Bagikan
Highlight Cover
Simpler Life

Pergi ke Tempat Anti-Mainstream? Siapa Takut!

23 December 2019  |  Penulis: Claudia Von Nasution
Jumlah wisatawan nasional yang pergi ke luar negeri terus bertambah setiap tahunnya, hingga pada akhir tahun 2019 ini sudah menembus angka 9,7 juta wisatawan. Peningkatan ini gak mengherankan, apalagi hasil riset online yang dilakukan oleh Jenius juga menunjukkan, jalan-jalan atau traveling masuk ke dalam 8 besar prioritas alokasi keuangan selain kebutuhan sehari-hari lho.

Ya, orang-orang—termasuk teman Jenius—menaruh perhatian yang cukup besar terhadap rencana liburannya. Karena selain berguna untuk menyegarkan pikiran dari kepenatan rutinitas sehari-hari, traveling juga bisa menambah pengalaman yang nantinya bisa menjadi sebuah cerita spesial dalam hidup.

Menentukan destinasi traveling—mau pergi ke tempat mainstream atau gak—memerlukan banyak pertimbangan. Mulai dari transportasi (harga tiket pesawat ke kota dan negara populer biasanya ditawarkan dengan harga yang lebih murah), aksesibilitas (perjalanan ke kota atau pulau kecil memerlukan waktu tambahan untuk dicapai), hingga aktivitas yang ditawarkan (kota besar biasanya menawarkan variasi aktivitas yang lebih banyak untuk traveler dari beragam usia dan beraneka minat). Namun, di luar kebutuhan effort yang lebih besar, biasanya destinasi wisata anti-mainstream menawarkan keunikan, kehangatan, dan pengalaman yang berbeda.

Baru mau mencoba traveling ke tempat anti-mainstream alias belum populer dan butuh tipsnya? Berikut Jenius rangkum cerita dan tips dari content creator Alexander Thian (@amrazing) yang sempat membagikan pengalamannya pada salah satu talkshow dalam rangkaian acara Jenius x Safe Travel Fest 2019.

Baca juga: Terencana atau Petualang; Kamu Tipe Traveler yang Mana?

Pelajari Kebudayaan Lokal dan Tata Krama Penduduk Setempat
Gak ada salahnya meluangkan beberapa jam waktumu sebelum berangkat untuk membaca pedoman atau pengalaman orang lain saat mengunjungi destinasi liburanmu. Dengan mengetahui hal-hal prinsipiel mengenai kebudayaan lokal dan tata krama penduduk setempat, kamu bisa mempersiapkan diri agar gak melakukan kesalahan-kesalahan yang bisa membahayakan dirimu. Informasi yang kamu pelajari juga bisa bermanfaat untuk membuka obrolan dengan warga lokal yang kamu temui lho, dan itu bisa membawamu ke pengalaman mengenal profil banyak orang dari berbagai penjuru dunia yang unik-unik.

Selain itu, ketika bepergian ke luar negeri, setiap orang membawa nama baik negara asal. Semua hal yang kamu lakukan, yang baik maupun yang buruk, akan memengaruhi citra Indonesia di mata warga negara lain. Makanya, penting bagi semua traveler untuk menghormati dan menghargai keyakinan di kota dan negara tujuan. Selain terhindar dari permasalahan, ini juga bisa menjadi pengalaman menarik untuk belajar arti toleransi pada kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Tips Traveling Aman dan Nyaman ke Luar Negeri Bagi Perempuan

Cari Tahu Kontak dan Keberadaan Kedutaan Indonesia di Destinasi Tujuan
Mencegah lebih baik daripada mengobati. Mempersiapkan lebih baik daripada nanti kelabakan saat butuh. Untuk itu, penting sekali bagi warga negara Indonesia mengetahui alamat kedutaan besar Indonesia di destinasi tujuan traveling kamu. Karena kamu gak akan pernah tahu, kapan kamu akan mengalami hal buruk—seperti kehilangan paspor atau berada dalam bahaya teror. Dan akan lebih baik jika pada saat hal yang gak diinginkan tersebut terjadi, kamu sudah tahu kontak dan alamat kedutaan Indonesia. Jika negara destinasi traveling kamu gak memiliki hubungan bilateral dengan Indonesia, kalian bisa menyimpan nomor kontak Kedubes RI di negara terdekat dari negara tersebut. Biar mudah, kamu bisa mengunduh aplikasi Safe Travel dari Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia yang memiliki database lengkapnya.

Baca juga: Aplikasi di Smartphone yang Wajib Kamu Miliki Saat Traveling ke Luar Negeri

Perhatikan Syarat Vaksin Destinasi Tujuan
Beberapa negara, contohnya Amerika Selatan atau Afrika, mewajibkan wisatawan yang akan berkunjung untuk melakukan suntik vaksin terlebih dahulu. Vaksin Yellow Fever, Japanese Encephalitis, dan demam Tifoid adalah contoh vaksin yang biasanya disyaratkan. Jangan sampai kamu kelupaan untuk mengambilnya, karena hal ini penting untuk mencegah kamu tertular penyakit yang sedang mewabah di daerah tersebut. Selain itu, beberapa vaksin juga disarankan untuk diambil agar tubuh dan fisik kalian selalu fit saat kedatangan maupun keberangkatan kembali ke Indonesia.

Persiapan Copy Dokumen Penting
Sebelum berangkat traveling, alangkah baiknya jika kamu meng-scan dokumen-dokumen penting yang kamu bawa, seperti paspor, visa, dan asuransi perjalanan. Setelah itu, kirim ke e-mail kamu sendiri atau simpan dalam cloud storage yang kamu miliki agar ketika dokumen kalian ada yang hilang, kalian masih memiliki bukti dokumen tersebut dalam bentuk soft file. Bila kamu gak keberatan repot sedikit, kamu juga bisa mencetak copy dokumen penting tadi, lalu masukkan ke dalam amplop atau map dan simpanlah dalam kopermu. Dengan begini, dokumen cadangan bisa digunakan walaupun kamu gak punya akses ke internet.

Menyiapkan Uang Tunai Secukupnya
Traveling ke tempat yang belum pernah kamu datangi sebelumnya memerlukan riset dan persiapan yang lebih, salah satunya soal uang. Jika tujuan traveling kamu adalah desa kecil atau bahkan gunung, tentu uang tunai dalam mata uang lokal menjadi hal yang esensial untuk kamu miliki. Agar mudah dan nyaman, kamu selalu bisa menarik uang tunai menggunakan Kartu Debit Jenius Visa dari ATM berlogo Visa di negara tujuan.

Jika belum menukarkan uang di negara asal dengan alasan mata uang tersebut gak tersedia, kamu bisa tarik tunai segera setelah kamu mendarat di bandara negara tujuan. Satu hal yang perlu diantisipasi, keamananmu selalu penting. Membawa uang tunai berlebihan malah berbahaya dan membuat dirimu sendiri gak tenang selama perjalanan. Jadi, lakukan perhitungan dan perencanaan yang cermat ya untuk menentukan jumlah uang tunai yang perlu kamu bawa.

Baca juga: Mengapa Jenius Jadi Pilihan Saat Traveling di Luar Negeri

Setelah mempersiapkan semuanya, yang perlu kamu lakukan adalah berdoa dan bersenang-senang! Fokuskan pikiranmu pada liburan yang sudah kamu persiapkan. Percuma dong menabung berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun untuk traveling ke negara yang menjadi impianmu, bila kamu malah tegang dan gak menikmatinya. Asal semua hal esensial sudah kamu ketahui dan siapkan, gak ada alasan untuk gak bersenang-senang sampai pol!

Belum punya Jenius untuk memudahkanmu tarik tunai di luar negeri? Download dan aktivasi sekarang. (Arfian Hakim/Claudia Von Nasution)

Bagikan
Image
Image
Image
Image
Image
Image

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius