Kartu-kartu Jenius

Kamu bisa memiliki 1 m-Card, 1 e-Card, dan 3 x-Card untuk masing-masing keperluan spesifik yang bisa kamu atur sendiri, mulai dari transaksi online dan offline atau tarikan tunai di mana saja.

Apa itu m-Card?

m-Card adalah kartu debit utama Jenius yang dapat digunakan untuk transaksi apa pun (termasuk online) dan tarik tunai di mana pun. Buat transaksimu semakin cepat dengan memanfaatkan fitur Visa payWave.

m-Card akan dikirim ke alamatmu setelah kamu melakukan registrasi dan aktivasi akun dari Jenius app di smartphone.


Jika kamu registrasi di booth Jenius yang ada di salah satu lokasi berikut, kamu akan mendapatkan m-Card secara otomatis.



Setelah kamu memiliki m-Card, buka Jenius app kemudian pilih menu Card Center dan klik Aktifkan agar kartumu dapat digunakan.

Dari menu Card Center di Jenius app, kamu bisa mengelola m-Card dan melakukan hal berikut:

  • Ubah limit belanja harian,
  • Ubah limit penarikan harian di ATM,
  • Lihat daftar histori transaksi,
  • Ubah nomor PIN,
  • Blokir sementara,
  • Blokir permanen dan
  • Buka blokir kartu.

Sebagai kartu Debit Visa Internasional, kamu bisa menggunakan m-Card untuk tarik tunai dan transaksi di seluruh penjuru dunia.

Dengan m-Card kamu bisa mempercepat proses transaksi dengan memanfaatkan vitur Visa payWave. Sekarang kamu bisa transaksi dengan menempelkan kartu ke mesin EDC tanpa perlu memberikan nomor PIN atau tanda tangan.

Uang yang tersimpan di m-Card (atau Saldo Aktif) mendapatkan bunga 1% per tahun.


Apa itu e-Card?

e-Card adalah kartu debit virtual yang dapat digunakan untuk transaksi online di seluruh merchant Visa. Bagi kamu yang selama ini kesulitan transaksi online karena tidak memiliki kartu kredit, e-Card merupakan solusi untukmu.

Setelah akunmu aktif, kamu akan mendapatkan e-Card di Jenius app secara otomatis. Agar e-Card kamu bisa digunakan, pilih menu Card Center kemudian klik Aktifkan.

Dari menu Card Center di Jenius app, kamu bisa mengelola e-Card dan melakukan hal berikut:

  • Setor uang dari Saldo Aktif ke e-Card,
  • Tarik uang dari e-Card dan mengembalikannya ke Saldo Aktif,
  • Ubah limit belanja,
  • Lihat daftar histori transaksi,
  • Blokir sementara,
  • Blokir permanen dan
  • Buka blokir kartu.

Untuk melindungi keamananmu, 16 nomor e-Card dan 3 angka kode CVV dibuat tersembunyi. Untuk mengaksesnya, pilih menu Card Center di Jenius app, pilih e-Card, pilih Lihat Kode CVV dan masukkan password Jenius kamu.

Biarpun e-Card dapat kamu fungsikan sebagai pengganti kartu kredit, e-Card tidak dapat digunakan untuk cicilan.

ang yang tersimpan di e-Card mendapatkan bunga 1% per tahun.


Apa itu x-Card?

x-Card adalah kartu debit tambahan yang dapat dimanfaatkan untuk mengatur kebutuhan istimewa yang bebas kamu tentukan sendiri. Kamu bisa menggunakan x-Card untuk hangout, belanja bulanan, biaya tranportasi, dll. Selain dipakai sendiri, kamu dapat memberikan x-Card ke sosok yang dipercaya.

Kamu dapat memesan dan membuat x-Card langsung dari menu Card Center dari Jenius app di smartphone. Kamu bebas menentukan warna dan nama untuk x-Card yang akan dibuat. Pembuatan x-Card memakan waktu sekitar 2 s/d 3 hari kerja. Pastikan alamatmu telah sesuai agar x-Card bisa cepat sampai tujuan.

Setelah mendapatkan x-Card, aktifkan kartumu dari Jenius app dengan mengakses menu Card Center, pilih x-Card, masukkan kode CVV yang tertera di kartumu, tentukan 6 angka PIN, kemudian klik Aktifkan. Sebelum digunakan, pastikan kesesuaian nomor e-x-Card yang tertera di kartu dan yang tertera di Jenius app.

Dari menu Card Center di Jenius app, kamu bisa mengelola x-Card dan melakukan hal berikut:

  • Setor uang dari Saldo Aktif ke x-Card,
  • Tarik uang dari x-Card dan mengembalikannya ke Saldo Aktif,
  • Ubah limit belanja,
  • Lihat daftar histori transaksi,
  • Blokir sementara,
  • Blokir permanen,
  • Hapus kartu dan
  • Buka blokir kartu.

Kamu dapat membuat 3 x-Card dengan pilihan warna yang sama ataupun berbeda. x-Card tersedia dalam 3 pilihan warna: Breezy Blue, Fresh Green, dan Deep Purple.

Kamu bebas memberikan dan menentukan nama x-Card tapi nama yang kamu pilih tidak akan ditampilkan di kartu fisik x-Card.

Kamu bisa memesan/membuat 3 x-Card sekaligus pada waktu yang bersamaan, tapi ada kemungkinan pengiriman x-Card dilakukan pada hari berbeda.

Kamu bisa memberikan x-Card ke sosok yang dipercaya seperti anak, sopir, asisten rumah tangga, dll.

x-Card merupakan kartu Debit Visa internasional yang bisa digunakan untuk tarik tunai dan transaksi di seluruh dunia. 


Dengan x-Card kamu bisa mempercepat proses transaksi dengan memanfaatkan vitur Visa payWave. Sekarang kamu bisa transaksi dengan menempelkan kartu ke mesin EDC tanpa perlu memberikan nomor PIN atau tanda tangan.

Uang yang tersimpan di x-Card mendapatkan bunga 1% per tahun.


jenius GNP

Gerbang Pembayaran Nasional (GPN)

Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) adalah sebuah sistem yang mengintegrasikan seluruh instrumen pembayaran (ATM, kartu debit, kartu kredit, uang elektronik) dan kanal pembayaran (ATM, mesin Electronic Data Capture [EDC], agen, dan kanal pembayaran lainnya) di Indonesia.

Sebagai bentuk dukungan atas upaya Bank Indonesia dalam merealisasikan infrastruktur pembayaran yang lebih efisien, andal, dan aman, Jenius memberi fasilitas berupa kartu debit Jenius x-Card GPN bagi seluruh nasabah.

Kamu bisa memesan dan membuat x-Card Jenius GPN langsung dari menu Card Center di Jenius app. Proses pembuatan x-Card Jenius GPN memakan waktu sekitar 2 s/d 3 hari kerja. Pastikan alamatmu sudah sesuai agar kartu bisa cepat sampai tujuan.

Setelah mendapat x-Card Jenius GPN, aktifkan kartumu dari Jenius app melalui menu Card Center, pilih x-Card, masukkan kode CVV yang tertera di kartumu, buat PIN yang terdiri dari 6 angka, kemudian klik Aktifkan. Sebelum digunakan, pastikan nomor x-Card Jenius GPN yang tertera di kartu dan yang tertera di Jenius app sudah sesuai.

Dengan adanya GPN, nasabah akan lebih mudah untuk melakukan transaksi di berbagai tempat di Indonesia. Kartu ATM/debit berlogo GPN yang dimiliki nasabah dapat digunakan atau diterima di semua mesin ATM, Electronic Data Capture (EDC), atau terminal pembayaran merchant/pedagang di Indonesia.

Apa yang dimaksud dengan GPN?

Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) atau National Payment Gateway (NPG) adalah sebuah sistem untuk mengintegrasikan seluruh alat pembayaran maupun mesin/perangkat transaksi pembayaran di Indonesia.

Dengan adanya GPN, setiap alat transaksi pembayaran (kartu ATM, kartu debit, kartu kredit, uang elektronik) menjadi saling terhubung dengan mesin/perangkat transaksi pembayaran (ATM, mesin Electronic Data Capture [EDC], agen, kanal pembayaran lainnya) sehingga memungkinkan setiap pemilik kartu debit dari bank tertentu bisa bertransaksi melalui mesin ATM atau perangkat Electronic Data Capture (EDC) bank apa pun di Indonesia.

GPN menghapus batasan yang ada selama ini terjadi, di mana untuk mengakses kebutuhan perbankan maupun transaksi hanya bisa dilakukan pada bank yang sama/melalui mesin dengan logo yang sama dengan yang tertera pada kartu.

Apa perbedaan antara transaksi pembayaran dengan GPN dan sebelum GPN?

Sebelum adanya GPN, alat transaksi pembayaran tertentu belum tentu terhubung dengan alat transaksi lainnya.

Misalnya, kartu ATM tertentu hanya bisa ditransaksikan pada mesin ATM yang logonya terdapat pada kartu ATM tersebut. Seperti kartu ATM dengan logo Prima, tidak bisa ditransaksikan pada mesin ATM yang tidak memiliki logo ATM Prima. Atau kartu debit yang berlogo Visa, tidak bisa bertransaksi melalui mesin EDC yang hanya menerima kartu debit berlogo ATM Prima saja.

Dengan GPN, tidak terdapat lagi batasan-batasan tersebut. Pemilik kartu debit bank apa saja bisa bertransaksi melalui mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) atau perangkat Electronic Data Capture (EDC) mana pun. GPN akan menghapus batasan yang ada selama ini terjadi, di mana untuk mengakses kebutuhan perbankan maupun transaksi hanya bisa dilakukan pada bank yang sama.

Apakah nasabah harus mengganti kartu debit yang ada dengan kartu debit yang baru berlogo GPN agar bisa melakukan transaksi?

Pada dasarnya nasabah tidak harus mengganti kartu debit yang ada dengan kartu debit yang baru berlogo GPN agar bisa melakukan transaksi. Kartu berlogo prinsipal Internasional, seperti Visa dan MasterCard yang nasabah miliki, bisa digunakan untuk bertransaksi karena setiap transaksi pembayaran di Indonesia yang bersifat tatap muka (face-to-face) sudah diproses melalui kanal GPN, baik yang menggunakan kartu debit berlogo GPN maupun berlogo prinsipal Internasional.

Namun, mulai 1 Januari 2022, Bank Indonesia mewajibkan nasabah untuk memiliki paling tidak/paling sedikit/minimal 1 (satu) kartu debit berlogo GPN dari seluruh rekening yang dimilikinya.

Jika nasabah sudah memiliki minimal 1 (satu) kartu debit berlogo GPN dari seluruh rekening yang dimilikinya dan nasabah tidak bersedia menambah kartu debit berlogo GPN, maka nasabah dapat mengisi dan menandatangani surat pernyataan dari bank bahwa nasabah sudah memiliki kartu berlogo GPN di bank lain.

Bagaimana fungsi kartu debit yang berlogo prinsipal Internasional, seperti Visa dan MasterCard yang selama ini digunakan? Apakah nasabah sudah tidak bisa menggunakan kartu debit berlogo Visa atau MasterCard lagi?

Kartu berlogo prinsipal Internasional, seperti Visa dan MasterCard yang nasabah miliki, masih bisa digunakan karena setiap transaksi pembayaran di Indonesia yang bersifat tatap muka (face-to-face), sudah diproses melalui kanal GPN, baik yang menggunakan kartu debit berlogo GPN maupun berlogo prinsipal Internasional.

Selain itu, kartu berlogo prinsipal Internasional, seperti Visa dan MasterCard, tetap digunakan untuk transaksi pembayaran Internasional atau antar negara (cross-border).

Apakah kartu debit berlogo GPN memiliki biaya penggantian?

Biaya penggantian kartu debit mengikuti biaya penggantian kartu umum yang selama ini berlaku.

Jenius

Pemegang Kartu Debit Jenius memiliki kesempatan sebanyak 1 kali per tahun untuk meminta penggantian kartu debit tanpa biaya. Setelah kesempatan itu dipakai, pemegang Kartu Debit Jenius akan dikenakan biaya Rp25.000 untuk setiap penggantian kartu.

Apakah biaya administrasi bulanan kartu debit berlogo GPN sama seperti kartu debit yang lama?

Sama seperti Kartu Debit Jenius yang lain, x-Card Jenius GPN tidak dikenakan biaya administrasi bulanan.

Bagaimana dengan transaksi antar bank? Apakah biaya yang dikenakan sama dengan biaya transaksi antar bank yang dikenakan selama ini?

Biaya transaksi antarbank tetap berlaku sama dengan biaya transaksi antarbank yang dikenakan selama ini.

Apakah kartu debit berlogo GPN bisa digunakan di luar negeri?

Kartu debit berlogo GPN hanya bisa digunakan untuk transaksi pembayaran di Indonesia. Untuk transaksi di luar negeri, kamu dapat menggunakan Kartu Debit Jenius berlogo Visa (m-Card atau x-Card).

Apakah kartu debit berlogo GPN bisa digunakan untuk transaksi online?

Untuk saat ini kartu debit berlogo GPN tidak bisa digunakan untuk transaksi online. Kamu tetap bisa menggunakan Kartu Debit Jenius Visa (m-Card, e-Card atau x-Card) untuk melakukan transaksi online.

Kita ada dimana-mana!

Jenius terkoneksi dengan jaringan VISA di seluruh dunia dan jaringan ATM nasional.