Bagikan
Highlight Cover
Simpler Life

Yuk, Mulai Menabung untuk Beli PlayStation 5

14 October 2020  |  Penulis: Cynthia Isabella

Game apa yang sering kamu mainkan belakangan ini? Tebak-tebakan siapa di antara teman kamu yang jadi impostor di Among Us? Atau nostalgia acara Benteng Takeshi dengan main Fall Guys bareng teman?

Main game memang salah satu alternatif hiburan di masa pandemi ini. Bahkan WHO pun menganjurkan kita untuk bermain video, online, atau mobile games untuk mengatasi stres yang mungkin timbul selama berbulan-bulan melakukan physical distancing dan beraktivitas di rumah aja. Selain lebih banyak waktu luang dan pengganti kegiatan lain seperti hangout bareng teman yang masih belum boleh dilakukan, bermain game online, baik dengan PC, konsol atau smartphone, kini jadi bentuk sosialisasi dengan teman atau keluarga.

Baca juga: Berkebun: Hobi Baru Para Milenial Saat di Rumah Aja

Karena itu, nggak heran kalau penjualan video games dan konsol di kuartal pertama tahun ini melonjak drastis. Di Amerika Serikat misalnya, Nintendo melaporkan penjualan konsol Nintendo Switch di awal tahun merupakan yang terlaris sepanjang masa dengan Animal Crossing: New Horizons sebagai game yang paling populer.

Nggak hanya itu, di bulan April 2020 lalu, para penggemar video game klasik Final Fantasy VII dan Resident Evil III bisa menikmati versi remake kedua game tersebut di PlayStation 4. Menyusul The Last of Us Part II yang dirilis di bulan Juni dan bisa dibilang menjadi sekuel game yang paling ditunggu-tunggu tahun ini. Lalu ada FIFA 21 yang baru dirilis awal bulan Oktober, serta banyak video game lainnya yang akan bikin kamu makin betah main PS di rumah.

Di bulan Juni 2020, PlayStation juga secara resmi merilis tampilan hardware konsol PlayStation terbaru, diikuti harga dan tanggal rilis yang diumumkan beberapa bulan kemudian. PlayStation 5 atau PS5 hadir dalam dua format; standard edition dengan disk drive seharga $499,99 atau sekitar Rp7 jutaan dan digital edition tanpa disk drive seharga $399,99 atau sekitar Rp6 jutaan. Kecuali AS, Jepang, Kanada, Meksiko, Korea Selatan, Selandia Baru, dan Australia, PS5 resmi dirilis serempak tanggal 19 November 2020 dengan pre-order yang sudah bisa dilakukan sejak 17 September lalu.

Nabung buat PS5

PlayStation 5 dan PlayStation 5 Digital Edition.


Selain PlayStation, di bulan yang sama XBOX juga akan merilis konsol terbaru, XBOX Series X dan XBOX S. Karena itu, bisa dibilang November akan jadi bulan yang ditunggu-tunggu para gamer. Buat yang sebelumnya meninggalkan hobi gaming karena sibuk dengan rutinitas sehari-hari, mungkin ini momen yang pas untuk refreshing dengan kembali menggeluti hobi ini.

Baca juga: Tips Mudah dan Hemat Beli Skins & Aksesoris Game Online

Kalau kamu masih berpikir dua kali sebelum membeli PS5 baik karena faktor harga, pilihan game atau hal lainnya, beberapa pertimbangan berikut mungkin akan makin meyakinkan kamu bahwa menunda membeli PS5 atau nggak langsung membeli di tanggal peluncuran akan jadi pilihan yang nggak merugikan kok buat kamu.

Game-game baru masih bisa dimainkan di PS4

Dari judul-judul video game baru yang diumumkan, sejauh ini Final Fantasy XVI, Ratched & Clank: Rift Apart, dan God of War: Ragnarok adalah beberapa judul yang bisa dimainkan eksklusif untuk PS5. Walaupun begitu, game-game ini nggak akan tersedia saat PS5 rilis. Untuk Final Fantasy XVI, kalau melihat ke belakang dan dengan belum adanya tanggal pasti yang diumumkan pihak SquareEnix, bisa jadi game ini baru tersedia tahun 2022.

Sedangkan video game lainnya seperti Horizon Forbidden West, Asssasin’s Creed: Valhalla, atau Harry Potter: Hogwarts Legacy, akan dirilis untuk format PS4 maupun PS5. Begitu pula Cyberpunk 2077 yang sudah ditunggu-tunggu para gamer dan akan rilis bulan November ini. Marvel’s Spider-Man: Miles Morales juga akan tersedia bersamaan dengan peluncuran PS5. Walaupun begitu, game ini dan judul-judul yang disebut sebelumnya, masih bisa kamu mainkan dulu di PS4 kalau memang kamu nggak akan langsung membeli PS5 nantinya.

Nabung buat PS5

Marvel’s Spider-Man: Miles Morales yang akan dirilis bersamaan dengan PlayStation 5.


Menabung buat beli PS5 dari sekarang

Bagi banyak orang, harga Rp6 – 7 jutaan bukanlah nominal yang sedikit. Belum lagi faktor lainnya yang membuat harga PS5 di Indonesia jadi lebih mahal dari perkiraan. Selain itu, harga video game untuk PS5 pun akan lebih mahal dari PS4, yaitu sekitar Rp1 jutaan. Jadi, banyak uang yang harus disiapkan untuk bisa menikmati PS5 dan game-game yang disebut di di awal tadi.

Kalau kamu termasuk yang langsung membuat Dream Saver untuk PlayStation 5 begitu melihat pengumuman dari PlayStation di bulan Juni lalu, that’s good! Waktu menabung kamu jadi lebih panjang. Kalau kamu baru mau menyisihkan uangmu sekarang, that’s okay, nggak ada kata terlambat. Kamu bisa membuat Dream Saver sekarang dan menentukan kapan target mimpimu ini akan tercapai atau berapa nominal harian/mingguan/bulanan yang bisa kamu sisihkan untuk tabungan ini.

  1. Buka fitur Save It di aplikasi Jenius kamu.
  2. Pada bagian Dream Saver, pilih Create New Dream.
  3. Tulis nama mimpimu di sini, tentukan pula nominal yang harus kamu kumpulkan. Jangan lupa untuk menambahkan foto PlayStation 5 juga ya, supaya kamu jadi lebih semangat untuk nabung.
  4. Beli PS5
  5. Di bagian ini, masukan saldo awal yang akan ditabung lalu waktu penarikan otomatis, yaitu harian, mingguan, atau bulanan dan berapa nominal penarikan otomatis tersebut.
    Beli PS5

    Kalau mengikuti contoh, kamu bisa memasukkan saldo awal sebesar Rp100.000. Lalu Rp70.000 adalah nominal yang akan ditarik otomatis dari Saldo Aktif setiap harinya. Rp70.000 ini sebagai contoh seandainya kita mengalihkan kisaran budget membeli kopi dua kali sehari ke tabungan Dream Saver untuk PS5 ini ya. Kalau mengikuti angka tersebut, tabungan untuk beli PS5 akan terkumpul di akhir Februari 2021.

    Kamu juga bisa menyesuaikan target Dream Saver berdasarkan tanggal pencapaian (Completion Date). Kalau kamu ingin Dream Saver ini lebih cepat tercapai, misalnya di tanggal 31 Desember 2020, tentu Jenius akan menyesuaikan nominal yang harus ditabung jadi lebih besar dari Rp70.000 tadi. Kalau kamu ingin lebih santai dengan mengubah target pencapaian jadi 30 Maret 2021, maka nominal harian pun akan jadi lebih rendah dari Rp70.000. Pokoknya sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuanmu ya.

  6. Setelah pilih Next di tahap sebelumnya, review kembali detail Dream Saver PS5 kamu. Kalau sudah, klik Create New Dream.
  7. Beli PS5
  8. Selamat! Dream Saver untuk beli PlayStation 5 kamu sudah berhasil dibuat!

Setelah membuat Dream Saver ini, pastikan Saldo Aktif kamu selalu terisi untuk penarikan otomatis supaya Dream Saver kamu nggak tertunda (paused) ya. Selain dana, hal lainnya yang perlu kamu siapkan adalah komitmen untuk nggak menghentikan dan menarik (withdraw) dana Dream Saver yang sudah kamu buat ini. Dengan begitu, dijamin impianmu untuk memiliki PlayStation 5 akan segera terwujud 😊

Untuk selengkapnya, kamu juga bisa melihat cara menabung di Dream Saver melalui video berikut:


Yang perlu diingat, jangan terburu-buru membeli PlayStation 5 kalau memang ada kebutuhan lainnya yang harus kamu utamakan. Jangan pula membeli karena melihat teman-teman lainnya sudah melakukan pre-order atau siap membeli saat rilis nanti. Kamu tetap bisa membeli PS5 kok, tapi disesuaikan dengan pace dan kondisi finansialmu saat ini ya. Dengan mempersiapkan future spending kamu melalui Dream Saver, kamu bisa lebih tenang membeli PS5 nantinya setelah disiplin menabung dan nggak mengorbankan prioritas lainnya.

Belum punya Jenius untuk membantumu menabung buat PS5? Download dan aktivasi Jenius sekarang!

Bagikan
Image
Image
Image