Bagikan
Highlight Cover
Simpler Life

11 Ide Tabungan Jangka Pendek untuk Tahun 2021

21 December 2020  |  Penulis: Claudia Von Nasution

Hi, warga Jenius!

Biasanya setiap akhir tahun, segenap warga Jenius pasti sibuk menunggu pengumuman hari libur dan cuti bersama yang ditetapkan pemerintah, guna merancang rencana liburan dan menabungnya. Agak sedih ya pada tahun 2021 masih belum bisa dipastikan apakah kita sudah bisa berlibur atau gak.

Sebagai pelipur lara belum bisa traveling, bagaimana kalau para warga mengalihkan budget yang biasanya digunakan untuk traveling menjadi barang-barang maupun kegiatan yang sudah lama ada di dalam wishlist? Pasti banyak kan barang yang kamu inginkan—misalnya setelah melihat barang baru tetangga, tapi belum terealisasi?

Supaya barang impian warga bisa terbeli sesuai waktu yang diinginkan, pengurus RW (Rukun Warga) Jenius menyiapkan lembar iuran tabungan warga Jenius yang bebas diunduh. Warga dapat mengisi lembar iuran tabungan jangka pendek ini sesuai agenda dan jumlah tabungan yang dibutuhkan masing-masing wishlist anggota keluarga.

Iuran Tabungan Jangka Pendek 2021

Sebelum menentukan apa saja tabungan yang ingin dibuat, berikut tata tertib iuran tabungan jangka pendek yang perlu warga perhatikan dan setujui.

Iuran Tabungan Jangka Pendek 2021

Bagi warga yang belum punya ide menabung untuk apa tahun depan, pengurus RW Jenius sudah mencoba membuatkan kalender menabung berisi waktu pencapaian dan dan simulasi besarnya iuran harian, mingguan, atau bulanan yang perlu disiapkan mulai awal tahun. Warga dapat menjadikan contoh rekomendasi dalam lembar iuran tabungan warga Jenius berikut sebagai simulasi perhitungan berdasarkan perhitungan dalam fitur Dream Saver.

Iuran Tabungan Jangka Pendek 2021

Kamu belum punya inspirasi menabung untuk apa tahun depan? Simak rekomendasi jajaran pengurus RW yang tertuang dalam 11 poin di bawah ini.

Ide Tabungan #1: Kado Valentine

Warga yang romantis dan gemar merayakan hari kasih sayang, jangan lupa menabung untuk membeli kado Valentine bagi orang terkasih. Warga yang sudah memiliki pasangan bisa membelikan kado untuk suami/istri atau pacar, sementara warga yang masih single bisa mempersembahkan hadiah untuk orangtua tercinta.
Budget yang diperlukan: Rp1.000.000-Rp3.000.000

Ide Tabungan #2: Workshop/kursus

Warga ingin menambah wawasan dengan belajar bahasa asing, keterampilan khusus, atau mengikuti berbagai seminar yang menginspirasi? Buatlah tabungan khusus untuk keperluan ini. Siapa tau dari iseng-iseng mengambil kursus bahasa Korea misalnya, warga bisa menikmati tayangan Korea tanpa menyalakan subtitle. Atau dari mengikuti kelas barista, nantinya warga bisa membuka bisnis coffee shop.
Budget yang diperlukan: Rp1.000.000-Rp10.000.000 per tahun

Ide Tabungan #3: Hampers Ramadan

Seperti kehidupan bertetangga zaman dulu, saat ini banyak warga yang suka saling mengirimkan hantaran/hampers sebagai pengganti silaturahmi tatap muka. Menyambut hari lebaran, warga bisa menyiapkan tabungan khusus untuk mengirim hampers Ramadan/Idulfitri agar cashflow bulanan gak terganggu.
Budget yang diperlukan: Rp1.500.000-Rp5.000.000

Ide Tabungan #4: Game console

Biar update dengan games terbaru dan punya alternatif hiburan di rumah, warga disarankan untuk menabung pelan-pelan demi game console impian. Warga dapat menabung untuk console—seperti PlayStation 5 atau Nintendo Switch, maupun video games baru yang banyak dirilis.
Budget yang diperlukan: Rp8.000.000

Ide Tabungan #5: Keperluan tahun ajaran baru

Setiap pertengahan tahun, warga yang memiliki anak pasti mulai memikirkan biaya keperluan tahun ajaran baru, seperti buku, alat bantu belajar, hingga seragam sekolah. Buatlah tabungan khusus per anak agar dananya gak tercampur dengan kebutuhan bulanan lain.
Budget yang diperlukan: Rp3.000.000

Ide Tabungan #6: Iduladha

Senang-senangnya sudah, kewajibannya jangan ketinggalan. Kebutuhan untuk Iduladha yang jatuh pada bulan Juli 2021 sebaiknya dipersiapkan sejak awal tahun. Supaya siap berkurban dan gak memberatkan cashflow, warga Jenius dapat membuat Dream Saver dengan jangka 3-6 bulan.
Budget yang diperlukan: Rp3.000.000

Ide Tabungan #7: Alat dapur

Zaman sekarang, ada banyak alat dapur/rumah tangga canggih, cakep, dan affordable yang dapat mempermudah urusan para warga! Mulai dari mesin kopi rumahan, air fryer yang dapat mengurangi konsumsi minyak, hingga panci dan wajan antilengket yang gak perlu sering dicuci. Menabung yuk untuk pekerjaan rumah tangga yang lebih praktis? Dengan iuran tabungan mulai Rp500 ribuan per bulan, warga gak perlu takut uang belanja bulanan menjadi cekak!
Budget yang diperlukan: Rp4.000.000-Rp7.000.000

Ide Tabungan #8: Staycation

Pengin ganti suasana karena bosan di rumah, tapi masih mau menghindari keramaian? Warga dapat melakukan staycation di hotel dalam kota. Walaupun belum bisa mengunjungi tempat umum, paling gak suasana kamar akan berubah selama beberapa hari. Namun, jangan lupa lebih teliti memilih hotel dan tetap menjalankan protokol kesehatannya ya.
Budget yang diperlukan: Rp3.000.000

Ide Tabungan #9: Medical Checkup

Cara menyayangi diri sendiri gak terbatas membeli barang yang diimpikan lho. Dengan menjadwalkan medical checkup tiap tahun, warga dapat memastikan kesehatan diri sendiri dan keluarga. Sehingga bila ada potensi penyakit, warga dapat segera melakukan tindakan pencegahan maupun treatment lainnya.
Budget yang diperlukan: mulai dari Rp2.000.000

Ide Tabungan #10: Gadget baru

Warga Jenius yang menjalani work from home maupun school from home, pasti merasa sangat terbantu dengan kecanggihan teknologi terkini. Dengan gadget yang mumpuni, pekerjaan atau tugas akan lebih mudah diselesaikan tanpa repot dengan kendala teknis. Saat ada waktu, coba lakukan pengecekan, siapa tau sebentar lagi handphone atau laptopmu sudah perlu di-upgrade.
Budget yang diperlukan: Rp18.000.000-Rp25.000.000

Ide Tabungan #11: Liburan akhir tahun

Sambil berharap pandemi COVID-19 bisa teratasi tahun 2021, warga dapat mempersiapkan tabungan untuk liburan akhir tahun sendiri maupun bersama keluarga. Sehingga bila pada akhir tahun 2021 kondisi sudah memungkinkan bagi warga untuk melakukan perjalanan wisata (biasa maupun religi), warga sudah tinggal berangkat karena dananya sudah tersedia.
Budget yang diperlukan: Rp25.000.000-Rp30.000.000

Baca juga: Cara Mudah Menabung dengan 3 Fitur Save It

Dream Saver adalah tabungan autodebit dengan bunga setara deposito yang bisa kamu tentukan sendiri target jumlah tabungan serta waktu pencapaiannya. Setiap warga pasti mempunyai agenda tabungan masing-masing. Untuk itu, warga dipersilakan untuk menyesuaikan agenda dan jumlah tabungan sesuai kebutuhan.

Kamu belum pernah membuat Dream Saver? Berikut cara mudah menabung di Dream Saver:

  1. Buka aplikasi Jenius
  2. Pilih menu Save It dan Buat Mimpi Baru
  3. Berikan judul, upload foto, lalu pilih Lanjut
  4. Tentukan setoran awal, setoran otomatis, dan periodenya, lalu pilih Lanjut
  5. Lanjutkan dengan memilih Buat Mimpi Baru
  6. Dream Saver berhasil dibuat!

Demi kelancaran tabungan, pastikan dana di Saldo Aktif kamu mencukupi pada tanggal penarikan ya. Selain itu, kamu dapat membuat maksimal 5 tabungan (Dream Saver) secara bersamaan. Tabungan dengan impian baru dapat dibuat setelah tabungan sebelumnya sudah tercapai.

Akhir kata, segenap pengurus RW Jenius berharap agar segenap warga dapat berpartisipasi mengikuti iuran tabungan melalui Dream Saver, sepanjang tahun 2021. Semoga dengan iuran ini, berbagai keinginan warga dapat tercapai dan berhasil membuat warga senang.

Bagikan