Bagikan
Highlight Cover
Money Talks

Budgeting Bagi Lima ala Li Ka-Shing

24 October 2019  |  Penulis: Claudia Von Nasution
Setiap orang punya cara mengatur keuangan dan metode menabung yang berbeda-beda. Apa yang dilakukan teman kita bisa jadi berhasil untuknya, tapi belum tentu cocok buat kita. Itulah gunanya proses trial and error. Gak ada yang salah atau benar, tapi tepat atau gak untuk kamu.

Ada banyak metode budgeting yang disarankan orang-orang, seperti Cara Jenius Atur Keuangan bersama QM Financial. Merasa belum cocok dengan metode tersebut? Coba cek budgeting bagi lima ala Li Ka Shing, seorang pengusaha dan investor asal Hong Kong yang berhasil membangun bisnisnya dari nol.

Baca juga: Cara Efektif Mengatasi Gaya Hidup Paycheck-to-Paycheck

Bagi Lima Penghasilanmu
No matter how much you earn, always remember to divide it into five parts proportionately,” kata Li Ka-Shing. Sistem budgeting ala Li Ka-Shing menyarankan untuk membagi lima penghasilan yang diterima setiap bulannya. Lima pos-pos tersebut adalah pos biaya hidup, pos bersosialisasi, pos pengembangan diri, pos liburan, dan pos investasi.

Pos Biaya Hidup
Pos pengeluaran yang paling penting adalah pos biaya hidup. Tapi jangan sampai kamu salah perencanaan dan jadi sangat boros untuk biaya hidup. Sebisa mungkin atur biaya kebutuhan bulanan agar gak melebihi budget 30% dari penghasilan. Salah satu hal yang disarankan Li Ka-Shing agar 30% cukup untuk biaya hidup adalah dengan mementingkan makan daripada jajan kopi dan cemilan lainnya. Atau, jika mau lebih hemat, memasaklah sendiri makanan yang kamu konsumsi sehari-hari. Kamu bisa mencoba melakukan meal prep untuk menghemat uang makan dan waktu memasak lho.

Pos Bersosialisasi
Berhemat dan hidup dengan budget pas-pasan gak berarti kamu harus di rumah saja dengan dalih “biar gak perlu keluar uang”. Bergaulah dan perluas networking dengan memaksimalkan budget 20% dari penghasilanmu. Kamu bisa memasukkan uang ini pada salah satu x-Card Jenius yang kamu miliki, lalu menggunakan x-Card ini untuk berjumpa dengan banyak teman secara berkala. Kamu juga bisa menggunakan budget ini untuk mentraktir seseorang yang ingin kamu ajak berbicara dan dengarkan kisah suksesnya.

Baca juga: 14 Ide Amplop Uang Menggunakan x-Card

Pos Pengembangan Diri
Sudah lulus dan sudah bekerja bukan berarti berhenti belajar. Di sela-sela kesibukan pekerjaan, Li Ka-Shing menyarankan untuk rajin membaca buku, mengikuti kursus-kursus bahasa atau kemampuan khusus, hingga datang ke acara-acara (talkshow atau workshop) menarik yang dapat menambah wawasan kamu. Gunakanlah 15% dari penghasilanmu agar bisa terus berkembang dan meningkatkan kompetensi diri.

Pos Liburan
Setiap orang yang sudah bekerja dan terus berusaha mengembangkan diri pantas untuk mendapatkan reward berupa liburan! Liburan gak harus mahal, kan? Jadi sisihkanlah 10% penghasilanmu untuk liburan. Gak perlu sering-sering, tapi paling gak kamu bisa berlibur minimal setahun sekali agar bisa rileks dan kembali bekerja dengan penuh semangat, juga mendapatkan pengalaman yang bisa memperkaya hidupmu.

Baca juga: Tujuh Tips Liburan ke Luar Negeri dengan Budget Terbatas

Pos Investasi
Banyak orang yang baru mulai bekerja, apalagi dengan penghasilan pas-pasan, belum merasa investasi dan asuransi penting untuk dimiliki. Selain itu, mereka juga merasa lebih baik budget untuk investasi dialihkan untuk keperluan sehari-hari. Nah, kamu jangan sampai salah kaprah ya. Asuransi, khususnya asuransi kesehatan, penting untuk proteksimu. Sementara ngomongin investasi, justru sebaiknya dimulai sedini mungkin, berapa pun nominal yang bisa kamu sisihkan dari total penghasilan. Li Ka-Shing juga memiliki pendapat yang sama mengenai hal ini. Dia bahkan menyarankan untuk menyisihkan 25% penghasilan setiap bulan untuk investasi, untuk mencapai mimpimu yang lebih besar lagi. Dan yang terpenting, mulailah sedini mungkin, bahkan sejak bulan pertama kamu menerima gaji dari kantor.

Baca juga: Amplop Ini Bisa Mengubah Kehidupan Keuanganmu

Kamu bisa menggunakan fitur Dream Saver dari Jenius untuk membiasakan diri menyisihkan penghasilan demi mimpi besarmu. Dengan Dream Saver, kamu juga gak perlu repot-repot menyediakan tempat penampungan uang khusus dan memindahkannya setiap baru gajian. Karena Dream Saver akan melakukan autodebit dari Saldo Aktif kamu pada tanggal yang sudah kamu tentukan.

Belum punya Jenius untuk membantumu membagi lima penghasilanmu? Download dan aktivasi sekarang.

Bagikan
Image
Image
Image
Image
Image
Image

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius