Bagikan
Highlight Cover
Simpler Life

Hadiah-Hadiah yang Perlu Disiapkan

Dipublikasikan tanggal: November 25, 2019  |  Ditulis oleh: Claudia Von Nasution
Banyak orang sudah membuat budgeting pengeluaran. Tapi pada saat butuh memberikan hadiah atau kado, kebanyakan orang masih kelabakan karena ternyata belum ada budget-nya. Memberikan hadiah memang gak wajib, tapi ada kebahagiaan tersendiri saat dapat menyiapkan dan memberikan hadiah untuk yang terkasih. Nah, biar gak mengganggu cashflow, kamu selalu bisa mempersiapkannya dari jauh-jauh hari.

Apa saja sih hadiah-hadiah yang mungkin perlu kamu siapkan? Coba Jenius buatkan daftarnya ya.

1. Hadiah Ulang Tahun
Kalau dihitung-hitung, ada saja yang berulang tahun setiap bulannya. Masih mending kalau sebulan hanya satu orang. Terkadang, banyak keluarga-teman-kerabat yang berulang tahun pada bulan yang sama! Untuk itu, alangkah baiknya bila kamu membuat catatan atau menandai kalender, kapan saja ulang tahun orang terdekat dan tersayang. Karena tanggal ulang tahun gak pernah berubah, seharusnya kamu gak perlu bingung “mengambil” uang dari mana untuk membeli kado mereka. Menyiapkan kado ulang tahun untuk orang tersayang justru bisa sangat menyenangkan karena kamu bisa menyicil budget kado mulai dari beberapa bulan sebelumnya.

Baca juga: 4 Cara Buat Ulang Tahun Lebih Bermakna

Selain berbentuk barang fisik yang memang dibutuhkan mereka yang berulang tahun, kamu bisa memberikan hadiah berupa apps dari toko aplikasi atau lagu/album dari toko musik digital. Ada banyak aplikasi berbayar dan album menarik yang bisa kamu pilih sesuai dengan profil orang yang mau kamu berikan hadiah. Misalnya, aplikasi atau skins dan aksesoris game untuk adik yang gamers, album terbaru dari penyanyi dan grup band favorit sahabatmu, atau aplikasi pengatur keuangan untuk pasanganmu. Gak perlu sesuatu yang terlalu mahal, yang penting bermakna dan sesuai dengan kebutuhan atau keinginan mereka.

Baca juga: Transaksi Online Lebih Mudah dan Aman dengan e-Card Jenius

2. Hadiah Pernikahan
Ketika menerima undangan dari teman-teman yang akan menikah, banyak orang langsung “panik”, apalagi jika beberapa undangan datang pada waktu bersamaan. Karena itu berarti, amplop atau angpau yang perlu disiapkan jadi banyak! Hadiah pernikahan yang paling mudah dan anti repot adalah uang, tapi kadang besarannya bisa membuat kamu dilema. Berapa sih angka yang wajar untuk ngamplopin?

Pertama-tama, bertanya kepada teman untuk dijadikan referensi boleh saja dilakukan. Tapi kamu gak harus mengikuti 100% ya. Kamu bisa menyesuaikan nominalnya dengan kondisi keuanganmu, juga tingkat kedekatan dengan pengantin. Selain itu, ada baiknya bila kamu mem-budget-kan setiap bulan—meskipun gak ada undangan pernikahan pada bulan tersebut. Sehingga kapan pun ada undangan tiba-tiba, kamu tinggal menariknya dari x-Card tempat kamu menyisihkan budget hadiah tersebut.

3. Hadiah Perayaan Khusus
Banyak jenis perayaan khusus yang dirayakan banyak orang, seperti Hari Kasih Sayang (Valentine’s Day), juga Hari Ayah atau Hari Ibu. Meski perayaannya hanya setahun sekali, kadang budget hadiah untuk hari spesial-hari spesial ini bisa lebih besar daripada perayaan lain. Apalagi saat ini harga buket bunga, hadiah populer perayaan khusus, cukup besar. Saat menentukan hadiah, kamu bisa menyesuaikan dengan karakter pasanganmu terlebih dahulu. Biar lebih pas dan istimewa.

4. Hadiah Hari Besar atau Hari Libur
Memilih dan belanja untuk hadiah hari besar seperti Natal biasanya sangat menyenangkan. Menyambut hari Natal dan tahun baru, semua pusat perbelanjaan dan e-commerce pasti membuat program khusus. Berbagai jenis promo dan diskon besar-besaran sudah dinantikan oleh banyak shopaholic.

Nah, periode ini merupakan saat yang tepat untuk kamu membeli hadiah-hadiah yang kamu perlukan! Buatlah daftar nama yang perlu kamu siapkan hadiahnya. Setelah itu, kamu bisa mulai mencari ide kado apa yang pas untuk mereka. Saat promo dimulai, kamu tinggal membeli dan menyesuaikannya lagi dengan stok agar gak perlu buang waktu untuk berpikir di tempat belanja.

Baca juga: 5 Inspirasi Parsel Spesial Lebaran untuk Berbagi Kebahagiaan

Ada cukup banyak hadiah yang biasanya diberikan dalam setahun. Mulai dari hadiah annual—seperti hadiah ulang tahun, hingga yang occasionally—seperti hadiah pernikahan. Nah, hadiah annual ini walaupun judulnya "tahunan", sebenarnya hadir beberapa kali dalam setahun, dan kalau dijumlahkan pun nominalnya gak sedikit.

Gak ada salahnya menyisihkan budget khusus untuk berbagi kebahagiaan. Pada praktiknya, kamu juga bisa sekalian mengasah kecermatan dalam mempersiapkan budget khusus. Cara termudah adalah menentukan dan menabung khusus untuk hadiah yang membutuhkan budget lebih besar sejak jauh-jauh hari, seperti kado spesial untuk orangtua atau anak. Sementara untuk hadiah lainnya, kamu dapat menyisihkan sejumlah uang setiap bulannya setelah menerima gaji atau pendapatan lainnya dalam sebuah x-Card. Sehingga kapan pun dibutuhkan, kamu tinggal mengambilnya dari x-Card tersebut.

Namun, perlu diingat, jika memang sedang ada kebutuhan lain, jangan paksakan dirimu untuk menyiapkan kado. Kamu bisa menggantinya dengan voucher atau pengalaman khusus sebagai token of appreciation. Misalnya, memberikan “voucher” yang berhubungan dengan kemampuan kamu—seperti voucher membuatkan ilustrasi khusus untuk kamu yang hobi menggambar atau voucher financial checkup untuk kamu yang punya background financial planning.

Belum punya Jenius untuk menyiapkan budget hadiah-hadiah spesialmu? Download dan aktivasi sekarang.

Bagikan
Image
Image
Image
Image
Image
Image

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius