan. Selain jadi kecewa karena banyak impian harus tertunda, aktivitas harian yang jadi sangat terbatas semakin membuat kamu penat setiap harinya.

Supaya gak terlalu larut dengan rasa sedih dan kecewa karena masa pandemi ini, Jenius mau membagikan tips untuk tetap bisa bersenang-senang di rumah. Tertarik mencoba?

Tabung uang refund yang kamu terima
Hal pertama yang penting diurus ketika rencanamu harus batal karena adanya kondisi pandemi COVID-19 ini adalah mengonfirmasi pembatalan seluruh tiket dan akomodasi yang sudah dipesan.

Mulai dari tiket konser musik, tiket acara atau pertunjukan seni, tiket pesawat atau kereta, sampai pesanan hotel dan transportasi lokalmu. Pastikan kamu memahami ketentuan dan melakukan prosedur yang diperlukan untuk meminta pengembalian uang yang telah kamu bayarkan ya!

Setelah uang refund masuk ke rekeningmu, ada baiknya uang tersebut kamu tabung lagi buat rencana liburan selanjutnya atau buat tambahin tabungan untuk beli barang yang sedang kamu impikan. Kalau penggunaan uang refund tersebut belum terpikirkan, kamu bisa parkir dulu uangmu di Flexi Saver supaya tidak jadi pemborosan akibat “lapar mata” belaka.

Selain hal-hal yang menyenangkan diri sendiri, kamu juga bisa lho bikin list hal-hal sederhana lain yang bisa menyenangkan orang lain. Seperti membeli hadiah buat saudara atau orangtua kamu dan ikutan donasi untuk meminimalisir dampak pandemi ini. Dijamin deh, rasa senang malah jadi berlipat ganda!

Pantau konser-konser online idolamu di social media
Buat kamu yang sebelumnya sudah berencana nonton penyanyi atau band favorit sambil sing along di konser impianmu, jangan terlalu kecewa dengan pembatalan yang ada ya. Untuk sementara, kamu tetap bisa seru-seruan bersama idola kamu melalui konser online yang sudah dilakukan musisi internasional maupun nasional lho.

Lewat berbagai platform, musisi-musisi tersebut malah berhasil memberikan sentuhan lain yang membuat penggemarnya asyik fangirling di rumah. Mulai dari Chris Martin—vokalis Coldplay yang ciamik memainkan piano dan gitarnya, sampai John Legend yang mengajak istri dan anaknya konser dari rumah.

Memasuki minggu ketiga anjuran untuk #dirumahaja, ada beberapa musisi lain yang juga rajin tampil secara online. Ada Siti Nurhaliza dari Malaysia yang sering mengajak penggemarnya bernyanyi lewat Live, 10cm dari Korea yang bikin #phonecert di Instagram, Sondre Lerche dari Norwegia yang live streaming di Facebook, juga David Foster dan istrinya (Katharine McPhee) yang seru-seruan berdua menyanyikan lagu favorit mereka.

Musisi Indonesia juga gak kalah antusias menggelar konser dari rumah lho. Mulai dari Tulus, Rendy Pandugo, Kunto Aji, Vidi Aldiano dan Vadie Akbar dengan episode-episode #manggungdirumah, sampai Danilla Riyadi yang mengajak penggemarnya ikut latihan bersama bandnya lewat live streaming di YouTube.

Wah, kalau gini terus, jadi harus siap sedia isi kuota internet ya supaya gak ketinggalan konser online musisi favorit!

Nonton traveling vlog di YouTube dan coba main ke museum virtual
Kalau kamu sudah jenuh banget dengan keadaan rumah dan mulai pengin pergi-pergi ke berbagai daerah ataupun negara lain, nonton traveling vlog lumayan bisa mengobati rasa kangen buat berpergian ke berbagai tempat lho.

Supaya lebih seru lagi, kamu bisa cari traveling vlog yang membahas daerah atau tempat yang belum pernah kamu kunjungi atau bahkan belum kamu ketahui sebelumnya. Ini bisa menambah insight kamu buat destinasi liburan selanjutnya ketika masa pandemi ini selesai.

Mau coba hal baru dengan sensasi jalan-jalan yang lebih nyata? Kamu bisa eksplor teknologi virtual museum tour! Salah satu museum di Indonesia yang menghadirkan virtual tour adalah Museum Nasional.

Kalau kamu mau lihat karya-karya seni di mancanegara, coba mampir ke situs Picasso Museum (Barcelona), Museum of Modern Art (New York), Museum of Broken Relationships (Zagreb dan Los Angeles), Musée d’Orsay (Paris), dan museum lainnya untuk memanfaatkan layanan free virtual tour.

Baca juga: 5 Destinasi Long-Weekend yang Bisa Dijangkau Mobil

Ikutan online course buat tambah skill & pengetahuan kamu
Hal lainnya yang gak bisa berjalan selama masa pandemi ini adalah kegiatan edukasi dalam bentuk seminar maupun workshop. Tapi jangan khawatir, saat ini mulai banyak tawaran online course atau online discussion dengan berbagai topik menarik yang akan menambah pengetahuan kamu walau seharian di rumah.

Ada beberapa startup edukasi yang bisa kamu pantau supaya bisa ikutan tambah ilmu di masa pandemi ini. Mulai dari Ruangguru yang bisa jadi referensi belajar untuk adik atau saudara kamu yang masih sekolah, Lingkaran.co sebagai platform pendidikan kreatif untuk para entrepreneur dan profesional muda, atau Gudskul buat kalian yang penasaran dengan seni rupa kontemporer.

Mau yang all-in-one dengan topik lebih kompleks di satu platform? Ada MasterClass atau Udemy yang menyuguhkan beragam bahasan ilmu dari para ahli internasional di bidangnya.

Sstt... Ada tips tambahan nih buat kamu para sobat hemat. Coba deh sesering mungkin cek situs-situs penyedia online course favorit. Karena buat menemani banyak orang yang #dirumahaja, suka ada promo menarik atau bahkan akses gratis untuk online course tersebut di periode tertentu lho...

Baca juga: Rekomendasi Podcast Lokal untuk Kamu yang #dirumahaja

Reunian antiwacana lewat video call bareng teman-teman lama
Kegiatan video/conference call sudah jadi hal yang biasa bagi kamu yang work from home. Tapi setelah jam kerja selesai, kamu yang punya kebiasaan hangout bareng teman pasti merasa ada yang kurang.

Menyiasati physical distancing yang sedang dilakukan, kamu juga bisa lho tetap ngobrol dan saling berbagi candaan lewat video call dengan teman-teman. Coba hubungi teman-teman lama yang kamu sudah dikangenin, atau bisa juga ajak video call anggota geng sekolahmu yang selalu gagal ketemuan karena waktunya gak pernah pas. Pasti seru deh, temu kangen virtual sekaligus berhasil mengusir kesepian kamu di rumah.

Lakukan hal yang selama ini tertunda dan eksplorasi hal baru
Masa pandemi COVID-19 yang belum bisa diperkirakan kapan meredanya ini bisa juga kamu manfaatkan untuk melakukan berbagai rencana kegiatan di rumah yang selalu tertunda. Misalnya, membereskan lemari pakaian dan menyortir baju-baju yang sudah gak kamu gunakan lagi, atau mengubah tata letak barang-barang dan furnitur di rumah.

Buat kamu yang suka menunda hobi karena gak punya waktu cukup, sekarang saatnya kamu mulai melakukannya lagi. Menulis jurnal atau buku, melukis atau membuat karya seni lainnya, berkebun, bahkan main alat musik dan bikin cover lagu.

Selain itu, banyaknya waktu luang di rumah bisa kamu isi juga dengan melakukan aktivitas yang belum pernah kamu coba sebelumnya, mungkin membuat handicraft yang unik dan simpel atau menyulam bisa jadi kegiatan rumahan yang cukup menantang?

Baca juga: 6 Tindakan Preventif untuk Mewaspadai Coronavirus

Sekarang, dengan melakukan tips-tips di atas, semoga rasa kecewa karena banyak rencana gagal bisa tergantikan dengan melakukan hal menyenangkan lainnya di rumah. Walaupun keadaan pandemi ini bikin aktivitas terbatas, tapi lebih baik kita jaga keselamatan diri dan orang lain dengan tetap #dirumahaja ya!

Belum punya Jenius untuk memudahkan aktivitas keuanganmu selama #dirumahaja? Download dan aktivasi akun Jenius kamu di sini. (Mayasti Nastiti)

Bagikan
Image
Image
Image
Image
Image
Image

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius