Pack Your Bag: Tetap Gaya Saat Traveling

Campaign
writter Fifi Nurfitrianti

Siapa yang suka sama kegiatan wajib sebelum traveling yakni menyiapkan barang bawaan alias packing? 🧳

Packing adalah aktivitas yang seru karena kamu bisa merencanakan pakai baju apa hari ini, besok, sampai kembali lagi ke rumah setelah traveling. Memilih outfit terbaik tentu wajib dilakukan, biar Instagram Feed tetap kece! 😉

Tetapi, bagi sebagian orang, mungkin packing justru bikin pusing. Karena kapasitas koper yang terbatas, maka kamu harus cermat bawa baju dan perlengkapan yang penting. Jadi bingung deh bagaimana bisa tetap stylish dengan baju yang itu-itu saja. 😣

Untuk itu, Jenius mau kasih kamu tips packing biar bisa tetap gaya saat traveling dan bebas dari bagasi yang overweight. Sontek insight-nya di sini yuk!

Riset Negara Tujuan

Riset destinasi tujuan gak hanya akan membantumu mengetahui transportasi atau akomodasi di negara tujuan, tapi juga memilih baju-baju yang akan dibawa.

Kamu bisa memulai dengan cari tau musim dan kondisi cuaca di sana biar tau baju apa yang mau dipakai—contohnya butuh baju tipis atau justru baju hangat. Gak mau kan saltum alias salah kostum gara-gara kurang riset?

Baca juga: Tips Traveling Aman dan Nyaman ke Luar Negeri Bagi Perempuan

Bawa Pakaian yang Cermat dan Efisien

Agar barang bawaan tetap ringan, kamu perlu membawa pakaian yang dirasa cermat dan efisien. Prinsip “less is more” sangat dibutuhkan setiap pergi traveling, apalagi saat ke luar negeri. Misalnya, bawa pakaian dengan model dan bahan yang bisa dipakai berulang kali.

Prinsip ini bisa diterapkan di beberapa outfit yang akan dikenakan selama traveling, misalnya celana. Kamu cukup bawa 2-3 potong celana saja karena celana bisa dikenakan berulang kali.

Untuk melengkapinya, kamu bisa bawa atasan lebih banyak biar bisa punya outfit yang bervariasi walaupun pakai celana yang sama. Atau, kamu juga bisa bawa outer dan scarf multifungsi yang bakal jadi sentuhan pelengkap biar tampilanmu gak membosankan.

Baca juga: 7 Barang yang Harus Dikemas Dalam Tas Kabin Saat Naik Pesawat

Masih bingung sama pakaian apa saja yang perlu dibawa biar tetap gaya selama traveling? Jenius punya cheat list-nya nih! Simak detailnya di bawah ini ya.

Fashion Cheat List Perempuan
Pack Your Bag - Tetap Gaya Saat Traveling

Kemeja putih
Mau pakai bawahan apa pun, kemeja putih bakal melengkapi penampilanmu. Mau bergaya formal? Tinggal tambahkan celana bahan atau celana linen, dan kamu siap untuk berangkat!

Mau dipakai untuk jalan santai? Bisa kok! Kamu tinggal padu padankan dengan celana pendek warna netral seperti hitam dan khaki. Atau, kamu juga bisa bawa kemeja putih oversize untuk jadi outer yang bakal membuat penampilanmu jadi lebih chic tapi tetap classy.

Celana jeans
Jeans will never go out of style! 👖
Celana jeans memang gak pernah salah deh. Karena mau pakai atasan apa saja, mereka bakal buat penampilanmu semakin oke. Mau itu skinny jeans, straight jeans, wide-leg jeans, atau berbagai model jeans lainnya sangat cocok dan praktis untuk berbagai tujuan.

Saran dari Jenius, lebih baik bawa celana jeans tanpa robekan ya biar lebih mudah menyesuaikannya dengan acara apa pun.

Sneakers
Satu hal yang gak boleh ketinggalan saat traveling adalah sneakers. Sneakers bakal jadi sahabat kamu selama traveling karena bakal membuat kakimu nyaman saat berjalan jauh.

Upayakan membawa sneakers dengan sol yang empuk dan ringan, biar tetap nyaman saat dibawa jalan. Jangan lupa juga bawa beberapa pasang kaus kaki supaya kakimu gak lecet ya!

Kaus polos
Item berikutnya yang wajib kamu bawa saat traveling adalah kaus basic atau kaus polos. Boleh kok kaus polos berwarna atau dengan gambar, semuanya terserah sesuai preferensimu.

Kaus ini bisa kamu padu padankan dengan celana jeans atau bawahan lainnya. Biar gak membosankan, kamu bisa tambahkan beberapa aksesoris yang buat tampilanmu lebih fashionable tapi tetap effortless, seperti scarf, kalung, anting, dan lainnya.

Sweter

Walau kamu berkunjung ke negara tropis, cuaca di malam hari juga bisa jadi cukup dingin. Jadi, sweter bisa jadi item “jaga-jaga” saat temperatur sedang turun di tempat tujuan.

Kalau memang berkunjung ke negara tropis, kamu bisa bawa sweter tipis yang cukup ringan. Namun, bila kamu pergi ke negara 4 musim di luar musim dingin, upayakan bawa yang tebal untuk menghindari ketidakcocokan dengan temperatur di sana.

Biar tetap bergaya, bawa sweter dengan warna-warna netral ya, seperti hitam, putih, abu-abu, atau krem. Kemudian, tinggal dipadu padankan dengan celana jeans dan sneakers… kini kamu pun siap jalan-jalan!

Fashion Cheat List Versi Laki-laki
Pack Your Bag - Tetap Gaya Saat Traveling

Jaket

Gak hanya berfungsi sebagai outer semata, jaket bisa jadi penyelamat saat kamu kehabisan ide mau mix and match baju apa lagi. Karena kamu hanya tinggal pakai kaus polos sebagai inner, dan voila… tampilan kamu jadi beda walau dengan items yang sama.

Kamu bisa bawa jaket yang sesuai dengan gayamu, baik itu jaket jeans, jaket kulit, atau jaket parka. Oh iya, upayakan juga bawa jaket yang memiliki banyak kantung penyimpanan ya, biar kamu lebih mudah menaruh barang-barang kecil saat traveling.

Aksesoris
Mau se-basic apa pun baju yang kamu kenakan, menambahkan aksesoris bakal buat penampilanmu makin stylish. Untuk perempuan, kamu bisa bawa beberapa kalung dan anting yang berbeda model—misalnya bold dan minimalis—untuk melengkapi penampilanmu.

Scarf juga bisa jadi andalan perempuan tiap traveling, karena bakal membuat penampilanmu lebih beda. Dengan sifatnya yang multifungsi, scarf bisa dijadikan ikat kepala/bandana atau juga ikat leher. Satu benda bisa untuk semuanya! 🧣

Untuk pria, kamu bisa bawa jam tangan dan topi untuk melengkapi gayamu. Oh, jangan lupa juga untuk bawa kacamata hitam ya, biar antisilau dan makin keren saat jalan-jalan. 🕶

Psstt… topi juga bisa jadi life-hack aksesoris saat traveling biar kalau lagi bad hair day bisa tetap chic!

Tas
Selain koper, tentu kamu juga perlu bawa tas yang bisa dibawa saat mengunjungi destinasi wisata. Usahakan bawa tas yang mudah dibawa dan ukurannya ideal—gak besar atau kekecilan.

Ukuran yang ideal maksudnya adalah kamu bisa menaruh berbagai essential items, seperti smartphone, dompet, paspor, powerbank, hand sanitizer, masker, dan lainnya.

Jadi segala jenis tas, baik itu handbag, sling bag, ransel, atau tas lainnya boleh disesuaikan dengan preferensimu. Yang penting nyaman!

Makeup dan Skincare
Biar gak makan tempat, kamu bisa bawa baik makeup atau skincare versi travel size atau dipindahkan ke botol yang lebih kecil. Lalu, satukan semuanya dalam pouch tersendiri biar ringkas dan gak tercecer.

Oh iya, satu hal yang gak boleh banget ketinggalan adalah: sunscreen. Dengan banyaknya agenda jalan-jalan, sunscreen akan membuat kulitmu akan selalu terlindungi dari sinar matahari. Jangan lupa dipakai ya biar pas pulang gak belang~ 😝

Untuk perempuan, kalau bawa makeup lengkap terlalu ribet, kamu cukup bawa beberapa lipstik berbeda warna yang bisa buat penampilanmu berbeda setiap harinya. Karena lipstik bisa dengan mudahnya mengubah penampilan jadi lebih segar. Selain itu, lipstik yang sama juga bisa dipakai sebagai blush on! Cermat dan efisien, bukan?

Kartu Debit Jenius Visa

Kalau lagi jalan-jalan ke luar negeri, pasti ada kemungkinan untuk beli baju baru yang gak bisa ditemukan di Indonesia. Maka dari itu, Kartu Debit Jenius Visa adalah barang terakhir yang wajib dibawa biar kamu tetap gaya di perjalanan! 💳

Karena Kartu Debit Jenius bakal membuat transaksi selama traveling di luar negeri jadi lebih simpel, kamu juga bisa membeli dan mengaktifkan Saldo Mata Uang Asing di m-Card milikmu dan melakukan tarik tunai di ATM mana pun yang tergabung dalam jaringan Visa.

Selain itu, Kartu Debit Jenius juga bisa kamu gunakan untuk bertransaksi di berbagai merchant dalam koneksi jaringan Visa di seluruh dunia. Dilengkapi dengan fitur Visa Contactless, kini transaksi bisa lebih cepat dengan menyentuhkan kartu ke mesin EDC yang tersedia.

Kemudian, untuk setiap tarik tunai atau transaksi yang dilakukan pakai Kartu Debit Jenius di luar negeri, maka akan langsung terkonversi ke dalam rupiah dengan nilai tukar yang bersaing. Simpel, kan?

Jadi, Kartu Debit Jenius cocok banget nih buat kamu yang mau traveling ke luar negeri. Liburan pun bisa jadi lebih simpel dan menyenangkan!

Baca juga: Jenius, Solusi Transaksi Selama Traveling

Lakukan Mix and Match

Kunci dari tetap gaya saat traveling dengan bawaan ringan adalah: mix and match alias padu padan outfit. Dari baju-baju yang kamu bawa, kamu bisa mulai mengatur outfit yang akan kamu pakai per harinya.

Setelah itu, coba ambil smartphone-mu dan potret hasil mix and match baju yang sudah dipilih. Ini bisa dilakukan biar kamu gak lupa sama rencana outfit-mu dan tetap trendi selama traveling.

Tips lain biar barang bawaan gak berat adalah: laundry. Kamu bisa coba untuk laundry baju-baju yang kamu bawa/beli di laundry hotel atau jasa laundry terdekat.

Jadi, walaupun cuma bawa sedikit pakaian, penampilanmu bakal tetap wangi dan bergaya. Bawaan tetap ringan dan gak pakai pusing!

Baca juga: Aplikasi di Smartphone yang Wajib Kamu Miliki Saat Traveling ke Luar Negeri

Nah, itu dia beberapa tips packing yang gak boleh kamu lupakan saat traveling ke luar negeri. Selain fashion cheat list di atas, kamu juga bisa kok membawa pakaian lainnya untuk melengkapi penampilanmu. Apalagi kalau kamu memang berniat belanja baju di sana, maka baju yang dibawa bisa lebih dikit biar bagasimu gak overweight!

Jadi, sudah siap traveling ke luar negeri bersama Jenius?

Artikel lainnya