Bagikan
Highlight Cover
Campaign

Cara Mudah Menabung dengan 3 Fitur Save It

10 July 2020  |  Penulis: Cynthia Isabella

Dalam kondisi yang serba gak pasti seperti sekarang, kita harus lebih sadar terhadap setiap keputusan finansial yang kita ambil, untuk memastikan bahwa kondisi keuangan kita selalu terjaga.

Buat yang sebelumnya sering impulsive buying, kini harus lebih irit dan memprioritaskan pengeluaran yang utama. Buat yang biasanya menunggu hingga akhir bulan, kalau ada sisa uang baru ditabung, kali ini dibalik ya. Yuk, mulai belajar menyisihkan uang untuk ditabung dari awal ketika menerima gaji.

Menabung memang membutuhkan komitmen, tapi bukan berarti sulit untuk dilakukan, apalagi kalau kamu sudah memiliki alat yang mempermudah kamu untuk disiplin menabung. Jenius memiliki fitur Save It yang terdiri dari 2 tabungan dengan bunga setara deposito; Flexi Saver dan Dream Saver, serta satu fitur deposito berjangka atau Maxi Saver yang bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan tabunganmu.

Hayoo... Apakah kamu sama seperti teman Jenius di bawah ini yang langsung menyisihkan uangnya ke salah satu fitur Save It?

Kalau kamu masih bingung bagaimana memaksimalkan fitur-fitur Save It untuk kebutuhanmu atau sudah memakai tapi sering menarik kembali dana yang kamu tabung di tengah jalan, mungkin kamu bisa coba beberapa cara mudah menabung di bawah ini:

1. Cicil teratur dengan Dream Saver

Ada gak pengeluaran harian dengan nominal kecil yang sifatnya kurang perlu, kalau gak dilakukan juga gak masalah? Kalau ada, kira-kira berapa yang kamu keluarkan setiap hari?

Misalnya, Rp10.000 untuk beli air minum botolan saat makan siang atau Rp15.000 untuk jajan camilan sore, dan lainnya. Rp10.000-Rp15.000 per hari ini mungkin dianggap kebanyakan orang sebagai nominal yang kecil, tapi bayangkan kalau angka tersebut kamu tabung setiap hari selama 3 bulan ke depan.

Yuk, kita coba saving challenge dengan Rp10.000 per hari di Dream Saver.

  1. Buat Dream Saver dengan nama yang kamu tentukan sendiri, misalnya Saving Challenge
  2. Masukkan target Rp1.000.000, ini berarti periode dalam 100 hari
  3. Atur tabungan otomatis harian sejumlah Rp10.000
  4. Biarkan tabungan ini berjalan, tapi pastikan Saldo Aktif selalu cukup untuk penarikan otomatis setiap harinya

Ini cara yang sederhana dan mudah untuk dilakukan. Di akhir periode, kamu akan memiliki Rp1.000.000 yang berhasil terkumpul dengan menyisihkan Rp10.000 per hari!

Di Jenius sendiri, kamu bisa memiliki hingga 5 Dream Saver. Kalau kamu sudah memiliki beberapa Dream Saver untuk target impian berbeda, that’s good! Keep it up! Kalau masih ada Dream Saver yang belum terpakai, kamu bisa gunakan untuk tantangan ini.

Dibanding menyisihkan sendiri dan ada kemungkinan terlupa nantinya, Dream Saver dengan tarikan otomatis dari Saldo Aktif memastikan tabunganmu terus berjalan. Jadi, gak ada lagi alasan gak nabung, karena Dream Saver akan melakukannya untukmu.

Baca juga: Tabung Setengah Juta Tiap Bulan Ala Mahasiswa

2. Sisihkan pendapatan lebih di Flexi Saver

Kamu punya pekerjaan tambahan selain pekerjaan utama yang kamu lakukan sekarang? Atau pekerjaan saat ini memungkinkan kamu menerima tips di luar penghasilan utama?

Penghasilan tambahan bukan berarti bisa jajan lebih, melainkan jadi kesempatan untuk menambahkan tabungan impian kamu yang sedang berjalan supaya bisa lebih cepat terwujud.

Ingat gak waktu sekolah dulu kita diajarkan untuk menyimpan sisa uang jajan ke celengan? Nah, kali ini pun sama, bedanya uang tambahan tersebut kamu masukkan ke Flexi Saver.

Sekarang kamu bisa memiliki hingga 3 Flexi Saver lho. Selain untuk tabungan yang sifatnya bisa kamu tarik sewaktu-waktu ketika dibutuhkan, seperti dana darurat, kamu juga bisa memanfaatkan salah satu Flexi Saver kamu untuk belajar disiplin menabung.

Caranya:

  1. Mulai dengan membuat Flexi Saver. Tentukan nama tabungan Flexi Saver kamu
  2. Setelah itu, tentukan saldo awal. Kalau mau, kamu juga bisa membiarkan saldo awal ini Rp0.
  3. Selanjutnya, kamu tinggal memasukkan uang tambahan dari freelance, tips, atau penghasilan tambahan lainnya yang kamu terima ke Flexi Saver ini. Tantangannya tentu harus selalu rajin menyetor dana dan gak tergoda untuk menarik dana yang sudah kamu kumpulkan di Flexi Saver ini.

Berbeda dengan Dream Saver, Flexi Saver gak memiliki menu untuk menentukan target pencapaian tabungan. Karena itu, kamu bisa menentukan sendiri berapa target tabungan yang ingin kamu capai di Flexi Saver. Kalau sudah mencapai target, kamu bisa memakai tabungan ini sesuai keperluan atau dipindahkan ke tabungan Dream Saver yang sedang berjalan supaya cepat mencapai target.

3. Gak punya deposito? Cicil pelan-pelan dengan Flexi Saver dan Dream Saver

Untuk membuat deposito di Maxi Saver, kamu membutuhkan minimal Rp10.000.000. Ini bukan jumlah yang sedikit, tapi juga bukan angka yang mustahil untuk kamu raih.

Caranya? Gabungkan dua poin di atas.

  1. Pertama, sisihkan uang harian di Dream Saver sampai mencapai target tertentu. Kalau mengikuti contoh sebelumnya, berarti target kamu adalah untuk mengumpulkan hingga Rp1.000.000. Kalau mau lebih cepat, kamu juga bisa menyesuaikan setoran harian kamu jadi lebih besar dari Rp10.000 per hari.
  2. Setelah terkumpul, pindahkan dana tersebut ke Flexi Saver. Kalau ada dana tambahan seperti pekerjaan sampingan, tips, atau lainnya, tambahkan juga ke Flexi Saver ini.
  3. Terus lakukan dua langkah di atas sampai terkumpul hingga Rp10.000.000. Kalau sudah, langsung pindahkan ke Maxi Saver.

Kalau kamu berhasil melakukan cara di atas, ini membuktikan bahwa kamu berhasil membuat dirimu konsisten menabung. Setelah membuat satu Maxi Saver, gak menutup kemungkinan membuat Maxi Saver lainnya, bukan? Atau mungkin mulai mencoba compound interest.

Baca juga: Persiapkan Keuangan untuk Kejadian Terburuk

3 cara di atas bertujuan untuk memaksimalkan penggunaan Flexi Saver, Dream Saver, dan Maxi Saver untuk menabung secara bertahap sedikit demi sedikit. Kalau kita berpikir Rp10.000.000 adalah angka yang sulit untuk diraih, coba breakdown menjadi nominal yang lebih memungkinkan untuk dicapai, lalu kumpulkan secara bertahap. Dengan begini, gak ada alasan untuk gak menabung, karena Jenius melalui fitur-fitur di Save It, memudahkan kamu untuk melakukan itu.

Selain itu, perlu diingat bahwa misi lebih mudah dilakukan apabila kita memiliki visi. Menabung lebih mudah dilakukan apabila kita memiliki tujuan menabung. Kalau kamu mengawali dengan tujuan sekadar memiliki tabungan, kamu bisa melanjutkan dengan tujuan yang lebih konkret, misalnya memiliki dana darurat, tabungan pendidikan, DP rumah, modal bisnis, atau mungkin membeli barang-barang incaran.

Jadi, daripada belanja impulsive, kenapa gak mulai impulsave.


Punya trik lainnya untuk memaksimalkan fitur-fitur Save It? Yuk, bagikan cara mudah menabung versi kamu di media sosial dengan mention @JeniusConnect atau dengan bergabung di cocreate.id.

Belum punya Jenius untuk mulai disiplin menabung? Buat akun Jenius kamu melalui link di bawah ini:


Bagikan
Image
Image
Image
Image
Image
Image

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius