Bagikan
Highlight Cover
#hari2jenius, Money Talks, Campaign

Coba 5 Trik Ini Agar Kamu Gak Boros

Dipublikasikan tanggal: May 20, 2019  |  Ditulis oleh: Claudia Von Nasution
Ada yang bilang… sebanyak apa pun penghasilanmu tiap bulannya, akan jadi masalah kalau boros. Kamu setuju gak? Dan sesungguhnya, banyak orang yang sadar kok bahwa diri mereka boros, tapi mereka juga bingung bagaimana menyiasati hasrat agar gak beli ina-itu yang mengakibatkan keborosan!

Nah, biar kamu bisa lebih hemat dan gak terjebak dengan kebiasaan-kebiasaan yang bikin boros, yuk coba beberapa trik dari Jenius dan followers @jeniusconnect di Instagram.

“Aku suka makan. Biar gak boros, aku berkomitmen
gak mengulang makan sesuatu (dalam hal makan di luar ya).
Jadi cukup sekali aja, biar tahu rasanya.”
Makan untuk hidup, atau hidup untuk makan? Gak ada yang salah dari kedua pilihan tersebut. Tapi biasanya, yang punya moto “hidup untuk makan” akan boros alias berpengeluaran besar untuk mencoba semua makanan enak dan baru yang dia tahu.

Shinta, adalah salah satu dari banyak orang yang meyakini bahwa hidup adalah untuk makan. Karena tahu dia gak bisa mengerem hobi makan enak, Shinta mengikuti trik yang diberitahu orangtuanya. Biar gak boros, Shinta berusaha gak sering-sering ke sebuah restoran, untuk membeli makanan yang sama. “Karena seringnya aku mau coba makanan baru, tapi rindu juga makanan yang udah pernah dicoba. Ujung-ujungnya, pesan dua-duanya. Kan jadi boros.”

Setelah menjalani trik tersebut, Shinta mengaku lebih bisa menahan diri agar tidak membeli makanan yang sama berulang kali. “Yang penting udah coba dan tahu rasanya,” kata Shinta.

Baca juga: Menu Meal Prep Seminggu untuk Menghemat Uang Makan

Trik @itachong:
“Cari cashback dan promo buy one get one.”
Jangan takut sama yang namanya promo cashback, diskon besar, atau promo buy one get one. Justru kalau mau untung, ya kita harus bisa memanfaatkan semua kesempatan semaksimal mungkin. Kamu bisa cek Every Yay () yang memberikan berbagai penawaran menarik dari gerai pilihan juga cek e-Wallet mana yang sedang memberikan promo hingga puluhan persen, seperti yang dilakukan Mario.

Sebelum waktu makan, Mario biasanya mengecek aplikasi e-Wallet untuk mencari penawaran paling bagus dari tempat makan terdekat. Kadang, Mario memesan makanan yang sedang memberikan harga spesial di aplikasi pengantaran makanan. Di kesempatan lain, Mario sengaja ke mal untuk mencari poster cashback paling besar di restoran favoritnya. “Lumayan lho, dengan budget yang sama, misalnya 60 ribu, bisa dapat makan untuk dua kali. Padahal kalau harga normal cuma dapat satu porsi.”

Mario bukanlah satu-satunya pengejar promo. Ada Yuni yang melakukan hal yang sama. Bedanya, Yuni fokus memperhatikan promo di minimarket, supermarket, dan toko produk kecantikan dan kesehatan. “Beli kebutuhan sehari-hari seperti sabun dan sampo, atau skincare dan makeup, ya tunggu promo aja. Banyak kok yang buy one get one atau tambah seribu dapat dua produk yang sama,” cerita Yuni.

Tuh, kalau rajin cari informasinya, kamu akan untung dan bisa hemat banyak. Tetapi tetap bijak ya dengan membeli hanya yang kamu butuhkan. Kalau gak, sayang dong jadi mubazir.

Baca juga: Budgeting Khusus untuk e-Wallet Kamu

Trik @destriachy:
“Makan besar, bukan beli dan jajan camilan.”
Putri, seorang pekerja kantoran di daerah Sudirman pernah terjebak keborosan karena suka sekali jajan. “Makan sih standar, di kantin aja. Tapi tiap pagi beli kopi, dan sore gak enak kalau gak jajan kue-kue atau makanan ringan di minimarket.”

Kalau sehari Putri bisa jajan hingga 40 ribu, selama sebulan totalnya mencapai 800 ribu lho. Setelah sempat curhat dengan temannya, Putri akhirnya sadar dan berkomitmen untuk gak jajan sama sekali. Awalnya berat, tapi ternyata dapat dilakukan kok.

Apakah kamu tertarik mencoba trik ini agar gak boros? Selain bagus untuk dompet, trik ini juga bisa membantumu menjaga kesehatan lho. Dengan komitmen hanya makan (besar) di jam makan yang benar, kamu bisa mengurangi biaya kopi pagi dan camilan sore yang kalau dihitung-hitung lumayan juga. Kalau dikumpulin setahun, uangnya bisa dipakai untuk beli tiket pesawat liburan ke Eropa!

Baca juga: Selalu Merasa Kekurangan Uang? Cek Lagi Pengeluaran Bulananmu!

Trik @rayditaph:
“Simpan m-Card dan hanya membawa x-Card
yang sudah di-budget sesuai keperluan.”
Rencananya, Jojo mau ke mal untuk makan malam. Tetapi karena restoran tersebut ramai, dia harus mengantre dan masuk ke daftar tunggu terlebih dahulu—yang angkanya sampai dua puluhan orang! Estimasinya, Jojo baru akan dipanggil sekitar satu jam kemudian. Bosan menunggu di depan restoran, Jojo memutuskan untuk jalan-jalan keliling mal. Setelah satu jam, Jojo kembali ke restoran sambal membawa beberapa kantong belanja.

Berawal dari kejadian itu, Jojo mendapat ilham untuk gak bawa m-Card atau kartu debit utamanya kalau gak dibutuhkan. Dia teringat x-Card yang bisa dia atur budget-nya sesuai rencana hari atau bulan ini. Mau mencoba trik ini? Buat x-Card kamu sekarang di aplikasi Jenius.

Baca juga: Atur Budget Pacaran dengan x-Card Jenius

Trik @de2.drmwnsyh:
“Kurangi intensitas keluar rumah.”
Trik satu ini bukan melarang kamu pergi dan bersenang-senang—khususnya di akhir pekan, tapi dibuat lebih berkualitas dengan memadatkannya ke kuantitas yang lebih sedikit. Seperti yang dilakukan oleh Nina. Saat awal masuk dunia kerja, Nina selalu ikut agenda nongkrong dengan banyak kelompok pertemanan. Gak cuma malam-malam setelah pulang kerja, setiap Sabtu-Minggu pun ada saja janji-janji di mal atau restoran.

Suatu hari Nina menyadari bahwa dia gak punya tabungan walaupun sudah bertahun-tahun bekerja. Setelah dia ngobrol dengan salah seorang temannya yang melek finansial, Nina akhirnya menemukan kebocoran pada keuangannya. Dia membayar sangat banyak untuk parkir mobil, tol, juga bensin. Belum lagi kalau menghitung jajan yang sekali pergi pasti menghabiskan uang lebih dari seratus ribu.

Setelah lebih selektif membuat janji dan keluar rumah pada akhir pekan, Nina merasa lebih santai—gak selalu sibuk dan ada waktu di rumah, lebih hemat, dan bisa menekuni hobi yang sempat ditinggalkannya, yaitu memasak di akhir pekan.

Baca juga: Split Bill Biar Gak Bocor Halus Karena Nongkrong

Dari lima trik di atas, trik manakah yang paling mungkin kamu lakukan? Kamu bisa selalu memulai dengan yang paling mudah, agar kamu bisa mencapai tujuan, misalnya agar gak boros, tapi tanpa membuat dirimu sendiri merasa tersiksa. Selamat mencoba!

Bagikan
Image
Image
Image
Image
Image
Image

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius