Bagikan
Highlight Cover
Jenius Aman

Jangan Lupa Lakukan Unlink Device Sebelum Ganti Gadget Baru

19 December 2019  |  Penulis: Cynthia Isabella
Berapa banyak aplikasi yang ada di smartphone kamu?
Berapa banyak yang membutuhkan data pribadi seperti e-mail dan password untuk akses awal?

Begitu banyak aktivitas yang kita lakukan membutuhkan smartphone. Lebih tepatnya aplikasi yang ada di dalamnya mendukung kegiatan sehari-hari mulai dari pesan makanan, transportasi online, hiburan seperti layanan streaming film dan musik, belanja, hingga aktivitas perbankan. Semuanya memanfaatkan aplikasi dan semuanya membutuhkan minimal dua data pribadi kamu sebagai akses awal, yaitu alamat e-mail dan password

Selain e-mail dan password, selanjutnya kamu akan diminta untuk melengkapi data pribadi lainnya seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon rumah dan handphone, PIN, foto KTP hingga NPWP. Untuk perangkat smartphone dengan teknologi yang lebih modern, kamu akan ditawari kemudahan mengakses aplikasi dengan fingerprint atau face recognition. Semua penggunaan dan data-data yang tersimpan ini akan menjadi jejak digital perangkat smartphone kamu. 

Seberapa sering kamu ganti perangkat smartphone?

Dari tahun ke tahun, perkembangan inovasi perangkat teknologi atau gadget bisa dibilang sangat cepat. Dalam setahun, selalu ada fitur baru ditambahkan atau dikembangkan di dalam perangkat. Mengikuti hal ini, ada yang menunggu sampai gadget lamanya rusak sebelum membeli baru, ada yang menunggu dua-tiga tahun sampai inovasi dan fiturnya terasa jauh berbeda, ada juga yang mengganti setiap tahun atau setiap ada tipe baru dirilis. 

Yang mana pun kamu, jangan lupa bahwa di gadget lamamu tersimpan data-data pribadi kamu. Menghapus aplikasi atau melakukan reset perangkat belum tentu bisa benar-benar menghapus histori pemakaian yang berkaitan dengan data pribadi kamu di dalam aplikasi yang pernah di-install pada perangkat. 

Karena itu, untuk aplikasi tertentu, kamu harus melakukan penghapusan perangkat atau unlink device. Penghapusan perangkat atau unlink device adalah proses penghapusan data-data aplikasi yang ada di perangkat atau gadget

Hal ini berlaku pada aplikasi Jenius. Apabila kamu ingin mengganti dan menjual gadget lama atau gadget kamu hilang, kamu harus melakukan penghapusan perangkat atau unlink device. Proses ini bisa dilakukan di dalam aplikasi Jenius sebelum kamu berpindah ke gadget baru atau melalui web app Jenius apabila gadget kamu hilang. 

Ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan penghapusan perangkat atau unlink device:
  1. Buka aplikasi atau web app Jenius
  2. Di kiri atas, pilih View Profile/Lihat Profil
  3. Pilih Setting/Pengaturan
  4. Pilih Authorized Devices/Perangkat yang Terdaftar
  5. Pada perangkat yang ingin kamu hapus, tap ke tanda tiga titik yang ada di samping perangkat, lalu pilih Delete Device/Hapus Perangkat
  6. Tunggu 10 sampai 15 menit untuk memastikan perangkat kamu sudah gak terdaftar di aplikasi Jenius
  7. Hapus atau uninstall aplikasi Jenius

Setelah melakukan penghapusan perangkat atau unlink device, kamu bisa meneruskan dengan log out e-mail dari perangkat lama, menghapus fingerprint atau face recognition yang tersimpan, lalu melakukan factory reset. Selanjutnya, saat meng-install kembali aplikasi Jenius di perangkat baru, kamu bisa mengecek perangkat baru yang terdaftar melalui menu yang sama. 

Baca juga: 8 Cara Proteksi Akun Jenius

Hubungi Jenius Help di 1500 365 atau Twitter @jeniushelp apabila kamu masih mengalami gangguan saat melakukan penghapusan perangkat atau unlink device.

Bagikan
Image
Image
Image
Image
Image
Image

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius