Bagikan
Highlight Cover
Simpler Life

5 Hal Ini Bikin Staycation Gak Membosankan

Dipublikasikan tanggal: December 20, 2017  |  Ditulis oleh: Cynthia Isabella
Tidak terasa libur akhir tahun sudah dekat. Sayangnya, di saat seperti ini harga tiket pesawat, akomodasi, dan lain-lain sudah semakin tinggi. Bukan berarti kamu gak bisa menikmati liburan. Setelah bekerja keras sepanjang tahun ini, kamu berhak bersenang-senang dan istirahat. Walaupun belum sempat membuat persiapan, ada solusi yang pas sebagai alternatif liburan kamu.

Jawabannya adalah staycation.

Liburan keluar kota atau keluar negeri memang ide yang menarik, tapi perlu diingat, liburan dibutuhkan untuk menyegarkan kembali badan dan pikiran kamu dari rutinitas sehari-hari. Hal itu bisa kamu raih dengan melakukan aktivitas yang belum sempat atau belum pernah kamu lakukan sebelumnya, di mana pun kamu berada. Karena itu, coba maksimalkan staycation kamu dengan pilihan kegiatan berikut:
  1. Jadilah turis di kotamu
  2. Meskipun sudah tinggal dan kerja di kota yang sama bertahun-tahun, pasti masih ada bagian atau tempat lain di dalam kota yang belum kamu kunjungi. Seperti tempat nongkrong, restoran, taman bermain, pameran, museum, dan masih banyak lagi. Coba kunjungi tempat-tempat tersebut tanpa ragu dan bayangkan dirimu adalah turis yang sedang berkunjung supaya kegiatan ini jadi lebih seru.
  3. Book kamar di hotel idaman
  4. Kalau selama ini kita merekomendasikan hotel untuk keluarga yang datang dari luar kota atau kenalan dari luar negeri, kenapa gak sesekali kita yang menginap di sana. Merasakan atmosfer berbeda, menikmati fasilitas yang disediakan, menonton “Christmas Carol” atau perayaan tahun baru yang disajikan, tentu hal ini bisa membuat kita lebih rileks. Jangan terkejut kalau akhirnya kamu merasa sedang liburan di luar kota. Selain itu, hotel tertentu biasanya suka menawarkan harga promo di akhir tahun. Tentunya kamu bisa memanfaatkan hal ini.
  5. Taman bermain dan museum
  6. Masih ingat gak kapan terakhir kalinya kamu ke taman bermain atau museum di kotamu? Liburan kali ini bisa jadi waktu yang tepat untuk berkunjung ke sana. Kalau selama ini sering dengar tapi belum sempat mengunjungi Museum MACAN misalnya, coba direncanakan liburan ini. Kapan lagi bisa mampir ke “Infinity Mirrored Room” karya Yayoi Kusama yang terkenal itu?
  7. Wisata kuliner
  8. Kita pasti sering dengar restoran legendaris dan otentik yang tersembunyi di balik gemerlap kota atau tempat makan baru yang sering kita lewati tanpa sempat dihampiri. Coba buat liburan kali ini jadi wisata kuliner. Siapkan daftar tempat tujuan dan susun rencana, misalnya hari pertama kulineran di pesisir utara, hari kedua main ke selatan, dan seterusnya. Biar lebih seru, bagikan foto dan review makanan ala kamu di media sosial!
  9. Mampir ke festival budaya
  10. Menjelang akhir tahun biasanya banyak festival. Mulai dari konser musik berskala besar hingga pameran seni di pusat kebudayaan. Jangan lupa ajak teman atau saudara yang berniat staycation juga. Kalian bisa menentukan mau mampir ke festival budaya, pameran seni, dan bazaar. Aula Simfonia Jakarta, misalnya, selalu rutin mengadakan konser akhir tahun yang tentunya bisa jadi pilihan kamu dan teman atau saudara kamu.
Nah, sekarang kamu bisa mulai rencanakan bareng teman atau keluarga untuk mencoba ide-ide di atas. Kalau khawatir keuanganmu terganggu karena rencana ini, kamu bisa manfaatkan x-Card dari Jenius. Selain bisa kamu gunakan untuk alokasi dana liburan biar gak kebablasan, x-Card juga tergabung dalam jaringan Prima/Bersama dan Visa, jadi bisa kamu akses dari mana saja. Dengan begitu, staycation kamu bisa lebih nyaman dan menyenangkan!

Bagikan
Image
Image
Image
Image
Image
Image

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius