Jenius bisa bantu kebutuhan finansialmu lho, Teman Jenius. Gak cuma nabung, tapi juga buat bertransaksi: Mulai dari pakai Kartu Debit dan Kartu Kredit Jenius, scan QRIS, transaksi mata uang asing, sampai pakai Jenius di luar negeri!
Dalam artikel ini, Jenius akan menjawab semua pertanyaan kamu seputar transaksi pakai Jenius. Yuk, kita bahas! 👇
1. Apakah Kartu Kredit Jenius bisa digunakan di MRT?
Ya, bisa! Saat ini, Kartu Kredit Jenius Visa Contactless bisa digunakan untuk naik MRT Jakarta. Tinggal tap kartu di mesin pembayaran, dan kamu bisa langsung jalan deh! 🚇
2. Bagaimana cara konfirmasi pembayaran pakai Kartu Debit atau Kartu Kredit Jenius?
Sekarang konfirmasi pembayaran pakai Kartu Debit atau Kartu Kredit Jenius jadi lebih mudah dan cepat.
Karena kini kamu hanya perlu tap Konfirmasi di aplikasi Jenius tanpa kode OTP. Ini cara lengkapnya:
Setelah bertransaksi di merchant online, buka aplikasi Jenius.
Tap ikon lonceng di kanan atas pada halaman depan.
Pada bagian Permintaan, pastikan merchant dan nominal transaksimu sesuai. Lalu, tap Konfirmasi.
3. Apakah Jenius bisa dipakai di luar negeri?
Tentu bisa! Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk bertransaksi di luar negeri pakai Jenius:
Transaksi mata uang asing di aplikasi Jenius dan hubungkan dengan Kartu Debit Jenius (m-Card) untuk tarik tunai, serta belanja offline dan online.
Pakai Kartu Kredit Jenius di luar negeri untuk dapatkan Double Yay.
Scan QRIS di Jepang, Thailand, dan Malaysia untuk transaksi lebih praktis.
4. Bagaimana cara bayar QRIS di luar negeri pakai Jenius?
Untuk memudahkan bertransaksi di luar negeri, kamu bisa gunakan Jenius QR yang terhubung dengan QRIS Cross Border di tiga negara dengan jasa sistem pembayaran tertentu:
Jepang: JPQR Global
Thailand: PromptPay
Malaysia: DuitNow QR
Caranya sama seperti kamu transaksi scan QRIS di Indonesia, kok. Bisa lewat tombol shortcut Scan QRIS pada halaman PIN, juga lewat menu Scan QRIS di halaman Home atau tombol Mobius.
Semua transaksi yang dilakukan pakai Jenius QR di tiga negara tersebut akan menarik dari Saldo Aktif mata uang rupiah. Jadi, pastikan saldomu cukup sebelum transaksi, ya.
5. Apakah ada biaya admin untuk transaksi QRIS di luar negeri?
Tenang, gak ada biaya admin kok. Namun, saldo yang dipotong dalam mata uang rupiah akan mengikuti kurs yang berlaku saat transaksi berlangsung.
6. Bagaimana caranya mengirim uang ke luar negeri?
Dari aplikasi Jenius, kamu bisa kirim mata uang asing ke seluruh dunia tanpa dokumen tambahan. Bahkan, kalau kirim ke sesama Jenius hanya cukup pakai $Cashtag dan masuk secara real-time. Ini caranya:
Pada baris di atas Saldo Aktif di halaman Home, pilih Mata Uang Asing yang sesuai.
Pilih Transfer.
Pilih negara tujuan.
Mata uang asing dan negara tujuan akan memengaruhi jaringan yang akan digunakan untuk pengiriman uang, yakni SWIFT dan Non-SWIFT. Ikuti tahap selanjutnya untuk melanjutkan proses pengiriman.
Jadi, kalau mau kirim uang ke bank lain di berbagai negara, Jenius menyediakan dua metode yang otomatis dipilih sesuai tujuan pengirimanmu: SWIFT dan Non-SWIFT.
SWIFT buat kamu yang mau transfer ke mana pun dan pakai mata uang apa pun atau cross currency. Kalau Non-SWIFT adalah metode yang otomatis dipakai kalau kamu kirim uang ke negara yang menggunakan mata uang tersebut secara resmi.
Baca selengkapnya di sini, ya.
7. Berapa lama proses pengiriman uang ke luar negeri dari aplikasi Jenius?
Lama proses pengiriman uang ke luar negeri tergantung metode yang kamu pilih:
Sesama Jenius: Prosesnya real-time, jadi mata uang asing akan langsung diterima.
SWIFT: Pengiriman bisa dilakukan setiap Senin-Jumat pukul 09:00-14:00 WIB (kecuali hari libur nasional). Uang akan sampai dalam 1-5 hari kerja.
Non-SWIFT: Uang akan diproses dalam hitungan menit hingga maksimal 3 hari kerja selama 24 jam tanpa batasan jam operasional.
8. Berapa biaya admin untuk pengiriman uang ke luar negeri?
Kalau kamu kirim mata uang asing ke sesama Jenius, prosesnya instan dan bebas biaya. Cukup gunakan $Cashtag untuk mengirim uang, dan layanan ini tersedia 24 jam tanpa batasan jam operasional.
Sementara itu, untuk pengiriman ke bank lain, biaya dan prosesnya bergantung pada jaringan SWIFT atau Non-SWIFT yang tersedia. Mata uang asing dan negara tujuan yang kamu pilih akan menentukan jaringan yang tersedia.
Untuk informasi lengkap mengenai biayanya, kamu bisa cek tabel berikut ini:
| Transfer Mata Uang Asing | ||||||
| Jaringan SWIFT | Biaya Provisi | 0,125% x Jumlah Transfer Min. $10 (eqv) Maks. $150 (eqv) | #N/A | |||
| Biaya Full Amount (khusus transfer USD) | $25 | #N/A | ||||
| Biaya Telex | Rp50.000 (eqv) | #N/A | ||||
| Jaringan Non SWIFT | Biaya Transfer | 0,1% x Jumlah transfer Min: $1 (eqv) | #N/A |
| Biaya Layanan | Dolar Amerika Serikat $6 Euro €6 Pound Sterling Inggris £6 Dolar Singapura S$10 Dolar Hong Kong HK$60 Dolar Australia A$10 | #N/A |
Kalau masih punya pertanyaan tentang Jenius, kamu bisa cari jawaban atas pertanyaan lainnya di halaman Frequently Asked Questions atau tunggu seri Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Teman Jenius selanjutnya di Blog Jenius, ya! ✨
Artikel ini memuat informasi umum sebagai referensi dan edukasi. Dapatkan informasi terbaru seputar produk dan layanan Jenius di laman produk dan layanan terkait.