Bagikan
Highlight Cover
Jenius di Rumah, Simpler Life

Rekomendasi Podcast Indonesia untuk Kamu yang #dirumahaja

02 April 2020  |  Penulis: Claudia Von Nasution
Selama #dirumahaja untuk mendukung imbauan melakukan physical distancing dari pemerintah, mood teman Jenius pasti naik-turun dan bisa berubah setiap saat!

Ada waktunya kamu punya mood untuk binge-watch film dan serial di aplikasi streaming, setelah itu ada waktunya kamu gak pengin ngapa-ngapain. Ada waktunya kamu mau santai saja dengan duduk dan ngopi di teras, tapi ada juga saat-saat kamu pengin dengar obrolan seru.

Nah, kalau di perjalanan biasanya kan kamu bisa dengar radio, sementara selama di rumah saja kamu bisa dengar podcast-podcast menarik lho! Apalagi setahun belakangan ini banyak banget podcast muncul, termasuk yang lokal. Mulai dari podcast hiburan yang jenaka, hingga podcast yang informatif dan penuh inspirasi.

Selain itu, enaknya podcast, kamu bisa pilih sendiri topik yang lagi pengin didengarkan dan juga bebas atur waktu kapan mau mendengarkannya. Gak ada lagi deh yang namanya kelewatan jam siaran tertentu.

Jenius dan para Co.Creators punya beberapa rekomendasi podcast nih yang bisa teman Jenius dengarkan di rumah. Coba cek deh, siapa tau ada yang cocok dengan selera kamu.

Baca juga: Empat Aplikasi Hiburan Rekomendasi Jenius

Podcast Hiburan
Mau dengar obrolan yang ringan-ringan aja setelah jam kerja di rumah? Teman Jenius butuh hiburan yang bisa bikin ketawa-ketawa? Jangan ragu untuk dengarkan podcast-podcast ini:

  1. Rapot—RezaAnkaRadhiniAbigail Potkes, yang berisi obrolan sehari-hari tentang beragam topik yang sungguh sederhana tapi relatable dan mengena! Buat anak 90-an dan 2000-an, wajib dengar Rapot episode Azab Nonton Sinetron dan Adiksi Idol Fantasi untuk bernostalgia.


  2. Podkesmas—Podcast Kesehatan Masyarakat. Kalau diibaratkan program TV, Podkesmas ini sih podcast all-star edition! Soalnya, beberapa (mantan) penyiar prime time yang laki-laki ngumpul di satu podcast ini. Obrolannya sudah pasti “laki” banget, dan gak disensor!

  3. YOLO dari Ruang Siar Juara. Tiga penyiar radio yang sepantaran, tapi dengan karakter berbeda, berkumpul untuk ngobrolin topik-topik umum yang dibahas dari sudut pandang masing-masing. Episode yang bisa kamu coba dengarkan terlebih dahulu: Budak Cinta alias Bucin dan Money Money Money.
Karena podcaster (orang yang mengisi podcast) dari podcast hiburan ini kebanyakan adalah anak-anak radio ibukota, jangan heran kalau kualitasnya ok punya. Beda dengan siaran, obrolan mereka di podcast gak terpotong lagu. Saking serunya, kita berasa lagi nongkrong sama teman dekat yang biasa main (atau bergosip) bareng. Bakal puas deh pokoknya!

Baca juga: Melihat Kembali Deretan Film Ikonik Indonesia

Podcast Pengembangan Diri dan Inspiratif
Buat teman Jenius yang pengin menghabiskan waktu selama #dirumahaja untuk menambah ilmu dan meng-upgrade diri, ada juga nih podcast-podcast yang bisa kamu dengarkan.

  1. Kalau kamu lagi pengin cari informasi lebih soal financial planning dan investasi, kamu bisa cek Podcast Diskartes, Anak Muda Miliarder, Finfolk, dan Audio Playbook Jouska.

  2. Butuh inspirasi dari berbagai bidang agar pengetahuan semakin kaya? Coba dengarkan Thirty Days of Lunch yang setiap episodenya membahas hal berbeda, mulai dari karier, keuangan, investasi, hingga content and digital marketing. Episode rekomendasi Jenius: Investing in Your 20s with Aakar, Catwomanizer on High Income Women & Relationship, dan The Conversation with GaryVee.


  3. Podcast yang inspiratif gak harus pembahasan serius bersama para pakar. Coba saja dengar dua podcast ini: Curhat Babu (Curhat Bapak & Ibu) dan Obrolan Babibu. Kadang seru juga lho dengar pengalaman pasangan lain soal hubungan suami-istri dan parenting. Buat yang single bisa belajar sebelum lanjut ke jenjang selanjutnya, buat yang sudah menikah bisa “ketemu teman seperjuangan” dan bertukar tips. We're in this together!
Baca juga: Money Dates bersama Pasangan untuk Mengatur Keuangan Keluarga

Podcast Seni dan Literasi
Apakah kamu penikmat seni dan literasi? Apakah kamu pengin menikmati obrolan seru soal seni dan literasi, termasuk karya seniman dan penulis lokal? Kalau jawabannya “ya”, coba deh dengarkan tiga podcast ini.

  1. Podluck Podcast yang ngebahas tentang dunia seni—ilustrasi, film, musik, dan literasi. Serunya, banyak pengetahuan baru soal seni yang bisa didapatkan dari podcast ini!

  2. Podcast Buku Kutu yang rajin mengulas buku baru dan mewawancarai penulis bukunya langsung. Di Podcast Buku Kutu, podcaster akan mengulas buku yang baru saja dia baca. Khusus untuk yang lokal, penulisnya juga sering hadir lho.

  3. Coming Home with Leila Chudori yang secara reguler mengundang tokoh-tokoh dan penulis-penulis kondang Indonesia untuk membahas pilihan buku mereka. Mau tau buku apa yang dibaca Mira Lesmana, Dian Sastrowardoyo, Ivan Lanin, atau Joko Pinurbo? Jangan lupa cek podcast ini!

Baca juga: Tips Belanja Buku untuk Para Kutu Buku

Dari segitu banyaknya podcast yang sudah disebutkan, mana sih yang sudah pernah kamu dengar dan jadi favoritmu juga? Kalau teman Jenius juga punya rekomendasi podcast lain, share juga dong di sini—biar referensi teman Jenius yang lain makin banyak!

Mau dengar lebih banyak podcast seru dari para pakar di aplikasi khusus podcast? Gak mau keasyikan dengar podcast-nya terpotong oleh iklan dari aplikasi layanan streaming musik? Kamu bisa dengan mudahnya daftar dan bayar biaya berlangganannya pakai Kartu Debit Jenius lho.


Belum punya Jenius untuk bayar-bayar paket berlangganan seperti ini? Download dan aktivasi sekarang.

Bagikan
Image
Image
Image
Image
Image
Image

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius