Bagikan
Highlight Cover
Money Talks

4 Ketakutan Finansial dan Cara Mengatasinya

Dipublikasikan tanggal: October 30, 2017  |  Ditulis oleh: Cynthia Isabella
Setiap orang punya ketakutan, tapi ketika ditanya ketakutannya apa, umumnya mungkin kita tidak bisa mengingat satu hal spesifik. Tapi begitu dihadapkan pada ketakutan itu sendiri, kita baru akan menyadari.

Ketakutan bisa datang dari mana saja dan dalam berbagai bentuk. Ada yang mungkin bisa dirasakan secara fisik dengan seluruh pancaindra, ada juga yang mungkin tidak tampak dan dirasakan secara emosional atau psikologis. Yang tidak terduga tentunya, tidak sedikit yang merasa menganggap masalah keuangan sebagai hal yang sangat ditakuti bahkan melebihi faktor lain seperti kematian.

  1. Tidak memiliki cukup uang untuk rencana tertentu di masa depan
  2. Keinginan untuk jalan-jalan atau menikah di masa depan tentu membutuhkan persiapan materi yang tidak sedikit. Baik memang yang sudah memiliki rencana atau yang baru ingin mempersiapkan, umumnya sama-sama mengkhawatirkan apakah mereka akan mampu mengumpulkan uang yang cukup untuk hal tersebut atau setidaknya lama waktu yang dibutuhkan sampai akhirnya keinginan ini tercapai.

    Bagaimana mengatasi hal ini?
    Mulai sisihkan simpanan untuk tujuan spesifik ini dan komit dengan hal tersebut. Alokasi dana bisa berasal dari menyisihkan sekian persen dari gaji atau dari penghasilan tambahan apabila punya.

    Bagaimana Jenius bisa membantumu?
    Sering kali keinginan tidak tercapai atau selalu tertunda karena dana yang kita siapkan terpakai untuk hal yang tidak kita sadari atau tidak kita duga. Kamu bisa memanfaatkan Dream Saver, kamu bisa mulai memiliki tabungan yang akan dialokasikan secara otomatis (baik secara harian, mingguan, atau bulanan) dan aman dari kemungkinan terpakai. Bunga 5% per tahun yang akan kamu terima juga membantu memaksimalkan tabunganmu supaya keinginanmu cepat tercapai. Dream Saver membantumu mulai menabung untuk tujuan spesifik.

  3. Hidup dari gaji ke gaji
  4. Ini bisa dikarenakan banyak hal. Seiring berkembangnya gaya hidup, ada banyak keinginan yang muncul sehingga pengeluaran tambahan pun harus dilakukan. Begitu pula apabila kamu menempuh langkah baru dalam hidup, misalnya dengan menikah, akan ada lebih banyak biaya yang harus dikeluarkan.

    Bagaimana mengatasi hal ini?
    Mulai buat prioritas. Apa yang perlu kamu utamakan saat ini, apa yang ingin diraih, lalu fokuskan perencanaan keuanganmu di situ. Kurangi pengeluaran yang dirasa tidak mendukung prioritasmu di awal tadi.

    Bagaimana Jenius bisa membantumu?
    Jenius memiliki Card Center yang bisa kamu manfaatkan untuk pengaturan keuangan. Dengan hingga 5 kartu debit yang bisa kamu miliki untuk alokasi dana sesuai kebutuhan tertentu, semuanya tinggal diatur dari satu tempat, yaitu Card Center. Kamu bisa mengatur limit transaksi dan tarikan tunai setiap kartu, sehingga pengeluaran yang kamu lakukan akan lebih terjaga dan sesuai kebutuhan yang kamu prioritaskan.

  5. Kejadian tidak terduga yang menguras isi rekening
  6. Kita tidak pernah bisa menebak apa yang akan terjadi di masa depan. Entah itu kecelakaan yang membuat kamu harus masuk rumah sakit, mobil yang harus masuk bengkel, atau bahkan kehilangan pekerjaan.

    Bagaimana mengatasi hal ini?
    Coba mulai alokasi dana sedikit demi sedikit setiap hari. Kamu bisa mulai dengan berapa pun, misalnya Rp5.000 per hari atau lebih sesuai keinginan. Bisa juga ketika menerima pendapatan tambahan, pastikan langsung kamu simpan. Idealnya, kamu perlu memiliki simpanan yang senilai dengan 6 bulan gaji kamu.

    Bagaimana Jenius bisa membantumu?
    Kalau kamu memiliki penghasilan tambahan selain pekerjaan utama, kamu bisa menyimpan uang tersebut di Flexi Saver. Ini adalah tabungan fleksibel tanpa ikatan waktu tertentu sehingga kamu bisa tarik dana kapan saja kamu butuhkan. Yang membuat berbeda adalah bunga 5% per tahun yang akan kamu terima, dihitung per hari dan kamu terima per bulan.

    Selain itu, ketika harus menyisihkan uang per hari, akan selalu ada kemungkinan kamu terlupa atau bahkan akhirnya berhenti sama sekali. Sekali lagi, kamu bisa manfaatkan Dream Saver yang secara otomatis menyisihkan uang per hari untuk kebutuhan apa pun di masa depan. Kamu tinggal atur di awal untuk lama waktu serta jumlah tarikan yang kamu harapkan. Begitu membutuhkan uang dan melihat Dream Saver kamu ini, kamu akan terkejut melihat berapa banyak yang sudah tersimpan untuk dana darurat.

  7. Tidak memiliki simpanan hari tua
  8. Ketakutan yang dirasakan orang tua umumnya adalah mereka takut tidak memiliki cukup uang untuk hari tua dan malah membebani anak-anaknya dengan bergantung pada mereka yang harusnya sudah mulai memikirkan keluarga sendiri yang mereka bangun. Tidak hanya yang sudah lanjut usia, bahkan mereka yang masih produktif pun memiliki kekhawatiran yang sama.

    Bagaimana mengatasi hal ini?
    Tidak ada kata terlambat untuk memulai simpanan untuk jangka panjang atau melakukan investasi. Pelajari bentuk investasi apa yang cocok untukmu, lalu pilih yang sesuai untukmu. Kalau ragu, kamu bisa mulai meminta saran financial planner untuk hal ini.

    Bagaimana Jenius bisa membantumu?
    Kamu bisa memulai investasi dengan deposito berjangka. Untuk ini, Jenius memiliki fitur Maxi Saver, deposito berjangka dengan bunga hingga 6,5% per tahun. Kamu bisa membuat Maxi Saver mulai dari Rp10.000.000 dan pilihan tenor dari 1 hingga 12 bulan. Dengan ‘mengunci’ uangmu di Maxi Saver, kamu memiliki keamanan untuk keuanganmu di masa depan. Investasi ini bisa kamu siapkan untuk rencana jangka panjang apa pun, mulai dari untuk persiapan membeli rumah di masa depan, pendidikan anak, atau bahkan untuk dana pensiunmu sendiri.

Jangan biarkan ketakutan akan keadaan keuangan yang tidak sesuai harapan menghantui dirimu. Apalagi kalau semuanya belum terjadi dan masih bisa kamu hindari dengan perencanaan keuangan yang sesuai kebutuhan. Tentunya akan lebih mudah apabila memanfaatkan aplikasi Jenius yang dibuat untuk mengikuti perkembangan hidupmu. Semuanya bisa kamu atur di satu tempat, yaitu smartphone kamu, dari mana saja, dan kapan saja.

Bagikan
Image
Image
Image
Image
Image
Image

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius