Bagikan
Highlight Cover
Updates

Lakukan 5 Hal Berikut Supaya Jenius Kamu Aman dari Kebobolan

Dipublikasikan tanggal: December 23, 2019  |  Ditulis oleh: Cynthia Isabella
Jenius selalu melakukan inovasi baru gak hanya dalam hal pengembangan fitur agar selalu relevan terhadap kebutuhan para penggunanya, tapi juga dari segi pelayanan dan keamanan. Di luar itu, ada beberapa hal lainnya yang bisa kamu lakukan sebagai pengguna untuk turut menjaga keamanan uang kamu di Jenius, misalnya dari banyaknya godaan penawaran akhir tahun yang mengancam kondisi keuangan kamu. Dengan melakukan 5 hal berikut, kamu bisa turut memastikan Jenius kamu aman dari kebobolan (baca: karena belanja impulsif akhir tahun).

Simpan uang di Saldo Aktif saat akan melakukan transaksi
Kemudahan untuk memindahkan uang dari Saldo Aktif ke Flexi Saver atau Card Center dan sebaliknya membuat kamu bisa mengatur sepenuhnya di mana kamu ingin menyimpan uangmu. Selain membantu kamu supaya gak tergiur untuk membelanjakan uang karena melihat nominal yang besar pada Saldo Aktif, kamu bisa ‘mengunci’ uang kamu sementara di Card Center atau di Flexi Saver supaya menerima bunga setara deposito.

Atur limit transaksi pada kartu debit
Melalui menu Card Center, kamu juga bisa mengatur limit transaksi dan tarik tunai dari setiap Kartu Debit Jenius yang kamu miliki. Kamu juga bisa melakukan blokir sementara apabila kartu sedang gak dipakai. Dengan begitu, kamu gak perlu takut uang di Jenius kebobolan karena impulsif belanja saat midnight sale di mal.

Jangan simpan informasi kartu pada situs belanja/booking online
Menyimpan segala informasi seperti e-mail, alamat, nomor handphone, hingga informasi kartu di situs belanja atau booking online memang lebih memudahkan untuk setiap transaksi yang akan kita lakukan ke depannya. Kemudahan ini juga akan membuat kita semakin tergiur untuk melakukan transaksi. Untuk itu, hindari menyimpan informasi kartu debit kamu di situs belanja/booking online. Selain agar kamu terhindar dari keinginan untuk belanja, ini untuk memastikan informasi kartu kamu tetap aman. Apalagi kalau situs online tersebut gak terjamin dan gak dilengkapi dengan 3DSecure.

Baca juga: Tips Aman Bertransaksi Online dan Konvensional

Jangan berikan kode OTP ke siapa pun
Kode OTP adalah kode verifikasi atau kata sandi sekali pakai yang terdiri dari 6 digit angka unik dan rahasia yang dikirimkan melalui SMS. Di aplikasi Jenius, kode OTP diperlukan saat melakukan registrasi dan menghubungkan aplikasi Jenius ke gadget baru. Sedangkan di web app Jenius, kode OTP dibutuhkan saat login, mengubah informasi di dalam Profile & Settings, atau otentikasi transaksi.

Apabila kamu menerima SMS berisi kode OTP untuk transaksi yang gak kamu kenali, kamu patut waspada. Apalagi jika ada yang menelepon dan meminta kode OTP tersebut. Karena kode OTP bersifat rahasia dan gak boleh diberikan kepada siapa pun, baik keluarga, kerabat dekat, bahkan pihak pengirim kode apalagi yang mengaku sebagai karyawan/perwakilan dari perusahaan yang mengirimkan kode OTP tersebut. 

Baca juga: Pahami Pentingnya Merahasiakan Kode OTP

Jangan lupa lakukan unlink device
Tahun baru, berencana ganti smartphone baru? Kalau begitu, jangan lupa memutuskan akses akun Jenius kamu pada gadget lama ya. Terlebih lagi kalau kamu berencana untuk menjual gadget tersebut. Lakukan unlink device untuk menghapus semua password atau PIN yang terekam di gadget lama kamu. Untuk mengecek ini, kamu bisa membuka akun Jenius kamu melalui gadget barumu dan lihat device apa saja yang terkoneksi pada akun Jenius kamu. Apabila unlink device berhasil, gadget lama kamu gak akan lagi terdaftar pada akun Jenius kamu.

Baca juga: Jangan Lupa Lakukan Unlink Device Sebelum Ganti Gadget Baru

Ada banyak hal yang bisa membuat Jenius kamu kebobolan, mulai dari godaan belanja hingga keteledoran yang terjadi saat kita lengah. Manfaatkan fitur-fitur dan lapisan keamanan yang ada di dalam aplikasi Jenius supaya uang kamu tetap aman.

Bagikan
Image
Image
Image
Image
Image
Image

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius