Bagikan
Highlight Cover
Jenius di Rumah

5 Ide Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan Usai PSBB

10 June 2020  |  Penulis: jenius

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dilakukan beberapa kota di Indonesia mulai memasuki tahap transisi ke new normal. Setelah pengumuman kepala daerah masing-masing disiarkan, gak sedikit masyarakat yang langsung mencoba beraktivitas di luar rumah. Harapannya, kegiatan harian dan ekonomi bisa berangsur kembali seperti sediakala.

Walau kegiatan di tempat-tempat umum mulai aktif kembali dan peraturan PSBB lebih longgar, kamu tetap harus menjaga diri. Apalagi dengan kabar jumlah pasien COVID-19 di Indonesia yang masih terus bertambah. Keadaan sekarang menuntut semua orang agar gak lengah dengan kemungkinan buruk yang bisa terjadi.

Hal lain yang perlu kamu ingat di kondisi sekarang adalah selalu perhitungkan dampak dari pilihanmu berkegiatan di luar rumah. Pastikan kamu ke luar rumah untuk alasan-alasan yang penting dan mendesak saja.

Baca juga: 6 Tindakan Preventif untuk Mewaspadai Coronavirus

Berikut beberapa kegiatan di luar rumah yang direncanakan banyak teman Jenius lakukan saat masa transisi. Tentunya dengan tetap menerapkan aturan dan mematuhi imbauan dari pemerintah ya.

1. Bertemu teman dan berkunjung ke rumah saudara

“Yuk ketemuan, tapi setelah pandemi ini selesai ya.” Kalimat ini pasti sering kamu dengar atau baca selama pandemi ini terjadi. Untuk memutus rantai penyebaran virus corona, sebaiknya tetap terapkan swakarantina. Kalau memang mendesak, kamu bisa bertemu teman atau saudara dengan menerapkan physical distancing (berjarak minimal 1 meter) dan membatasi jumlah orang berkumpul yang gak banyak.

2. Makan enak di restoran

Gak sedikit teman Jenius yang gak sabar kembali makan di restoran favorit bareng teman maupun keluarga. Meski begitu, kebersihan dan kesehatan tetap jadi prioritas ya. Pilih restoran yang menerapkan prosedur kesehatan dengan baik. Kalau mau lebih aman, makan di mobil bisa jadi opsi yang tepat buat meminimalisir kontak dengan banyak orang asing.

Baca juga: Masak Makanan ala Restoran Selama #dirumahaja

3. Gunting rambut di barbershop/salon

Sebagian orang ada yang menguji keahliannya menggunting rambut di rumah. Tapi demi alasan takut salah potong, ada juga yang rela menahan diri sampai bisa merapikan rambut di barbershop/salon saat masa karantina/PSBB usai.

Bila panjang dan bentuk rambutmu saat ini sudah gak keruan, sebaiknya pilih salon yang bisa didatangi dengan perjanjian waktu, supaya gak perlu lama menunggu. Pastikan petugas salon memakai alat-alat pelindung, seperti masker dan face shield.

Alternatif lain, kamu bisa gunakan jasa potong rambut yang datang ke rumah. Dengan begitu, kamu gak perlu bepergian dan langsung bisa membersihkan diri deh.

4. Olahraga di luar rumah

Setelah beragam workout rutin kamu jalani di rumah, sekarang kamu bisa kembali mulai olahraga di luar. Jogging keliling komplek atau bersepeda ke taman kota mungkin bisa jadi pilihan olahragamu weekend ini.

Untuk sementara, hindari janjian olahraga bareng teman-teman di tempat yang superramai ya. Ada baiknya kamu olahraga sendiri aja dan memilih tempat yang lebih sepi. Selain meminimalisir kontak dengan orang lain, kamu jadi bisa fokus olahraga tanpa jajan bubur, gorengan, es doger sambil gosip-gosip setelahnya!

Baca juga: 7 Olahraga Minim Biaya yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri

5. Belanja atau window shopping di mal

Walau belanja online lebih aman dan praktis, gak bisa dimungkiri kalau suasana di pusat perbelanjaan bisa jadi hiburan bagi sebagian orang. Bulan ini kamu memang bisa kembali belanja di mal. Tapi, tetap pilih mal yang menerapkan protokol kesehatan ya.

Kalau perlu ke supermarket, lebih baik belanja ke tempat yang gak terlalu besar dan sepi. Pasti ada deh supermarket-supermarket yang relatif sepi daripada tempat biasanya kamu belanja.

Bicara tentang suasana di mal, ternyata banyak teman Jenius yang juga kangen momen ketemu Jenius Crew. Saat mal sudah bisa dibuka untuk umum, booth Jenius juga mulai beroperasi kembali, sehingga kamu jadi bisa melakukan live KYC di booth Jenius. Pasti kangen kan sama pertanyaan “Kakak udah punya Jenius?” secara langsung?

Baca juga: 26 Alasan Kamu Harus Pakai Jenius

Jika kamu perlu melakukan 5 kegiatan di atas, jangan lupa untuk tetap waspada ya. Perlindungan diri berupa penerapan physical distancing jadi salah satu kunci ketika kamu harus kembali berkegiatan di luar. Oh ya, jika kamu tinggal serumah dengan orangtua atau anak-anak, patuhi anjuran membersihkan diri dengan benar setelah selesai berkegiatan di luar.

Selama kondisi belum 100% aman, usahakan tetap batasi kegiatan di luar rumah. Seperti halnya bekerja, tetap pilih opsi work from home (WFH) jika tempat kerjamu memberikan kebijakan tersebut.

Baca juga: Tips Work from Home Saat Melakukan Social Distancing

Imun tubuh yang baik sangatlah penting untuk menjaga diri dari virus corona. Tetaplah mengonsumsi vitamin C dan rajin berolahraga. Selain itu, masker jadi barang wajib yang harus kamu pakai setiap keluar rumah.

Pastikan kamu punya stok beberapa masker agar kebersihannya tetap terjaga. Anjurannya, masker yang kamu pakai perlu diganti 4-6 jam sekali. Untuk pilihan masker berkualitas dengan desain unik, kamu bisa cek di maskeruntuk.id untuk membeli sekaligus berdonasi.

Saat ini, keadaan belum bisa memberikan jawaban pasti, maka dari itu tetap berjaga-jaga jadi hal yang bisa dilakukan. Gelombang kedua dari pandemi COVID-19 di beberapa negara telah terjadi, buat mengantisipasi hal tersebut harus dimulai dari diri kamu. Mari tetap saling menjaga ya, sambil berdoa semoga keadaannya bisa terus membaik.

Belum punya Jenius untuk bantu memudahkanmu kegiatanmu? Download dan aktivasi sekarang. (Mayasti Nastiti)

Bagikan
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image
Image

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius