Bagikan
Highlight Cover
Simpler Life

Peliharaanku Sayang, Peliharaanku Butuh Banyak Uang

Dipublikasikan tanggal: December 4, 2019  |  Ditulis oleh: Claudia Von Nasution
Lisa adalah penyayang hewan, khususnya kucing. Sejak kecil, dia sudah memelihara beberapa ekor kucing hasil adopsi di rumah. Ketika sudah dewasa dan memutuskan tinggal sendiri, Lisa yang gak bisa lepas dari kucing kesayangan—Minyo, memutuskan untuk memboyong serta Minyo.

Pada bulan pertama, Lisa masih santai karena orangtuanya membekalinya dengan persediaan makanan Minyo ketika masa pindahan. Budget: Rp0.

Kemudian saat bulan kedua, Lisa mulai mengeluarkan uang untuk membeli makanan dan pasir. Lisa juga sempat membeli pet carrier untuk Minyo agar mudah dibawa ketika harus dibawa pulang-pergi ke rumah orangtuanya di akhir pekan. Budget: Rp850 ribu.

Masuk bulan ketiga, Lisa perlu merogoh kocek agak dalam karena persediaan vitamin Minyo habis dan perlu dibeli. Selain itu, Minyo juga sudah perlu di-grooming. Budget: Rp700 ribu.

Pada bulan keempat, Lisa sangat kaget melihat nominal tagihan yang muncul pada saat Minyo sakit dan harus bolak-balik ke dokter hewan setiap minggu. Budget: Rp2,5 juta.

Setelah tinggal dan merawat sendiri Minyo, Lisa baru sadar bahwa pengeluaran untuk memelihara hewan gak bisa dibilang sedikit. Pengeluaran tersebut juga akan semakin membesar bila hewan peliharaan punya kondisi khusus. Kejadian sakitnya Minyo membuat Lisa kapok sudah abai atas budget yang dibutuhkan Minyo.

Baca juga: Financial Checkup: Single Tapi Gak Bisa Nabung

Teman Jenius, apakah kamu juga punya hewan peliharaan di rumah? Apakah kamu sadar pengeluaran apa saja yang perlu kamu siapkan setiap bulannya?

Pengeluaran Pencinta Kucing dan Anjing
Hewan Peliharaan

Hal paling dasar yang dibutuhkan makhluk hidup adalah makanan. Layaknya makanan manusia, biaya makanan hewan peliharaan pun relatif—apakah makanannya jenis basah atau kering, berapa kali makanan tersebut dibutuhkan dalam sehari, perlukah diberikan susu, dan apakah ada tambahan camilan yang diperlukan? Biaya yang dibutuhkan untuk makanan kucing dan anjing cukup bervariasi, tergantung jenis hewan, juga ukuran fisiknya. Apabila kucing atau anjing kamu berjenis dan berkebutuhan khusus, siap-siap juga dengan biaya makanan yang pasti akan lebih tinggi dari makanan standar. Kisaran budget yang dibutuhkan: Rp100.000-Rp600.000 per bulan.


Selain makanan, biaya bulanan yang perlu disiapkan adalah biaya grooming. Grooming perlu dilakukan secara rutin agar kucing dan anjing selalu bersih dan wangi, dan mencegah kucing terkena penyakit kulit. Frekuensi grooming bisa disesuaikan dengan lingkungan dan kebiasaan bermain hewan. Jika kucingmu sering bermain di luar dan kotor-kotoran misalnya, tentu perlu di-grooming lebih sering. Agar hemat, kamu juga bisa berlatih meng-grooming peliharaanmu di rumah dan menyiapkan seluruh perlengkapan wajib untuk grooming seperti yang ada di klinik hewan. Kisaran budget yang dibutuhkan: Rp100.000-Rp500.000 per bulan.


Pengeluaran yang gak pasti tapi jika diperlukan biayanya akan besar sekali adalah biaya kesehatan. Banyak teman Jenius yang menceritakan pengalaman mereka merogoh kocek hingga jutaan rupiah saat hewan peliharaannya sakit dan perlu mengunjungi dokter secara rutin. Untuk itu, penting sekali mengumpulkan dana darurat khusus peliharaan kamu ya, jaga-jaga ada sesuatu yang gak diinginkan terjadi. Kalau bisa, akan lebih baik juga bila kamu rutin memberikan vitamin dan vaksin agar kucing dan anjingmu terjaga kesehatannya. Kisaran budget yang dibutuhkan: Rp200.000-Rp400.000 untuk vaksin per periode, jutaan rupiah saat sakit dan sedang berobat jalan.

Ada beberapa biaya lain yang mungkin timbul tapi masuk kategori tambahan, di antaranya mainan, kandang, biaya training jika ingin diajari skill khusus, dan day care—khususnya jika kamu sibuk dan sering ke luar kota. Selain itu, di kota-kota besar, sudah banyak tempat yang pet friendly—ada mal yang rutin membuat event khusus untuk anjing, juga taman khusus yang memiliki area khusus untuk anjing bermain. Untuk itu, rajin-rajin cek biaya kebutuhan dan menyesuaikannya dengan kemampuan finansialmu ya.

Pengeluaran untuk Hewan Peliharaan Lainnya
Selain kucing dan anjing, ada banyak hewan peliharaan lain yang menjadi pilihan banyak teman Jenius. Ada burung, iguana, sugar glider, kelinci, hamster, kura-kura, dan ikan. Selain perawatannya yang mungkin lebih simple, biaya yang dibutuhkan untuk merawat beberapa jenis hewan juga cukup terjangkau. Pilihannya ada di tanganmu.

Sebagai contoh, ada teman Jenius yang berbagi cerita memelihara ular dengan biaya di bawah Rp100 ribu tiap bulan.


Siapkan Budget Khusus sebagai Bentuk Komitmen dan Rasa Cinta Kasihmu
Punya hewan peliharaan berarti siap berkomitmen untuk memastikan bahwa seluruh kebutuhan untuk merawat mereka terpenuhi, mulai dari makanan, vitamin, hingga vaksin. Buat teman Jenius yang punya hewan peliharaan, jangan lupa menyisihkan budget khusus untuk kebutuhan mereka ya! Biar kalau ada kebutuhan mereka yang habis, kamu gak perlu repot mengambil uang dari tabunganmu. Dengan tersedianya budget juga akan membuat cashflow-mu aman.

Pisahkan budget untuk peliharaan kesayanganmu menggunakan x-Card, Kartu Debit Jenius Visa tambahan, untuk membayar seluruh keperluannya. Amankan sejumlah dana setiap bulannya agar kesayanganmu selalu mendapatkan (perawatan) yang terbaik.

Baca juga: 14 Ide Amplop Uang Menggunakan x-Card

Bila saat membuat budgeting bulanan, hitungan kamu menunjukkan bahwa kamu belum mampu untuk memiliki hewan peliharaan, sebaiknya jangan dipaksa karena hanya akan membuat kamu dan hewan peliharaanmu sama-sama tersiksa. Sebelum memutuskan untuk memelihara hewan, pastikan semua kebutuhan kamu sudah terpenuhi. Jangan sampai kamu mengorbankan banyak hal yang lebih krusial untuk kehidupan dan pengembangan dirimu. Jangan sampai juga kamu berutang dan hidup kesusahan karena memaksakan diri untuk memelihara hewan.

Di sisi lain, jangan sampai rasa sayang kamu terhadap hewan peliharaan membutakan dirimu sampai mengesampingkan kebutuhanmu ya. Jika memang waktu dan budget-nya belum ada, lebih baik pikirkan ulang dan tunda dulu rencana mengadopsi hewan peliharaannya. Jangan cuma siap senang dengan kehadirannya, tapi harus siap juga bertanggung jawab atas kehidupan lain yang bergantung sepenuhnya kepadamu.

Baru berencana mengadopsi hewan peliharaan? Jangan lupa lakukan perhitungan dulu ya untuk kebutuhannya. Sesuaikan juga dengan kemampuan finansialmu, agar kamu terhindar dari penyesalan dan perasaan terbebani nantinya.

Belum punya Jenius untuk membantumu menyisihkan budget buat hewan peliharaan kesayangan? Download dan aktivasi sekarang.

Bagikan
Image
Image
Image
Image
Image
Image

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius