Bagikan
Highlight Cover
Bisnis

Berbisnis atau Gak? Cek Kecocokanmu Sekarang

08 September 2020  |  Penulis: Claudia Von Nasution

Banyak orang bercita-cita punya bisnis. Ada banyak alasan yang mendasari keinginan tersebut, beberapa di antaranya:

  1. Pengin punya sumber penghasilan tambahan
  2. Mau punya usaha sampingan
  3. Butuh waktu kerja yang lebih fleksibel
  4. Melihat potensi bisnis rumahan
  5. Punya aspirasi yang gak bisa disalurkan bila menjadi karyawan

Cita-cita tanpa aksi tentu akan sulit tercapai. Sementara aksi tanpa motivasi pun membuka kemungkinan rapuhnya pondasi tekad.

Baca juga: Hal-Hal yang Harus Dihindari Saat Memulai Bisnis

Butuh bantuan untuk mengecek, apakah berbisnis cocok untukmu? Mari luangkan waktu 5 menit untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini ya.

Terdapat 3 skenario hasil pengecekan kecocokan dirimu dengan niat berbisnis—baik bisnis penuh waktu maupun usaha sampingan dan kecil-kecilan.

Baca juga: 6 Tips Mengembangkan Bisnis Online untuk Pemula

Skenario A: Bisnis bukan jalan ninjamu

Mungkin kamu memang gak cocok berbisnis. Mungkin kamu hanya sempat ingin berbisnis setelah melihat lingkungan terdekatmu banyak yang berjualan. Gak apa-apa, jangan dipaksakan. Karena bisnis gak buat semua orang. Jadi pebisnis maupun karyawan sama-sama pilihan bagus, yang penting pas dengan kepribadian dan visimu.

Skenario B: Ragu-ragu icuk

Kamu sudah memikirkan kemungkinan membuka bisnis sendiri. Sudah punya beberapa ide bisnis, tapi masih ragu yakin ide mana yang paling baik untuk dimulai. Jika sudah punya ide dan sedikit modal, kamu bisa memulainya dari skala kecil seperti usaha rumahan lho. Ibaratnya sekalian “cek ombak”, bidang mana yang pas dan paling berprospek ke depannya.

Baca juga: 4 Langkah Mengumpulkan Modal Bisnis Walaupun Penghasilan Pas-Pasan

Skenario C: Siap terjun buat berbisnis

Ide solid, checked. Modal, checked. Waktu mengurus bisnis, checked. Plan B bila ada risiko yang muncul, checked. Kalau sudah begini, kamu sebenarnya siap terjun buat berbisnis lho. Kamu hanya butuh waktu yang tepat untuk kickoff. Pertanyannya, kapan? Menurut Jenius sih, sekarang. Jangan sampai momennya terlewat!

Berdasarkan polling yang dilakukan di akun Instagram @jeniusconnect, 995 dari 2.013 orang mulai berbisnis saat pandemi. Mungkin ini saat yang tepat buatmu mencoba peruntungan juga dalam merealisasikan cita-cita berbisnis.

Bila kamu masih butuh insight sebelum berbisnis, mulai dari urusan modal hingga strategi online marketing, intip beragam artikel yang sudah Jenius siapkan dalam laman Jenius Blog Bisnis.

Baca juga: Bangun Potensi Bisnismu dengan Inovasi Akun Bisnis dan Bisniskit

Sementara bila kamu sudah yakin mau berbisnis dan mau memulai dari usaha sampingan atau bisnis rumahan sehingga perlu rekening terpisah untuk pemisahan cash flow bisnis dari keuangan personal, buka akun bisnis di Jenius sekarang.

Bagikan