Temukan seluruh informasi yang kamu butuhkan seputar Jenius

Hal yang paling sering ditanyakan

Tentang Reksa Dana Jenius

Apa itu reksa dana?

Reksa dana adalah wadah untuk menghimpun dana dari investor untuk diinvestasikan dalam portofolio efek oleh Manajer Investasi. Efek bisa berupa deposito, saham, obligasi, dan lain-lain.

Kombinasi portofolio dari efek-efek tersebut akan membentuk reksa dana dengan porsi dan tingkat risiko yang berbeda-beda. Maka, pastikan bahwa kamu selalu membaca dan pahami Prospektus serta Fund Fact Sheet yang tersedia sebelum berinvestasi ke reksa dana apapun.

Apa yang dimaksud Investasi reksa dana di Jenius?

Jenius bertindak sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang menawarkan produk-produk dari Manajer Investasi terpilih.

Informasi selengkapnya mengenai fitur investasi reksa dana di Jenius dapat kamu akses melalui halaman berikut:

Bahasa Indonesia:

http://jenius.com/app/investasi/reksadana

Bahasa Inggris:

http://jenius.com/en/app/investasi/reksadana

Apakah saya harus melakukan update aplikasi Jenius agar bisa mengakses fitur investasi reksa dana di Jenius?

Ya, kamu harus update aplikasi Jenius ke versi terbaru via Google Playstore atau App Store untuk bisa mengakses fitur investasi reksa dana di Jenius.

Apa yang saya harus lakukan untuk bertransaksi reksa dana di Jenius?

Jika kamu belum memiliki akun rekening Jenius, kamu perlu membukanya lebih dulu sebelum dapat berinvestasi reksa dana.

Setelahnya, kamu bisa memilih menu Wealth, menjawab beberapa pertanyaan untuk menentukan profil risiko, dan menyelesaikan proses pembukaan akun investasi pada aplikasi Jenius.

Jenius dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) akan memverifikasi semua datamu. Jika berhasil, Jenius akan memberikan notifikasi bahwa akun investasimu telah aktif.

Apa saja keuntungan berinvestasi reksa dana di Jenius?

Lewat aplikasi Jenius, kamu dapat mengakses produk reksa dana berkualitas dari manajer investasi terpilih. Jenius juga menyediakan alokasi investasi berdasarkan profil risiko kamu agar investasimu lebih optimal.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan transaksi dengan lebih mudah karena kamu hanya perlu memindahkan dana dari Saldo Aktif tanpa perlu pindah aplikasi.

Informasi selengkapnya mengenai fitur investasi reksa dana di Jenius dapat kamu akses melalui halaman berikut:
Bahasa Indonesia:

http://jenius.com/app/investasi/reksadana

Bahasa Inggris:

http://jenius.com/en/app/investasi/reksadana

Apa perbedaan reksa dana dengan deposito?

Perbedaan utama reksa dana dengan deposito bisa kita cermati dari pengelola, penyimpanan uang, modal awal, imbal hasil, pajak, dan risiko.

Pengelola — Dana deposito dikelola bank untuk disalurkan sebagai kredit kepada nasabah lain. Sementara itu, dana untuk reksa dana dikelola manajer investasi dan diinvestasikan ke berbagai instrumen seperti saham, obligasi, pasar uang.

Penyimpanan uang — Saat mengambil deposito, uangmu akan disimpan di bank. Seluruh pengembalian uang bergantung pada kesehatan bank tersebut. Saat membeli reksa dana, uangmu ditempatkan di berbagai investasi.

Modal awal — Tergantung kebijakan bank, setoran awal deposito berkisar dari Rp500 ribu hingga Rp10 juta. Sementara itu investasi reksa dana lebih terjangkau dengan minimal pembelian mulai Rp10 ribu.

Imbal hasil — Bank menentukan bunga sejak awal saat kamu membuka rekening deposito. Bunga yang kamu dapat akan selalu tetap sesuai perjanjian awal pembukaan rekening. Sangat berbeda dengan reksa dana, di mana imbal hasilnya ditentukan berdasarkan pengelolaan manajer investasi. Performa sebuah reksa dana akan dipengaruhi komposisi investasinya. Karena itu, pastikan bahwa kamu selalu membaca Prospektus dan Fund Fact Sheet untuk mengetahui segala informasi penting mengenai reksa dana yang akan kamu beli.

Pajak — Bank mengenakan pajak sebesar 20% dari total imbal hasil deposito, sementara investasi reksa dana tidak dikenakan pajak. Hal ini berdasarkan UU PPh pasal 4 ayat 3 poin i, yang menjelaskan bahwa reksa dana bukan objek pajak.

Risiko — Deposito memiliki risiko rendah dan terjamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) hingga Rp2 miliar. Jika sewaktu-waktu bank penyedia deposito mengalami kebangkrutan, uangmu tidak akan hangus. Sementara produk reksa dana memiliki risiko yang beragam, tergantung pada jenisnya. Sekali lagi, pastikan bahwa kamu selalu membaca Prospektus dan Fund Fact Sheet sebelum membeli reksa dana untuk menghindari risiko yang tak diinginkan, ya.

Informasi mengenai perbedaan produk reksa dana dengan deposito dapat kamu akses melalui halaman berikut:

Bahasa Indonesia:

http://jenius.com/app/investasi/reksadana

Bahasa Inggris:

http://jenius.com/en/app/investasi/reksadana

Apakah berinvestasi reksa dana di Jenius sudah dijamin aman?

Ya, Jenius dari Bank BTPN diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Uang dan reksa dana kamu tersimpan dengan aman di Bank Kustodian. Selain itu Jenius juga menggunakan sistem keamanan dua lapis dengan teknologi terkini.

Namun, jika yang kamu maksud adalah keamanan dari segi return, Jenius tidak bisa menjamin hal tersebut. Investasi reksa dana selalu mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi investor. Pastikan bahwa kamu selalu membaca Prospektus dan Fund Fact Sheet dari setiap reksa dana yang akan kamu beli.

Apa yang dimaksud dengan nomor SID?

SID, atau Single Investor Identification, adalah nomor tunggal identitas investor pasar modal indonesia yang diterbitkan oleh KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia).

Apa fungsi SID?

SID berfungsi sebagai identitas tunggal dan wajib dimiliki oleh seorang investor. Dengan SID, segala transaksimu akan selalu tercatat melalui sistem AKSes KSEI dari manapun aplikasi APERD yang kamu gunakan.

Apakah nomor SID sama untuk semua platform pembelian reksa dana yang saya miliki?

Benar. Nomor SID sama untuk semua platform pembelian reksa dana, karena SID adalah nomor tunggal identitas investor pasar modal Indonesia.

Di mana saya bisa melihat nomor SID?

Nomor SID akan dikirimkan melalui email oleh Jenius setelah proses pembukaan akun investasi berhasil. Kamu juga bisa mengetahuinya melalui situs AKSes KSEI.

Apa yang dimaksud AKSes KSEI?

AKSes merupakan fasilitas yang disediakan KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia) agar investor sepertimu dapat secara langsung memantau portofolio investasi di pasar modal Indonesia. Melalui fasilitas AKSes, kamu bisa melihat laporan kepemilikan reksa dana (account statement) dari Bank Kustodian (BK).

Bagaimana cara memiliki akun AKSes KSEI?

Kamu dapat membuka halaman AKSes KSEI di www.akses.ksei.co.id lalu pilih menu Panduan untuk informasi lebih lanjut.

 

Apa yang dimaksud dengan profil risiko?

Profil risiko adalah tingkat toleransi kamu sebagai investor terhadap risiko investasi. Kuis profil risiko merupakan kuis yang wajib kamu isi agar kamu lebih mengetahui komposisi reksa dana yang sesuai dengan toleransi risikomu.

Informasi selengkapnya mengenai profil risiko bisa kamu akses melalui halaman berikut:

Bahasa Indonesia:

http://jenius.com/app/investasi/reksadana


Bahasa Inggris:

http://jenius.com/en/app/investasi/reksadana

Apa saja tipe profil risiko?

Terdapat 5 profil risiko di Jenius: konservatif, konservatif moderat, moderat, agresif moderat, dan agresif.

Informasi selengkapnya mengenai profil risiko dapat kamu akses melalui halaman berikut:

Bahasa Indonesia:

http://jenius.com/app/investasi/reksadana

 

Bahasa Inggris:

http://jenius.com/en/app/investasi/reksadana

Apakah Saya bisa membeli produk yang tidak sesuai dengan profil risiko Saya?

Bisa, tapi kamu perlu menginformasikan kepada Jenius bahwa kamu telah mengerti dan memahami bahwa pembelian produk yang kamu lakukan bisa saja berbeda dari profil risiko yang kamu miliki, dan kamu telah memahami segala risiko yang berkaitan dengan aktivitas tersebut.

Informasi selengkapnya mengenai profil risiko dapat kamu akses melalui halaman berikut:

Bahasa Indonesia:

http://jenius.com/app/investasi/reksadana


Bahasa Inggris:

http://jenius.com/en/app/investasi/reksadana

Apakah Saya bisa merubah profil risiko Saya?

Ya, kamu dapat mengulang kuis profil risiko di aplikasi Jenius untuk mengubah profil risikomu.

Berapa lama masa berlaku profil risiko saya?

Masa berlaku profil risiko kamu adalah 1 tahun.

Kamu dapat mengetahui tanggal kedaluwarsa profil risiko di aplikasi Jenius di menu Wealth, tab Investment.

Apa yang terjadi jika profil risiko Saya kedaluwarsa?

Jika profil risiko sudah kedaluwarsa, kamu tidak dapat melakukan transaksi pembelian. Kamu bisa mengulang kuis tersebut untuk mengupdate profil risiko kamu.

Jika saya mengisi formulir profil risiko di Cabang BTPN Sinaya, apakah secara otomatis profil risiko saya di Jenius akan terupdate?

Iya. Profil risiko kamu di aplikasi Jenius akan ter-update dengan hasil profil risiko yang kamu isi di Cabang BTPN Sinaya.

Apa yang dimaksud dengan kategori produk?

Kategori produk adalah pembagian reksa dana berdasarkan komposisinya.

Pasar uang berisi reksa dana yang menempatkan dana keloaannya pada instrumen pasar uang. Fluktuasi harganya paling rendah.

Obligasi jangka pendek berisi reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana campuran yang banyak memilih obligasi jangka pendek dalam pengelolaan investasinya. Fluktuasi harganya tidak terlalu tinggi.

Obligasi jangka panjang berisi reksa dana pendapatan tetap yang memiliki obligasi jangka panjang sebagai komposisi utamanya. Fluktuasi harga reksa dana ini cukup tinggi.

Saham berisi reksa dana yang memiliki minimal 80% aset saham dalam komposisi investasinya. Fluktuasi harganya paling tinggi di antara reksa dana lain.

Informasi selengkapnya mengenai kategori produk dapat kamu akses melalui halaman berikut:

Bahasa Indonesia:

http://jenius.com/app/investasi/reksadana


Bahasa Inggris:

http://jenius.com/en/app/investasi/reksadana

Apa yang dimaksud dengan alokasi portofolio ideal?

Alokasi portofolio ideal adalah alokasi yang sudah disesuaikan dengan profil risiko kamu.

Informasi selengkapnya mengenai alokasi portofolio ideal dapat kamu akses melalui halaman berikut:

Bahasa Indonesia:

http://jenius.com/app/investasi/reksadana


Bahasa Inggris:

http://jenius.com/en/app/investasi/reksadana.

Mengapa persentase alokasi portofolio ideal bisa berubah?

Persentase tersebut bisa berubah tergantung tingkat suku bunga, tingkat inflasi, kondisi keuangan makro Indonesia, kondisi keuangan dunia, kondisi industri, dan lain sebagainya.

Informasi selengkapnya mengenai alokasi portofolio ideal dapat kamu akses melalui halaman berikut:

Bahasa Indonesia:

http://jenius.com/app/investasi/reksadana

 

Bahasa Inggris:

http://jenius.com/en/app/investasi/reksadana

Apa yang dimaksud sebagai Manajer Investasi?

Manajer investasi adalah pihak profesional yang mengelola investasimu melalui produk reksa dana dan harus sudah mendapatkan izin dari OJK.

Bagaimana cara Jenius memilih Manajer Investasi?

Jenius melalui Bank BTPN memiliki proses due diligence (seleksi ketat) untuk memilih Manajer Investasi yang terpercaya dan memiliki kinerja baik.

Manajer Investasi apa yang tersedia di Jenius?

Manajer Investasi yang saat ini tersedia di Jenius adalah Mandiri Investasi, Schroders, Ashmore, BNP Paribas.

Daftar Manajemen Investasi di Jenius dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti proses due dilligence (seleksi ketat) dari Bank BTPN. Cek secara berkala untuk update-nya, ya.

Produk reksa dana apa saja yang tersedia di Jenius?

Informasi mengenai reksa dana yang tersedia di Jenius dapat kamu akses melalui aplikasi Jenius.

Caranya adalah dengan buka aplikasi Jenius, pilih Wealth, pilih tab Investment, pilih Lihat Produk pada bagian reksa dana, lalu scroll untuk melihat-lihat produk reksa dana berdasarkan Manajer Investasi atau kategorinya.

Daftar reksa dana yang tersedia di Jenius dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti proses due dilligence (seleksi ketat) dari Bank BTPN. Cek secara berkala untuk update-nya, ya.

 

 

Apa itu Auto Invest?

Tambahan opsi di fitur reksa dana untuk top up otomatis sesuai pilihanmu.

Apa kelebihan Auto Invest?

Jumlah uang, frekuensi, tanggal mulai, dan pilihan berakhirnya bebas kamu pilih sendiri.

Apa manfaat Auto Invest?

Kamu bisa otomatis top up reksa dana dengan jumlah uang, waktu, dan frekuensi yang bebas dipilih sendiri sehingga tujuan keuanganmu lebih cepat terwujud.

Di mana saya bisa mengakses Auto Invest?

Jika Auto Invest belum aktif

  • Dari halaman pembelian: masuk ke halaman Wealth, pilih menu Investment, lalu pilih Lihat produk di Reksa Dana. Pilih produk yang kamu inginkan, tap Beli, lalu aktifkan toggle Aktifkan Auto Invest dari halaman pembelian.
  • Dari portofolio: masuk ke halaman Wealth, pilih menu Investment, lalu pilih portofolio di kotak Reksa Dana. Setelah masuk halaman portofolio, klik tiga titik kanan pada prodil reksa dana, lalu pilih Buat Auto Invest.

Jika Auto Invest sudah aktif

  • Masuk ke halaman Wealth, menu Investment, lalu pilih portofolio di bagian Reksa Dana. Setelah masuk halaman portofolio, pilih Lihat rincian Auto Invest.
Bagaimana cara memulai Auto Invest?

• Dari halaman pembelian

  • Buka aplikasi Jenius, pilih Wealth pada navigasi bawah layar, lalu masuk ke menu Investment.
  • Perhatikan bagian Reksa Dana, lalu pilih Lihat produk.
  • Pilih kategori produk atau Manajer Investasi.
  • Buka detail dari produk yang ingin kamu beli, lalu tap Beli.
  • Masukkan jumlah uang yang akan ditarik dari Saldo Aktif, lalu tap toggle Aktifkan Auto Invest.
  • Pilih frekuensi Auto Invest.
  • Pilih tanggal mulai Auto Invest.
  • Pilih cara mengakhiri Auto Invest, lalu pilih tanggal atau jumlah transaksi.
  • Perhatikan seluruh informasi. Jika sudah sesuai, pilih Lanjut.
  • Perhatikan kembali seluruh informasi. Jika sudah sesuai, pilih Lanjut.
  • Pelajari dan setujui deklarasi nasabah, kemudian pilih Konfirmasi & Beli Reksa Dana.

• Dari portofolio

  • Buka aplikasi Jenius, pilih Wealth pada navigasi bawah layar, lalu masuk ke menu Investment.
  • Perhatikan bagian Reksa Dana, lalu pilih portofolio.
  • Tap tiga titik di kanan pada produk reksa dana, lalu pilih Buat Auto Invest.
  • Masukkan jumlah uang yang akan ditarik dari Saldo Aktif.
  • Pilih frekuensi Auto Invest.
  • Pilih tanggal mulai Auto Invest.
  • Pilih cara mengakhiri Auto Invest, lalu pilih tanggal atau jumlah transaksi.
  • Perhatikan seluruh informasi. Jika sudah sesuai, pilih Lanjut.
  • Perhatikan kembali seluruh informasi. Jika sudah sesuai, pilih Lanjut.
  • Pelajari dan setujui deklarasi nasabah, kemudian pilih Konfirmasi & Beli Reksa Dana.
Bagaimana cara kerja Auto Invest?

Auto Invest akan otomatis menarik uang di Saldo Aktif sesuai jumlah uang, waktu, dan periode yang sudah kamu tentukan.

Berapa pilihan frekuensi Auto Invest yang tersedia?

Saat ini tersedia 4 pilihan.
– Satu kali
– Harian
– Mingguan
– Bulanan

Apa Auto Invest harian berlaku setiap hari?

Auto Invest harian hanya berlaku pada hari kerja (Senin hingga Jumat) dan tidak berlaku di hari libur.

Apa saya bisa menjadwalkan Auto Invest di luar hari kerja?

Jika memilih periode Satu kali atau Bulanan, kamu bebas menentukan tanggal Auto Invest.
Jika pilihan tanggalmu jatuh di akhir pekan, Jenius akan tetap melakukan pendebetan sesuai tanggal yang kamu pilih, tetapi pembelian reksa dana akan mengikuti hari bursa.

Bagaimana cara menghentikan Auto Invest?

Saat ini tersedia 3 pilihan untuk menghentikan Auto Invest.
– Tanggal (berakhir pada tanggal yang ditentukan)
– Frekuensi (berakhir setelah mencapai jumlah transaksi tertentu)
– Manual (berakhir ketika dihentikan manual)

Apa Auto Invest bisa ditunda?

Ya. Auto Invest bisa ditunda dan dilanjutkan kembali sesuai keinginanmu.

Bagaimana cara menunda Auto Invest?

– Masuk ke halaman portofolio reksa dana.
– Pilih Lihat rincian Auto Invest.
– Pada halaman rincian Auto Invest, pilih Tunda.

Apa yang terjadi jika saya menunda Auto Invest?

Jadwal top up otomatis akan tertunda sampai Auto Invest dilanjutkan.

Apa Auto Invest dapat tertunda otomatis?

Ya! Auto Invest bisa tertunda otomatis jika Saldo Aktif tidak mencukupi, profil risiko sudah kedaluwarsa, atau terjadi kesalahan sistem.

Apa yang terjadi jika Saldo Aktif saya tidak mencukupi saat jadwal Auto Invest?

Pada jadwal Auto Invest yang sudah kamu pilih, Jenius akan melakukan 3 sesi penarikan pada pukul 06.00, 09.00, dan 12.00 WIB. Jika di sesi pertama dan kedua belum berhasil, Jenius akan mengirim notifikasi agar kamu menyiapkan uang di Saldo Aktif. Jika di sesi terakhir masih belum berhasil, Auto Invest akan ditunda sementara.

Apa yang harus dilakukan jika Auto Invest tertunda otomatis?

Sediakan uang di Saldo Aktif atau perbarui profil risiko, masuk ke halaman rincian Auto Invest, lalu pilih Lanjutkan Sekarang atau Lanjutkan di Periode Berikutnya (jika terhenti karena Saldo Aktif tidak mencukupi) dan pilih Lanjutkan (jika profil risiko kedaluwarsa).

Bagaimana cara meneruskan Auto Invest yang saya tunda?

– Masuk ke halaman portofolio reksa dana.
– Pilih Lihat rincian Auto Invest.
– Pada halaman rincian Auto Invest, pilih Lanjutkan.

Apa Auto Invest bisa dihentikan?

Ya! Auto Invest yang sedang berjalan bisa kamu hentikan.

Bagaimana cara menghentikan Auto Invest?

– Masuk ke halaman portofolio reksa dana.
– Pilih Lihat rincian Auto Invest.
– Pada halaman rincian Auto Invest, pilih Stop.

Apa yang terjadi jika saya menghentikan Auto Invest?

Seluruh Auto Invest yang sudah dijadwalkan akan dibatalkan.

Apa rincian Auto Invest bisa diubah?

Ya! Kamu bisa mengubah jumlah uang, frekuensi, dan pilihan cara berakhir Auto Invest yang sedang berjalan.

Bagaimana cara mengubah rincian Auto Invest?

– Masuk ke halaman portofolio reksa dana.
– Pilih Lihat rincian Auto Invest.
– Pada halaman rincian Auto Invest, pilih Edit.
– Tentukan perubahan rincian yang kamu mau, lalu selesaikan prosesnya hingga selesai.
Mau lebih praktis? Kamu bisa tap tombol tiga titik di kanan pada produk reksa dana di halaman portofolio, lalu tap Edit Auto Invest.

Apa yang terjadi jika saya mengubah rincian Auto Invest?

Pengaturan Auto Invest (termasuk biaya transaksi) akan berubah mengikuti rincian terbaru.

Bagaimana cara memantau jadwal Auto Invest?

– Masuk ke halaman portofolio reksa dana.
– Pilih Lihat rincian Auto Invest.
– Pantau jadwalnya pada halaman rincian Auto Invest.

Bagaimana cara melihat histori transaksi Auto Invest?

– Masuk ke halaman portofolio reksa dana.
– Pilih menu Transaksi.
– Periksa histori transaksi yang disusun berdasarkan urutan waktu.

Saat Auto Invest aktif, apa saya bisa melakukan top up dan menjual reksa dana?

Ya! Top up, penjualan semua atau sebagian dapat dilakukan saat Auto Invest aktif.

Apa ada biaya tambahan untuk Auto Invest?

Tidak ada biaya tambahan untuk Auto Invest, namun tiap produk reksa dana memiliki ketentuan khusus untuk biaya pembelian yang harus dibayar.

Apa yang dimaksud dengan Prospektus dan Fund Fact Sheet?

Prospektus adalah dokumen tentang profil reksa dana berisi info terkait tanggal peluncuran produknya, rekam jejak dari manajer investasi, portofolio investasi, dan beragam informasi penting lainnya.

Sementara itu, Fund Fact Sheet merupakan laporan bulanan yang diterbitkan oleh Manajer Investasi yang berisi informasi kinerja produk, komposisi aset, dan portfolio efek pada akhir bulan dari setiap reksadana.

Kamu bisa melihat pengertian selengkapnya dari setiap istilah dalam kamus investasi di aplikasi Jenius. Buka aplikasi Jenius, klik Menu Wealth, pilih Tab Investment, pilih produk yang ingin dibeli, lalu scroll ke bawah sampai kamu melihat ikon Kamus. Klik agar kamu bisa mengetahui istilah-istilah investasi lebih lanjut.

Apa yang dimaksud dengan Bank Kustodian?

Bank Kustodian adalah Bank Umum yang memberikan jasa penitipan dana kelolaan reksa dana.

Bank ini juga menyediakan jasa lain seperti menerima dividen, bunga, dan hak-hak lain; menyelesaikan transaksi Efek; dan mewakili pemegang rekening yang menjadi nasabahnya.

Bank Kustodian harus mendapatkan surat persetujuan dari OJK Bank Kustodian dan melakukan kontrak dengan Manajer Investasi dalam industri reksa dana sebagai pihak yang diberi wewenang untuk melaksanakan Penitipan Kolektif.

Kamu bisa melihat pengertian selengkapnya dari setiap istilah dalam kamus investasi di aplikasi Jenius. Buka aplikasi Jenius, klik Menu Wealth, pilih Tab Investment, pilih produk yang ingin dibeli, lalu scroll ke bawah sampai kamu melihat ikon Kamus. Klik agar kamu bisa mengetahui istilah-istilah investasi lebih lanjut.

Apa yang dimaksud dengan level risiko produk?

Level risiko produk mengacu pada tingkat fluktuasi harga sebuah unit reksa dana berdasarkan komposisinya. Kamu bisa melihat level risiko ini melalui dokumen  Prospektus masing-masing produk.

Dokumen prospektus dapat diunduh melalui aplikasi Jenius di Halaman Detil Produk.

Informasi selengkapnya mengenai pengertian level risiko produk dapat kamu akses melalui halaman berikut:

Bahasa Indonesia:

http://jenius.com/app/investasi/reksadana

 

Bahasa Inggris:

http://jenius.com/en/app/investasi/reksadana

Apa yang dimaksud dengan tipe reksa dana?

Tipe reksa dana mengacu pada dokumen  Prospektus masing-masing produk.

Dokumen prospektus dapat diunduh melalui aplikasi Jenius di Halaman Detil Produk.

Informasi mengenai pengertian tipe reksa dana dapat kamu akses melalui halaman berikut:

Bahasa Indonesia:

http://jenius.com/app/investasi/reksadana

 

Bahasa Inggris:

http://jenius.com/en/app/investasi/reksadana

Apa yang dimaksud dengan Unit Penyertaan dan NAB/Unit?

Unit Penyertaan adalah satuan ukuran yang menunjukkan bagian kepemilikan kamu dalam portofolio investasi kolektif, seperti reksa dana. Unit Penyertaan digunakan sebagai satuan reksa dana, seperti gram untuk mengukur emas.

Sementara itu, Nilai Aktiva Bersih per Unit (NAB per Unit) adalah harga wajar dari portofolio suatu Reksa dana setelah dikurangi biaya operasional Reksa dana, kemudian dibagi dengan jumlah saham atau unit penyertaan yang beredar atau dimiliki oleh investor pada suatu periode tertentu.

Kamu bisa melihat pengertian selengkapnya dari setiap istilah dalam kamus investasi di aplikasi Jenius. Buka aplikasi Jenius, klik Menu Wealth, pilih Tab Investment, pilih produk yang ingin dibeli, lalu scroll ke bawah sampai kamu melihat ikon Kamus. Klik agar kamu bisa mengetahui istilah-istilah investasi lebih lanjut.

Apa maksud dengan histori perubahan harga atau histori return?

Setiap produk reksa dana memiliki sejarah fluktuasi harga sejak pertama kali diterbitkan oleh Manajer Investasi. Fluktuasi masa lalu inilah yang dimaksud dengan histori perubahan harga atau return.

Info ini bisa memberi gambaran mengenai performa reksa dana berdasarkan masa lalu. Tapi, selalu ingat bahwa kinerja atau riwayat performa reksa dana di masa lalu tidak selalu mencerminkan kinerjanya di masa depan nanti.

Informasi selengkapnya mengeni histori perubahan harga atau histori return dapat kamu akses melalui halaman berikut:

Bahasa Indonesia:

http://jenius.com/app/investasi/reksadana

 

Bahasa Inggris:

http://jenius.com/en/app/investasi/reksadana

Apa yang dimaksud dengan return dalam 1M 3M YTD 1Y 3Y 5Y di aplikasi Jenius?

Berikut pengertiannya:

1M berarti 1 bulan yang lalu.

3M berarti 3 bulan yang lalu.

YTD atau Year to Date mewakili rentang waktu sejak awal tahun yang sedang berjalan hingga hari ini.

1Y berarti 1 tahun lalu.

3Y berarti 3 tahun lalu.

5Y berarti 5 tahun lalu.

Semoga membantu.

Apa saja promosi pembelian reksa dana di Jenius?

Info tentang program atau promosi reksa dana di Jenius akan kamu terima via email atau push notification. Tunggu kabarnya, ya.

Apa perbedaan hari bursa dengan hari kerja?

Hari Bursa adalah hari berlangsungnya perdagangan Efek (termasuk reksa dana) di Bursa, yaitu hari Senin sampai dengan hari Jumat, kecuali hari tersebut merupakan hari libur nasional atau dinyatakan sebagai hari libur oleh Bursa.

Apakah saya dapat menutup akun reksa dana saya di Jenius?

Tidak, tetapi kamu bisa mengajukan permohonan untuk menutup akun investor kamu di halaman AKSes KSEI melalui www.akses.ksei.co.id.

Apa yang saya harus lakukan untuk membuat akun reksa dana di Jenius?

Untuk melakukan transaksi investasi reksa dana pada aplikasi Jenius, kamu harus memiliki akun rekening Jenius terlebih dahulu.

Setelah selesai, kamu bisa buka menu Wealth dan pilih tab Investment. Di sana kamu bisa memulai kuis profil risiko untuk melakukan penilaian risiko investasi kamu, dan menyelesaikan proses pembukaan akun investasi pada aplikasi Jenius.

Jenius dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) akan memverifikasi semua data kamu, apabila berhasil Jenius akan memberikan notifikasi bahwa akun investasi kamu telah aktif.

Berapa lama proses pengajuan pembukaan akun investasi di Jenius?

Proses pengajuan akun investasi di Jenius membutuhkan waktu maksimal 2 hari bursa setelah pengajuan berhasil terkirim.

Apakah terdapat biaya dalam pembuatan akun reksa dana?

Tidak, pembuatan akun reksa dana tidak dikenakan biaya apapun.

Bagaimana saya dapat mengetahui status pembukaan akun reksa dana?

Kamu bisa buka aplikasi Jeniu, pilih menu Wealth, lalu pilih tab Investment. Pada bagian reksa dana akan terlihat status pembukaan akun reksa dana kamu.

Jenius akan mengirimkan notifikasi dan email jika status pembukaan rekening sukses atau gagal.

Apa yang harus saya lakukan saat pengajuan saya gagal?

Jika pengajuan pembuatan akun reksa dana gagal, kamu perlu melihat dulu alasan gagal yang tertera di aplikasi Jenius.

Buka aplikasi Jenius, pilih Wealth, lalu pilih tab Investment. Pada bagian reksa dana klik “Lihat Progres Pengajuan” / “View Application Progress” agar kamu mengetahui alasannya. Selanjutnya, kamu bisa menginformasikan tim Jenius tentang alasan tersebut agar kami dapat membantu lebih lanjut.

Handling – Alasan Gagal 1
Data tanggal lahir atau jenis kelamin kamu tidak cocok
Your date of birth or gender data doesn’t match

Hal ini terjadi karena data tanggal lahir atau jenis kelamin kamu tidak sama antara di Jenius dengan data Dukcapil.

(Detail alur merujuk pada dokumen Flow Handling – Pembukaan Akun reksa dana Gagal) 

Handling – Alasan Gagal 2
Kemungkinan nomor SID ganda
Possible duplicate SID number

Hal ini terjadi karena terdapat kemungkinan kamu telah memiliki nomor SID yang sudah terdaftar.

Untuk itu, KSEI selaku Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian di Pasar Modal Indonesia akan memintamu untuk mengirimkan dokumen scan e-KTP. Kamu bisa mengirim scan e-KTP ke Jenius agar tim Jenius bisa membantu mengirimkannya ke KSEI.

(Detail alur merujuk pada dokumen Flow Handling – Pembukaan Akun reksa dana Gagal) 

Handling – Alasan Gagal 3
Kamu sudah terdaftar di BTPN
You already have registered on BTPN

Hal ini terjadi karena kamu sudah memiliki akun reksa dana di BTPN sebelumnya.

Kamu bisa mendatangi kantor cabang tempat pembukaan rekening pertama BTPN Sinaya untuk dibantu lebih lanjut.

Handling – Alasan Gagal 4
Nomor identitas tidak cocok
ID number doesn’t match

Hal ini terjadi karena data nomor KTP kamu tidak sama antara di Jenius dengan data Dukcapil.

(Detail alur merujuk pada dokumen Flow Handling – Pembukaan Akun reksa dana Gagal)

Handling – Alasan Gagal 5
Kartu pengenal warga asing tidak valid
Your foreigner ID is invalid

Hal ini terjadi karena data Paspormu tidak sesuai, seperti jenis ID atau nomor ID yang tidak sesuai. Kamu perlu melakukan pengkinian data dengan mengirimkan scan Paspor ke Jenius agar tim kami dapat membantu lebih lanjut.

(Detail alur merujuk pada dokumen Flow Handling – Pembukaan Akun reksa dana Gagal)

Handling – Alasan Gagal 6
Gagal verifikasi karena kesalahan sistem
Verification failed due system error

Hal ini terjadi karena terdapat permasalahan sistem yang butuh investigasi lebih lanjut.

Kamu bisa menjelaskan masalah tersebut dengan lebih detail agar tim kami dapat membantu meneruskannya ke tim terkait.

(Detail alur merujuk pada dokumen Flow Handling – Pembukaan Akun reksa dana Gagal)

Handling – Alasan Gagal 7
Pembatasan aturan FATCA
Failed due to FATCA restriction

Hal ini terjadi karena terdapat aturan FATCA yang membatasi WNA Amerika Serikat untuk memiliki akun reksa dana.

Berdasarkan regulasi, Jenius harus selalu mematuhi aturan tersebut sehingga tidak dapat meneruskan pembuatan akun.

Handling – Alasan Gagal 8
Data tidak lengkap
Incomplete personal data

Hal ini terjadi karena terdapat data profil yang tidak lengkap. Kamu perlu melakukan pengkinian data melalui aplikasi Jenius terkait data-data yang tidak lengkap tersebut agar tim Jenius dapat membantu lebih lanjut.

Penjelasan mengenai data apa saja yang belum lengkap terdapat dalam aplikasi Jenius.

(Detail alur merujuk pada dokumen Flow Handling – Pembukaan Akun reksa dana Gagal)

Handling – Alasan Gagal 9
Data kewarganegaraan tidak tepat.
Verification failed due to incorrect citizenship

Hal ini terjadi karena data Paspor Nasabah tidak sesuai, tepatnya pada data kewarganegaraan yang tidak sesuai. Kamu perlu melakukan pengkinian data dengan mengirimkan scan Paspor ke Jenius agar tim kami dapat membantu lebih lanjut.

(Detail alur merujuk pada dokumen Flow Handling – Pembukaan Akun reksa dana Gagal)

Apakah warga negara asing dapat memiliki akun investasi di Jenius?

Ya, bisa, dengan pengecualian tertentu.

Warga negara asing dapat memiliki akun investasi di Jenius, kecuali untuk warga negara Amerika Serikat karena terdapat pembatasan aturan FATCA.

Apakah nasabah BTPN Sinaya yang telah memiliki akun reksa dana perlu untuk melakukan pembuatan akun ulang di Jenius?

Tidak perlu. Sebagai nasabah BTPN Sinaya yang sudah memiliki akun reksa dana, kamu tidak perlu melakukan pembuatan akun ulang. Akun tersebut langsung dapat digunakan di aplikasi Jenius.

Jika akun nasabah BTPN Sinaya belum muncul di Jenius, kamu bisa menghubungi RM atau cabang BTPN Sinaya terdekat.

Bagaimana cara melakukan pembelian reksa dana di Jenius?

Setelah memiliki portofolio, kamu bisa mencari produk yang kamu inginkan berdasarkan manajer investasi atau kategori produk.

Lanjutkan dengan proses pembelian dengan memasukan jumlah dana yang kamu investasikan. Periksa kembali semua informasi yang tertera sebelum membeli.

Bagaimana cara melakukan penjualan reksa dana di Jenius?

Setelah memiliki portofolio dan produk reksa dana, kamu bisa memilih produk spesifik yang ingin kamu jual. Lanjutkan dengan menentukan jumlah dana atau unit yang ingin dijual, dan periksa kembali semua informasi yang tertera sebelum menjual.

Harga pembelian dan penjualan akan mengikuti NAB/Unit di hari apa?

Jika transaksi dilakukan sampai dengan pukul 13.00 WIB pada hari bursa, transaksi akan diproses berdasarkan Nilai Aktiva Bersih (NAB)/unit yang ditetapkan pada akhir hari bursa yang bersangkutan.

Jika transaksi dilakukan setelah pukul 13.00 WIB pada hari bursa atau dilakukan di hari libur bursa (termasuk Sabtu, Minggu, Hari libur Nasional) transaksi akan diproses berdasarkan NAB/unit yang ditetapkan pada akhir hari bursa berikutnya.

Berapa lama transaksi pembelian saya selesai diproses?

Pembelian kamu membutuhkan waktu sampai dengan 2 hari bursa. Jenius akan mengirimkan notifikasi apabila transaksi berhasil atau gagal.

Berapa lama transaksi penjualan saya selesai diproses?

Penjualan kamu membutuhkan waktu sampai dengan 7 hari bursa. Jenius akan mengirimkan notifikasi apabila transaksi berhasil atau gagal.

Apakah saya dapat melakukan transaksi di luar jam kerja atau di hari libur?

Bisa.
Jika transaksi dilakukan setelah pukul 13.00 WIB pada hari bursa atau dilakukan di hari libur bursa (termasuk Sabtu, Minggu, Hari libur Nasional) transaksi akan diproses berdasarkan NAB/unit yang ditetapkan pada akhir hari bursa berikutnya.

Apakah saya bisa melihat histori transaksi investasi di Jenius?

Bisa, kamu dapat melihat histori transaksi di menu Transaksi di dalam portofolio investasimu atau kamu dapat melihat semua ringkasan pemasukan dan pengeluaran di menu Moneytory.

Apa yang terjadi jika transaksi reksa dana Saya gagal?

Jika transaksi pembelian gagal, maka uang kamu akan dikembalikan ke Saldo Aktif.

Jika transaksi penjualan gagal, maka unit reksa dana akan dikembalikan ke dalam portofolio kamu. Jangan khawatir, kamu masih bisa melakukan transaksi lainnya setelah beberapa saat

Adakah biaya yang harus saya bayar untuk melakukan transaksi reksa dana?

Tiap produk reksa dana punya ketentuan yang berbeda tentang besaran biaya pembelian reksa dana, tergantung kebijakan Manajer Investasi masing-masing reksa dana. Kamu bisa melihat rincian berbagai biaya transaksi reksa dana melalui halaman detail produk reksa dana yang kamu minati.

Caranya adalah dengan buka aplikasi Jenius, pilih Wealth, pilih tab Investment, pilih Lihat Produk pada bagian reksa dana, pilih produk berdasarkan Manajer Investasi atau kategorinya, lalu scroll untuk mendapatkan info yang ingin kamu ketahui.

Semoga membantu.

Berapa nilai minimum pembelian atau minimum penjualan di Jenius?

Tiap produk reksa dana punya ketentuan yang berbeda tentang besaran minimum pembelian atau penjualan reksa dana, tergantung kebijakan Manajer Investasi masing-masing reksa dana. Kamu bisa melihat rincian minimum pembelian atau penjualan reksa dana melalui halaman detail produk reksa dana yang kamu minati.

Caranya adalah dengan buka aplikasi Jenius, pilih Wealth, pilih tab Investment, pilih Lihat Produk pada bagian reksa dana, pilih produk berdasarkan Manajer Investasi atau kategorinya, lalu scroll untuk mendapatkan info yang ingin kamu ketahui.

Semoga membantu.

Apakah saya dapat menjual seluruh unit reksa dana saya (redeem all)?

Ya, bisa. Melalui aplikasi Jenius, kamu bebas menjual seluruh unit reksa dana yang kamu miliki di portofoliomu.

Apakah saya dikenakan pajak untuk setiap transaksi Pembelian dan/atau Penjualan reksa dana?

Tidak. Pajak dari biaya pembelian maupun penjualan reksa dana masih ditanggung BTPN untuk saat ini.

Penjelasan lebih lanjut mengenai pajak pada reksa dana dapat kamu akses melalui halaman berikut:

Bahasa Indonesia:

http://jenius.com/app/investasi/reksadana

 

Bahasa Inggris:

http://jenius.com/en/app/investasi/reksadana

Apakah reksa dana yang dibeli di Jenius dapat dijual di Cabang? Atau sebaliknya, reksa dana yang dibeli di Cabang BTPN Sinaya dapat dijual di Jenius?

Ya, kamu bisa menjual reksa dana yang kamu beli di Cabang melalui aplikasi Jenius maupun sebaliknya.

Apakah transaksi reksa dana saya bisa dibatalkan?

Transaksi reksa dana yang sudah atau sedang diproses tidak bisa dibatalkan, tapi kamu selalu bisa menjual reksa dana tersebut setelah transaksi berhasil diproses, atau menunggunya gagal untuk kemudian mengulang transaksi reksa dana lainnya.

Semoga membantu.

Apakah saya bisa mendapatkan gratis biaya transaksi?

Tiap produk reksa dana memiliki ketentuan khusus mengenai biaya pembelian reksa dana. Kamu bisa melihat rincian biaya-biaya transaksi termasuk biaya pembelian melalui aplikasi Jenius di halaman detail produk reksa dana yang kam minati.

Untuk info mengenai program gratis biaya transaksi reksa dana, kamu bisa menunggu infonya melalui email atau push notification aplikasi Jenius. Pastikan bahwa pengaturan push notification kamu untuk aplikasi Jenius masih menyala agar kamu tidak kehilangan info program menarik ini.

Semoga membantu.

 

Apakah Jenius menjual produk reksa dana Valas?

Saat ini kamu belum bisa menjual produk reksa dana valas melalui aplikasi Jenius. Nantikan info berikutnya mengenai hal ini, ya.

Apakah Jenius bisa melakukan transaksi investasi pengalihan (switching)?

Kamu sudah bisa melakukan pengalihan investasi reksa dana yang kamu miliki di aplikasi Jenius.

Caranya, kamu bisa buka portofolio reksa danamu, pilih tanda tiga titik pada kanan atas produk tersebut, lalu pilih Smart Switch. Atur pengalihan sesuai keinginan, lalu ajukan.

Pastikan bahwa reksa dana yang kamu alihkan memiliki nilai di atas nilai minimum pengalihan yang sudah ditetapkan, ya.

Apa itu reksa dana switching (pengalihan)?

Switching, atau pengalihan, adalah transaksi pemindahan kepemilikan unit reksa dana ke reksa dana lain dari Manajer Investasi yang sama.

Dengan switching atau pengalihan, kamu bisa langsung memindahkan kepemilikan unit reksa dana ke reksa dana lain tanpa repot melakukan dua kali transaksi dan menunggu setelmen atau penyelesaiannya.

Syaratnya adalah reksa dana tujuanmu harus berada di bawah Manajer Investasi yang sama, serta memiliki jumlah unit mencapai minimum pengalihan.

Apa saja syarat melakukan reksa dana switching (pengalihan)?

Syarat melakukan switching atau pengalihan reksa dana adalah:

Kamu perlu memiliki reksa dana yang akan kamu alihkan.
Kamu memiliki unit reksa dana yang cukup untuk dialihkan.
Unit reksa dana yang akan kamu alihkan memiliki nilai (dalam Rupiah) yang cukup untuk dialihkan.
Reksa dana memiliki alternatif pengganti dari Manajer Investasi yang sama.

Apakah terdapat biaya untuk reksa dana switching?

Tiap produk reksa dana punya ketentuan yang berbeda tentang besaran biaya pengalihan. Kamu bisa melihat rincian biaya pengalihan pada dokumen Prospektus, atau kamu bisa melihatnya pada halaman detail produk saat pengalihan akan dilakukan.

Untuk melihat biaya pada halaman detail produk, kamu bisa buka aplikasi Jenis, pilih menu Wealth, dan pilih tab Investment. Buka portofolio reksa danamu, pilih tanda tiga titik pada kanan atas produk tersebut, lalu pilih Smart Switch.

Pada daftar produk yang nanti muncul, kamu bisa memilih untuk melihat detail tiap produk. Di sana akan tercantum biaya yang perlu dibayar sebelum melakukan pengalihan.

Semoga membantu.

Berapa lama transaksi reksa dana switching (pengalihan) saya selesai diproses?

Switching atau pengalihan kamu membutuhkan waktu sampai dengan 2 hari bursa. Jenius akan mengirimkan notifikasi apabila transaksi berhasil atau gagal.

 

Apakah Jenius bisa melakukan transaksi pembelian berkala?

Ya, kamu bisa melakukan transaksi pembelian berkala melalui fitur Auto Invest. Buka portofolio reksa danamu, pilih tanda tiga titik pada kanan atas produk tersebut, lalu pilih beli secara berkala. Atur pembelian sesuai keinginan dan ajukan. Jika berhasil, aplikasi Jenius akan mengirimkan notifikasi setiap kali investasi berkala berhasil dilakukan.

Semoga membantu.

 

Apa yang harus saya lakukan setelah sukses memiliki akun investasi di Jenius?

Setelah memiliki akun investasi, kamu bisa melanjutkan dengan membuat portofolio baru dengan nama sesuai tujuan investasimu.

Setelah itu kamu pun bebas memilih produk reksa dana berdasarkan manajer investasi atau kategori produk.

Hanya beli produk reksa dana yang sesuai dengan profil risikomu serta sudah kamu pahami Prospektus dan Fund Fact Sheet-nya.

Apa yang dimaksud dengan portofolio?

Portofolio adalah rumah bagi berbagai produk yang kamu investasikan untuk mencapai tujuan finansialmu

Berapa jumlah Portofolio yang bisa saya buat?

Untuk sekarang, kamu hanya bisa memiliki 1 portofolio untuk satu akun. Dalam waktu dekat Jenius akan mengembangkan jumlah portofolio yang bisa kamu miliki.

Apakah saya bisa mengubah nama atau gambar portofolio?

Saat ini kamu hanya dapat mengubah nama portofolio sesuai tujuan investasimu. Akses halaman portofolio, lalu pilih ikon edit di kanan atas layar.

Untuk gambar portofolio saat ini belum dapat diubah. Dalam waktu dekat Jenius akan mengembangkan kemampuan aplikasi untuk mengubah gambar portofoliomu.

Apakah saya bisa menghapus portofolio Saya?

Saat ini kamu hanya bisa edit nama portofolio dan belum bisa menghapus portofolio.

Bagaimana cara untuk memantau atau mengelola investasi saya di Jenius?

Kamu dapat membuka aplikasi Jenius, klik menu Wealth, buka tab Investment, lalu lihat performa produk yang kamu miliki dengan cara masuk ke portofolio yang sudah kamu buat.

Bagaimana saya mendapat laporan bulanan reksa dana?

Laporan bulanan reksa dana bisa kamu unduh melalui halaman AKSes KSEI di www.akses.ksei.co.id.

Apakah saya dapat meminta laporan bulanan reksa dana dari Jenius?

Laporan bulanan reksa dana hanya bisa kamu unduh melalui halaman AKSes KSEI di www.akses.ksei.co.id. Jenius tidak dapat memberikan laporan bulanan reksa dana karena Jenius tidak memiliki wewenang untuk menerbitkan laporan itu.

 

Kapan sebaiknya saya membeli / menjual produk reksa dana?

Untuk mencari info ini, kamu bisa dengan mudah mengakses Seputar Investasi melalui aplikasi Jenius.

Buka tab Wealth, pilih tab Investment, lalu scroll hingga kamu menemukan area Seputar Investasi. Artikelnya selalu update setiap minggu dengan kondisi ekonomi, analisis pasar modal, hingga perkembangan investasi untuk insight pembelian ataupun penjualan kamu.

Semoga membantu.

Produk reksa dana apa yang cocok untuk saya?

Kamu bisa mencari produk reksa dana yang sesuai dengan kuis profil risiko kamu. Pastikan untuk mencermati setiap Prospektus maupun Fund Fact Sheet dari setiap reksa dana yang kamu pelajari sebelum membelinya.

Semoga membantu.

Produk reksa dana apa yang memiliki histori return paling tinggi?

Kamu bisa melihat histori return setiap reksa dana melalui aplikasi Jenius ataupun melalui riset pribadi via pencairan dengan mesin pencari yang tersedia di internet.

Semoga membantu.

Manajer Investasi mana yang paling bagus / aman?

Manajer Investasi yang paling bagus atau aman adalah Manajer Investasi yang memiliki pengalaman kuat pada bidangnya.

Hal ini bisa kamu cari tahu melalui riset lebih lanjut seperti berapa lama Manajer Investasi tersebut sudah berpengalaman mengelola dana investasi, total AUM yang dikelolanya, sejarah return tahunannya, dan sebagainya.

Semoga membantu.

Lebih untung mana, reksa dana atau deposito?

Keuntungan deposito tergantung dari besaran bunga yang dijanjikan oleh bank penyedia deposito.

Sementara itu, keuntungan reksa dana tergantung dari komposisi investasi reksa dana tersebut, keahlian Manajer Investasi dalam mengelola reksa dana, faktor ekonomi makro Indonesia dan dunia, dan sebagainya. Agar kamu memahami keuntungan maupun risiko reksa dana dengan lebih baik, pastikan bahwa kamu membaca Prospektus maupun Fund Fact Sheet dari setiap reksa dana yang kamu minati.

Semoga membantu.

Apa yang bisa kami bantu?

Jenius Help siap membantu kamu 24/7

Hubungi Kami

1500 365

Email Kami

[email protected]