Bagikan
Highlight Cover
Teman Jenius, Simpler Life, Campaign

Memilih Waktu dan Tujuan Traveling Sesuai Budget

22 January 2020  |  Penulis: Claudia Von Nasution
“Kak, kok bisa sih sering-sering pergi traveling? Memangnya dalam setahun dapat cuti berapa hari?”

Buat kamu yang masih bingung bagaimana memaksimalkan jatah cuti, kamu bisa coba berstrategi dengan cara mengombinasikan akhir pekan, hari libur nasional, dan jatah cuti.

Kalender Libur

Nah, setelah dihadapkan pada empat opsi tipe traveling—dekat dan sebentar, dekat dan agak lama, jauh dan cukup lama, jauh dan sangat lama—saatnya kamu mempertimbangkan kebutuhan budget yang berbeda-beda. Hal ini tentu perlu dipertimbangkan sebelum kamu mengajukan cuti ke atasan dan mulai menabung biaya yang dibutuhkan. Coba cek yuk rekomendasi tujuan traveling dari Jenius yang bisa kamu pertimbangkan berdasarkan waktu, jarak, dan budget-nya.

Traveling dekat dan sebentar dengan budget Rp3 jutaan
Traveling gak harus jauh dan mahal. Untuk menyegarkan pikiran dari rutinitas tanpa pergi jauh dan tanpa budget yang terlalu besar, kamu bisa memanjakan diri dengan melakukan staycation di kota terdekat—misalnya ke Bogor bagi warga Jakarta, atau ke Garut bagi warga Bandung. Gak pengin liburan cuma di hotel? Buat yang tinggal di Pulau Jawa, kamu juga bisa traveling saat ada long weekend ke Bandung/Semarang/Yogyakarta/Malang lho. Kalau pergi sendiri, kamu bisa beli tiket kereta atau bus. Sementara jika pergi beramai-ramai, kamu bisa berkendara—sekalian road trip. Selain bersama teman, destinasi ini juga menarik dan sangat mungkin untuk dinikmati dengan keluarga. Gak cuma alamnya, kamu juga bisa mencicipi beragam kuliner lokal yang selalu bikin kangen. Ah, pasti akhir pekanmu jadi seru!

Baca juga: Aplikasi di Smartphone yang Wajib Kamu Miliki Saat Traveling ke Luar Negeri

Traveling dekat dan agak lama dengan budget Rp3-5 jutaan
Banyak orang bilang, Bali dan Singapura selalu menjadi pilihan menarik untuk perjalanan dengan budget di antara Rp3-5 jutaan. Dengan durasi perjalanan 3-5 hari, pergi ke Bali—untuk berjemur ke pantai—maupun Singapura—untuk nonton konser sekaligus mencoba tempat makan baru yang menarik—gak akan membosankan. Malah pas dengan memanfaatkan long weekend atau hari kejepit, seperti yang ada pada bulan April, Juli, Agustus, dan Oktober. Pengin pergi ke destinasi yang gak sepopuler Bali dan Singapura? Hmm… apakah kamu sudah pernah dengar betapa menariknya Banyuwangi dan Tangkahan—dua destinasi yang sedang naik daun setahun belakangan? Kalau ke Banyuwangi, kamu bisa mendaki Kawah Ijen yang terkenal dengan blue fire-nya, mengunjungi Taman Nasional Baluran—yang punya julukan Africa van Java, hingga bermain di pantai-pantainya yang cantik tapi belum begitu ramai. Sementara itu jika ke Tangkahan, kamu bisa berwisata di tengah hutan tropis yang dihuni oleh gajah-gajah Sumatra.

Baca juga: 7 Hal yang Bikin Traveling Ke Luar Negeri Kini Lebih Mudah

Traveling jauh dan cukup lama dengan budget Rp10-15 jutaan
Komponen traveling yang “jauh” dan “cukup lama” ini sebenarnya agak dilematis. Dengan durasi perjalanan sekitar semingguan, banyak orang merasa sayang jika pergi jauh-jauh sampai Eropa atau Amerika. Sehingga akan lebih pas jika kamu mengeksplorasi negara-negara yang masih berada dalam wilayah Asia, seperti India, Korea, atau Jepang. Kamu bisa mendatangi festival Holi atau Diwali di India, nonton konser K-Pop langsung di Korea, atau mengejar sakura di Jepang. Bila malas terbang jauh, kamu juga bisa pergi mengelilingi Malaysia atau Thailand yang luas. Selama seminggu di Malaysia misalnya, kamu bisa mengeksplorasi Kuala Lumpur, Penang, Ipoh, Langkawi, hingga Kota Kinabalu. Begitupun bila kamu memutuskan untuk ke Thailand selama 9 hari, kamu bisa traveling ke Bangkok, Chiang Mai, Pattaya, Phuket, dan Krabi sampai puas! Untuk perjalanan yang cukup lama ini, kamu akan membutuhkan budget sekitar belasan juta rupiah. Coba rencanakan perjalanan ini dari jauh-jauh hari—misalnya 6-12 bulan sebelumnya—agar tabungan bulanan yang perlu disisihkan gak memberatkanmu.

Baca juga: Pergi ke Tempat Anti-Mainstream? Siapa Takut!

Traveling jauh dan sangat lama dengan budget di atas Rp15 juta
Siapa sih yang gak mau liburan panjang dan jauh setelah sibuk menyelesaikan pekerjaan? Dan biasanya, untuk momen spesial ini, destinasi seperti Australia, Eropa, dan Amerika ada di bucket list banyak orang! Dua minggu cukuplah untuk mengeksplorasi Eropa Barat atau road trip mengelilingi beberapa kota di Amerika. Destinasi ini pun akan semakin seru bila kamu kunjungi pada akhir tahun, saat musim dingin datang dan semua orang sudah siap menyambut hari raya Natal dan tahun baru dengan gegap gempita.

Traveling sampai dua minggu tentu membutuhkan budget yang sangat besar, sekitar Rp20-30 jutaan per orang. Coba kalikan dua jika kamu berencana pergi bersama pasangan, dan kalikan dua lagi jika kamu punya dua anak yang ingin diajak. Namun, traveling jangan sampai membebankan keuangan kamu dan keluarga ya. Rencanakan liburan akhir tahun sejak tahun sebelumnya agar kamu pun sempat mencari penawaran tiket pesawat atau penginapan dengan harga terbaik. Lumayan kan untuk menghemat ongkos—yang bisa dialihkan menjadi uang jajan dan belanja?

Baca juga: 7 Hal Seputar Finansial yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Traveling

Setelah mempertimbangkan opsi durasi dan tujuan traveling, proses selanjutnya adalah: mulai menabung! Takut rencana traveling jadi berantakan kalau nabungnya gak tertib? Kamu bisa memanfaatkan fitur Dream Saver dari Jenius. Hanya dengan puluhan ribu per harinya, kamu sudah bisa memanfaatkan salah satu rekomendasi libur dan cuti yang Jenius berikan di bawah ini.


Belum tau bagaimana membuat Dream Saver? Cara gampang banget! Pada aplikasi Jenius kamu, pilih “Dream Saver” dari menu “Save It”, lalu klik “Buat Mimpi Baru”. Kemudian beri nama mimpi yang mau kamu capai dan jumlah uang yang perlu kamu tabung. Biar semakin termotivasi, kamu juga bisa menambahkan foto yang menggambarkan impianmu.

Kalau kamu sudah punya tanggal spesifik untuk mencapai impian, geser tombol “Kunci tanggal pencapaian” lalu atur tanggal, bulan, dan tahun yang sudah kamu tentukan. Nantinya, Dream Saver akan mengalkulasi nominal setoran otomatis yang harus kamu tabung secara harian, mingguan, atau bulanan.


Belum punya Jenius untuk membantumu mengumpulkan budget traveling? Download dan aktivasi sekarang.

Bagikan
Image
Image
Image
Image
Image
Image

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius