Bagikan
Highlight Cover
Simpler Life

Skinvestment: Investasi Biar Kulit Selalu Sehat dan Glowing

07 June 2022  |  Penulis: Nadya Warih

Hasil investasi biasanya baru bisa kita nikmati dalam jangka panjang. Artinya, lebih awal kita memulai, lebih baik hasilnya. Sama halnya ketika kita melakukan skinvestment, alias berinvestasi ke kesehatan kulit!

Pada usia 20 hingga 30-an awal, kulit biasanya masih dalam keadaan sehat. Tetapi, walaupun masih sehat, bukan berarti kulit kita gak butuh dirawat. Ada rutinitas perawatan kulit yang perlu dilakukan supaya kulit kita senantiasa sehat dan terhindar dari munculnya tanda-tanda penuaan.

Kali ini, Jenius pengin bahas rangkaian skinvestment yang bisa dilakukan biar kulit kamu selalu sehat dan glowing. Yuk disimak!

Skincare Utama yang Gak Boleh Terlupa

Para skincare enthusiast pasti sudah gak asing lagi dengan 10-step skincare atau 7-skin method yang sempat hype beberapa tahun terakhir. Bila rutin dilakukan, rangkaian penggunaan produk skincare dengan kedua metode tersebut terbukti ampuh buat kulit jadi glowing!

Namun, belakangan ini, rangkaian penggunaan produk yang lebih simpel semakin populer. Bahkan, ada istilahnya sendiri untuk itu. Namanya skinimalism.

Dalam metode skinimalism, produk utama yang digunakan hanya ada tiga:

  1. Cleanser untuk membersihkan wajah dari minyak, debu, dan kotoran. Pakai facial cleanser terlebih dulu sebagai langkah pertama. Kalau kamu habis pakai makeup, jangan lupa bersihkan dulu wajahmu dengan makeup remover supaya kulit wajah bisa bersih maksimal.
  2. Moisturizer untuk melembapkan kulit. Pakai moisturizer setelah memastikan kulit wajah sudah bersih. Pssst, untuk kamu yang punya kulit yang cenderung berminyak, jangan lewati penggunaan moisturizer ya. Moisturizer yang tepat bisa membuat wajahmu jadi less oily lho!
  3. Sunscreen untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Sunscreen dipakai terakhir setelah moisturizer agar bisa melindungi kulitmu dengan maksimal. Karena Indonesia adalah negara tropis dengan paparan sinar matahari yang cukup tinggi, sunscreen tetap perlu dipakai meskipun kamu hanya stay di rumah.

Rangkaiannya cukup minimalis ya? Makanya, skinimalism cocok banget buat kamu yang gak mau ribet atau baru mulai rutinitas menggunakan skincare.

Baca juga: Bayar Skincare Kamu Setiap Hari

Manfaatkan Alat Perawatan Wajah

Pengin coba level up skincare game kamu? Coba deh gunakan beauty tools atau alat perawatan wajah, seperti electric cleanser, gua sha, atau face roller.

Electric cleanser bisa kamu gunakan untuk deep cleansing sekaligus exfoliating biar wajahmu bersih menyeluruh sampai ke pori-pori. Tetapi, jangan gunakan electric cleanser terlalu sering ya. Cukup 1-2 kali seminggu. Gak mau kan kulit jadi iritasi karena keseringan eksfoliasi?

Sementara itu, gua sha dan face roller bisa kamu gunakan untuk memijat wajah setelah pakai moisturizer atau produk skincare lainnya. Selain membantu penyerapan skincare di kulit wajah, pijatan yang kamu lakukan ke wajah saat menggunakan gua sha dan face roller juga bermanfaat untuk mengencangkan kulit!

Rutin Konsultasi ke Para Ahli

Kapan biasanya kamu konsultasi kulit ke dokter? Konsultasi tentang kondisi kulit gak hanya bisa kamu lakukan saat ada permasalahan kulit tertentu yang sedang dialami lho.Gak ada salahnya kamu coba jadwalkan konsultasi secara rutin ke dokter kulit sebanyak 6 hingga 12 bulan sekali.

Tujuan konsultasi ke para ahli adalah untuk mengetahui apakah rangkaian perawatan yang kamu lakukan sudah sesuai dengan kondisi kulit kamu. Frekuensinya bisa jadi lebih sering bagi kamu yang memiliki permasalahan kulit lebih kompleks dan butuh perawatan yang lebih intensif.

Baca juga: Belajar Mencintai Rambutmu ala Kriwil Salon

Treatment Sesuai Kebutuhan Kulit

Ada banyak opsi facial treatment yang bisa kamu kamu pilih. Mulai dari peeling, detox, microdermabrasion, rejuvenation, hingga anti aging.

Masing-masing treatment memiliki manfaatnya tersendiri: peeling untuk regenerasi sel kulit baru yang lebih halus, detox untuk membersihkan racun dalam kulit serta mengurangi minyak berlebih pada wajah, dan rejuvenation untuk meremajakan kulit.

Sebelum treatment, observasi terlebih dulu keadaan kulit dengan saksama. Kemudian, jelaskan kondisi kulit dengan detail supaya kamu bisa mendapat rekomendasi treatment yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu—biar hasilnya semakin optimal!

Beri Nutrisi dari Dalam Kulit

Semua rangkaian skinvestment di atas gak akan berjalan maksimal kalau kamu gak ikut menutrisi kulitmu dari dalam. Kamu bisa melakukan itu dengan perbanyak konsumsi sayur, buah, dan air putih, lalu menambah asupan nutrisi kulit dengan suplemen tambahan.

Kalau kamu gak suka menelan suplemen dalam bentuk tablet atau kapsul, no worries! Sekarang ini tersedia banyak jenis suplemen berbentuk lain yang bisa dibeli di e-commerce, misalnya suplemen berupa serbuk yang bisa diseduh, gummy, atau jelly. Selain rasanya yang enak, manfaatnya juga tak kalah banyak!

Baca juga: Praktis Belanja di e-Commerce Pakai Jenius Pay

Sudah jadi lebih paham kan, soal langkah yang harus dilakukan untuk skinvestment beserta sederet manfaatnya?

Kalau kamu mau mulai mengalokasikan budget untuk skinvestment, Jenius punya fitur kartu debit tambahan bernama x-Card yang akan memudahkanmu mengalokasikan budget untuk skinvestment!

Dari halaman Card Center di aplikasi Jenius, kamu bisa request hingga 3 x-Card dengan 3 pilihan warna yang bisa kamu gunakan untuk alokasi budget yang berbeda. Misalnya, kartu warna ungu kamu gunakan untuk alokasi budget skincare, kartu warna hijau untuk konsultasi dan treatment, dan kartu warna biru untuk beli suplemen kulit.

Baca juga: 14 Ide Amplop Uang Menggunakan x-Card

Kamu cuma perlu top up sejumlah uang secara berkala ke masing-masing x-Card sesuai budget, lalu memakai kartunya hanya untuk kebutuhan yang sudah kamu tentukan di awal. Kamu pun bisa memilih untuk mengatur limit transaksi x-Card untuk membantumu stick to the budget. Dengan begini, pengeluaranmu untuk skinvestment jadi lebih tertata deh!

Mau mulai mengambil #langkahkecilhariini untuk skinvestment supaya kulit selalu sehat dan glowing?


Bagikan