Bagikan
Highlight Cover
Bisnis

Lenthick: Bisnis Produk Perawatan Diri untuk Kesehatan Mental

11 November 2020  |  Penulis: Claudia Von Nasution

Zaman sekarang, gak cuma para pengusaha dengan segudang pengalaman dan setumpuk modal yang bisa memulai bisnis. Coba perhatikan sekitarmu, pasti gak sedikit kan teman dan keluarga yang sedang merintis bisnisnya sendiri?

Berdasarkan survei online yang Jenius lakukan pada awal 2020, 49% dari total 251 responden memiliki bisnis yang berusia 1-2 tahun. Baru kemudian diikuti dengan 31% bisnis responden berusia 3-5 tahun dan 20% berusia lebih dari 5 tahun. Data ini menunjukkan bahwa dua tahun belakangan, ada banyak bisnis baru yang muncul dan sedang dalam proses pengembangan.

Salah satu bisnis teman Jenius yang masih berusia “bayi” tapi memiliki track record yang membahagiakan adalah Lenthick. Kenalan yuk dengan Tiara, teman Jenius yang merupakan owner dan founder Lenthick, bisnis yang menawarkan self-care product yang menunjang perawatan diri untuk kesehatan mental.

Baca juga: 3 Pertanyaan tentang Memulai Bisnis

Bisnis dimulai karena ada passion, peluang, dan kebutuhan keuangan

Perjalanan Tiara (32) merintis bisnis dimulai pada Januari 2020, saat dia mengikuti pelatihan membuat essential oil di Gianyar, Bali. Saat itu Tiara memiliki ketertarikan terhadap produk-produk essential oil yang sedang cukup populer. Sayangnya, essential oil yang dijual di pasaran banyak yang dibanderol cukup mahal. Tiara merasa bisa menjual lebih affordable dengan kualitas yang tetap baik.

Walaupun berawal dari passion dan melihat adanya peluang, dengan jujur Tiara mengaku bahwa kebutuhan keuangan pasti bisa jadi motor penggerak! Ya, memulai bisnis gak harus muluk-muluk untuk kebaikan banyak orang dan menyelamatkan dunia. Namun, bila ada purpose yang bisa dicapai sambil membawa keuntungan, kenapa gak?

Baca juga: 5 Tips Pertahankan dan Kembangkan Bisnis yang Lahir Saat Pandemi

Pebisnis “Palugada”

Istilah owner/founder atau pebisnis kesannya keren ya? Tapi di balik itu semua, biasanya “ngos-ngosan” banget lho! Pada bisnis Lenthick misalnya, Tiara mengaku melakukan sendiri semua hal yang dibutuhkan Lenthick—palugada deh pokoknya.
- Develop produk, check
- Pesan bahan baku, check
- Bikin produk, check
- Desain, check
- Foto produk, check
- Menyusun rencana marketing, check
- Promosi di media sosial, check
- Menerima dan memproses pesanan, check
- Packing dan mengirim pesanan, check

Sangat end-to-end, kan? Lelah, pasti. Tapi lihat deh hasil karya Tiara melalui akun Instagram yang didedikasikan untuk mempromosikan Lenthick. Gak heran kalau Tiara sendiri bangga dengan bisnisnya ini. Jenius saja mau tepuk tangan nih!


Bagi seorang pebisnis, pandai melihat peluang merupakan salah satu cara untuk mengembangkan usaha. Dari pengalamannya membangun dan mengembangkan Lenthick, Jenius meminta Tiara berbagi cara memanfaatkan momen—terutama saat pandemi ini—agar dapat menjadikannya sebagai peluang bisnis. Berikut 4 cara yang Tiara bagikan untuk kamu yang berniat mulai berbisnis juga:

  1. Do some research
  2. Hadirkan produk yang memberi solusi
  3. A good plan requires great execution
  4. Bersikap adaptif terhadap perubahan

Baca juga: Berbisnis atau Gak? Cek Kecocokanmu Sekarang

Tiara, Lenthick, dan Jenius

Tiara sudah menjadi teman Jenius selama 2 tahunan. Awalnya untuk kebutuhan personal, khususnya untuk memisahkan uang untuk kebutuhan sehari-hari dan tabungan. Kemudian saat bisnis Lenthick mulai dirintis, Tiara sangat aware bahwa pemisahan rekening bisnis sangatlah penting untuk keberlangsungan usaha.

“Fitur In & Out sangat membantu tracking pemasukan dan pengeluaran bisnis. Setelah menggunakan Jenius, aku jadi lebih gampang mengelola keuangan pribadi dan bisnis karena dapat mengelola 2 rekening sekaligus dalam 1 aplikasi," ungkap Tiara.


Sebagai pebisnis yang ingin dapat terus mengembangkan produk dan bisnisnya, Tiara gak bosan-bosan mengikuti berbagai pelatihan yang dia perlukan. Jenius sendiri sempat melihat Tiara pada beberapa kelas online yang diadakan Co.Create, seperti kelas dengan topik digital marketing dan kesehatan mental.

Jenius senang bisa menjadi bagian dari cerita bisnis kamu dan membantumu dengan menjadi partner yang bisa diandalkan. Teman Jenius lain jangan ragu ya untuk bergabung dengan forum komunitas Jenius, yaitu Co.Create, agar bisa mendapatkan berbagai informasi, insight, dan pengalaman menarik yang dapat membantumu mengembangkan bisnismu.

Baca juga: Bangun Potensi Bisnismu dengan Inovasi Akun Bisnis dan Bisniskit

Kamu bisa selalu memulai bisnis dari ukuran mikro, kemudian lanjut ekspansi setelah brand dan produknya sudah mulai dikenal dan punya penggemarnya sendiri. Semangat terus untuk mengembangkan bisnismu! Nantikan juga cerita dan inspirasi bisnis dari teman Jenius lain di blog Jenius.

Belum punya rekening terpisah untuk bisnismu? Buka akun bisnis di Jenius sekarang.


Bagikan