Bagikan
Highlight Cover
Money Talks

Cara Punya Deposito Maxi Saver Perdana

15 November 2021  |  Penulis: Claudia Von Nasution

Namanya juga mimpi... pasti ada keinginan-keinginan yang tampak jauh. Padahal, kalau dihitung-hitung, rasanya bisa diusahakan lho!

Salah satu mimpi banyak orang adalah: punya deposito perdana! Yang perdana atau pertama ini penting, karena akan membuka jalan untuk deposito-depositomu selanjutnya.

Sama kayak yang hobi traveling. Buat yang tinggal di Jawa, awalnya traveling ke Jakarta, Bandung, sampai Jogja. Kemudian mainnya makin jauh sampai ke Bali, Lombok, Makassar, hingga Medan. Selanjutnya? Luar negeri!

Lihat, perjalanan pertama yang "dekat" ternyata bisa membuka jalan untuk pergi ke destinasi yang makin jauh, kan?

Begitupun dengan tabungan. Awalnya punya deposito perdana dengan saldo awal sejumlah nilai minimum, yaitu Rp10 juta. Tapi percaya deh, lama-kelamaan bukan gak mungkin kamu buka deposito kesepuluh yang saldo awalnya Rp100 juta! Ada amin? ūüíú

Ok, bermimpi punya tabungannya sudah. Selanjutnya, yang harus dibahas adalah caranya. Biar gak sekadar halu!

Cara Punya Deposito Perdana

Punya tabungan Rp10 juta pertama gak bisa dibilang mudah, apalagi buat fresh graduate atau first jobber. Gaji masih pas-pasan buat kehidupan sehari-hari, pasti banyak yang merasa punya deposito Rp10 juta gak akan bisa dicapai dalam sekejap.

Nyatanya, semua bisa diusahakan! Jenius coba berikan beberapa alternatif yang bisa kamu lakukan ya.

  • Menabung Rp500 ribu per bulan selama 20 bulan.
  • Menabung Rp750 ribu per bulan selama 14 bulan.
  • Menabung Rp1 juta per bulan selama 10 bulan.
  • Menabung Rp1,5 juta per bulan selama 7 bulan.
  • Menabung Rp2 juta per bulan selama 5 bulan.

Dari 5 alternatif jumlah dan durasi menabung yang Jenius berikan, adakah yang kira-kira sanggup kamu coba?

Baca juga: Punya Mimpi Segudang? Wujudkan Sekarang!

Wujudkan Deposito Perdana dengan Bantuan Dream Saver

Sudah yakin mau mencoba cara menabung yang mana? Sekarang saatnya Jenius kasih trik mewujudkan deposito perdana dengan bantuan Dream Saver!

Dengan fitur Dream Saver, Jenius akan bantu kamu menabung pelan-pelan setiap bulan sampai akhirnya bisa bikin deposito Maxi Saver perdana.

Pertama-tama, bukalah aplikasi Jenius di smartphone kamu. Kemudian buka halaman Wealth, lalu pilih Tambah Save It, dan pilih Dream Saver.

Untuk mimpi memiliki deposito atau Maxi Saver perdana, kamu bisa masukkan nama mimpi ‚ÄúDEPOSITO PERDANA‚ÄĚ yang bisa membuatmu bersemangat tiap melihatnya, lalu masukkan Rp10 juta pada kolom Jumlah yang harus kamu tabung.

Pada langkah selanjutnya, tentukan setoran awal yang mau kamu masukkan, kemudian atur jumlah tabungan bulanan yang mau kamu setor sesuai dengan alternatif pilihanmu. Secara otomatis, fitur Dream Saver akan menunjukkan perkiraan tanggal pencapaian sesuai jumlah tabungan bulanan atau durasi yang kamu pilih.

Pelan-Pelan Asal Kejadian

Menabung pelan-pelan itu gak salah. Gak ada yang namanya "harus bisa" cepat. Semua orang punya timeline, kemampuan, dan caranya masing-masing.

Cara pertama untuk mengecek kemampuanmu adalah lihat jumlah penghasilan dan hitung berapa rupiah yang mampu kamu sisihkan untuk tabungan demi deposito perdana. Kamu bisa menyisihkan minimal 10% dari gaji untuk menabung seperti saran para perencana keuangan, 20% seperti metode senator Amerika Serikat Elizabeth Waren, atau hingga 25% gaji seperti saran Li Ka-Shing.

Cara Punya Deposito Maxi Saver Perdana

Setelah dihitung begini, rasanya lebih doable gak sih, teman Jenius? Memang benar ya, mimpi kalau cuma dibayangin akan terasa jauh dan sulit dicapai. Sementara bila kita sudah coba hitung dan cari alternatif jalannya, rasanya akan lebih feasible dan terlihat mudah.

Poin yang perlu di-embrace, mulailah membuat target punya deposito pertama. Karena hanya setelah dicobalah kita bisa mengukur berapa lama mimpi kita bisa dicapai.

Baca juga: Nabung Setengah Juta Tiap Bulan ala Mahasiswa

Cara Tambahan Biar Deposito Perdana Lebih Cepat Tercapai

Mengikuti timeline itu bagus, tapi kalau bisa dibuat lebih cepat dan efisien, masa sih kamu gak mau?

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan biar deposito perdana lebih cepat tercapai, yaitu tambahkan di luar kewajiban bulanan! Contoh paling simpel, bila di akhir bulan budget jajanmu masih tersisa, pindahkan saldo sisanya ke Dream Saver ‚ÄúDeposito Perdana‚ÄĚ.

Cara lainnya adalah sisihkan nominal atau persentase yang sama dari ‚Äúpenghasilan‚ÄĚ gak regulermu seperti tunjangan hari raya (THR) dan bonus kinerja tahunan.

Mau lebih cepat lagi? Lakukan side hustle atau bisnis kecil-kecilan yang bisa dirintis pada akhir pekan di luar jam kerja kantor. Gak cuma ke Roma yang jalannya banyak, punya deposito perdana juga ada banyak alternatifnya!

Baca juga: Fitur Jenius Andalan Ali untuk Mewujudkan Mimpi ke New York

Selamat! Kamu sudah memulai langkah besar untuk memiliki deposito perdana. Apa yang kamu lakukan bukan hal yang mudah, jadi tepuklah dadamu sendiri dan berbanggalah!

Sekarang yang perlu kamu lakukan tinggal lanjut bekerja sebaik-baiknya, agar penghasilan terus masuk sehingga tabungan bulananmu bisa lancar terisi. Kamu bisa, you can do it, cia yo, hwaiting! ūüí™

Khusus buat teman Jenius yang sedang dalam proses menambah tabungan, dapatkan kesempatan memenangkan iPhone 13 setiap hari dalam program PUNDI Jenius. Cek bagaimana biar dapat keuntungan penuh di sini ya.

Download dan aktivasi Jenius sekarang biar kamu semakin dekat dengan deposito perdanamu!


Bagikan