Bagikan
Highlight Cover
Bisnis

Belajar Mencintai Rambutmu ala Kriwil Salon

27 January 2021  |  Penulis: Cynthia Isabella

Siapa yang menyangka niat untuk berbagi ilmu justru bisa menjadi peluang bisnis yang unik dan dibutuhkan banyak orang? Ini yang terjadi pada Gracia Indriani, atau yang biasa disapa Gracia, seorang entrepreneur muda sekaligus content creator di bidang kecantikan.

Gracia adalah pemilik Kriwil Curly Hair Salon and Reflexology yang terletak di jalan Panglima Polim. Salon khusus rambut bertekstur keriting dan ikal ini gak hanya menyediakan perawatan rambut seperti salon pada umumnya, tapi juga memastikan setiap pelanggan bisa tetap merawat rambut keriting mereka setelah pulang dari Kriwil Salon.

Baca juga: Lenthick: Bisnis Produk Perawatan Diri untuk Kesehatan Mental

Berawal dari video tutorial

Hingga beberapa tahun lalu standar kecantikan masih menekankan stereotype tertentu. Gracia yang berambut keriting pun sempat merasa insecure dan memilih untuk mencatok lurus rambutnya setiap hari. Hingga suatu saat, ia membiarkan rambut keritingnya terurai dan teman-temannya justru mengagumi tekstur rambut aslinya tersebut meskipun saat itu ia masih belum merasa percaya diri.

Titik balik buat Gracia terjadi ketika video tutorial seputar rambut keritingnya yang ia upload ke Youtube menjadi viral. Hal ini berlanjut ke video-video lainnya yang ia buat sambil perlahan-lahan belajar membangun kepercayaan diri dan semakin mencintai rambut keritingnya. Salah satu video yang ia buat adalah tutorial bagaimana membuat hair oil dari bahan-bahan alami agar bentuk kriwil rambut terjaga dan batang rambut tetap sehat. Ini merupakan hasil riset yang ia lakukan dengan membaca berbagai artikel dan mempraktikkan sendiri pada rambut keriting miliknya.

Melalui channel Youtube-nya tersebut, Gracia akhirnya menemukan banyak orang dengan rambut keriting dan permasalahan yang sama yang ia hadapi. Gracia pun menyadari bahwa meskipun rambut ikal dan keriting lebih dominan di Indonesia, sayangnya belum ada salon khusus untuk rambut keriting. Bahkan produk perawatan rambut keriting pun jarang ia temukan dan kalau pun ada, umumnya produk impor yang harganya gak murah.

Melihat resep hair oil ciptaannya disambut dengan baik serta keinginan untuk menginspirasi lebih banyak orang, akhirnya Gracia memutuskan untuk memulai bisnis salon khusus rambut keriting.

Baca juga: 3 Pertanyaan tentang Memulai Bisnis

Riset dan belajar untuk mendalami bisnis salon

Setelah mengambil sekolah kecantikan selama setahun, akhirnya pada November 2018, Gracia secara resmi membuka Kriwil Curly Hair Salon and Reflexology. Gracia mengaku sangat bahagia saat melihat salonnya ramai dikunjungi pelanggan. “Mulai dari scratch, aku mikir sendiri, cari tahu sendiri, riset sendiri, tanya-tanya teman. Jadi aku benar-benar belajar sampai akhirnya aku bisa membuat tim kecil yang bisa memformulasikan produknya.”

Tim yang ada di Kriwil Salon merupakan hasil didikan Gracia. Walaupun mereka memiliki pengalaman bekerja di salon, Gracia tetap turun tangan mengajarkan perawatan khusus rambut keriting pada timnya. Melalui didikannya ini, ia ingin timnya bisa membantu menyalurkan pengetahuan yang ia miliki kepada pelanggan. “Aku gak mau klien hanya cantik dan ganteng di salon aja, tapi ketika pulang, mereka juga berbekal ilmu untuk bisa styling dan merawat rambut sendiri.”

Mengandalkan platform digital dan word-of-mouth

Selain Youtube, Gracia juga menggunakan Instagram untuk membagikan konten edukasi perawatan rambut, produk-produk miliknya, sekaligus menginspirasi banyak orang melalui foto-foto before-after rambut para klien yang ia tangani. Walaupun begitu, bagi Gracia word-of-mouth tetap menjadi strategi yang jauh lebih efektif. Karena melalui kliennya yang puas dengan hasil kerjanya, mereka akan dengan senang hati merekomendasikan Kriwil Salon kepada kenalan yang lain.

Sayangnya, Kriwil Salon juga ikut terdampak pandemi Covid-19. Setelah sempat menutup salon selama beberapa waktu, Gracia akhirnya melanjutkan penjualan produk perawatan rambutnya seperti hair oil, curl cream, shampoo, dan conditioner secara online melalui situs e-Commerce.  Setelah beberapa bulan, ia pun kembali membuka salonnya walaupun masih by appointment terlebih dulu dan sambil tetap menjalankan protokol kesehatan yang diwajibkan pemerintah.

Baca juga: 6 Hal yang Harus Ada Pada Halaman Bisnis Online Kamu

Bagaimana Jenius membantu Gracia

Bagi Gracia, sangat penting untuk memiliki rekening bisnis yang terpisah dari rekening pribadi. Setiap hari ia harus tahu berapa banyak uang yang ia habiskan untuk keperluan harian, dan apabila tercampur dengan keperluan bisnis, keuangannya bisa berantakan. Caranya adalah dengan memakai akun bisnis Jenius. Melalui Jenius app, Gracia jadi bisa mengetahui pemasukan dan pengeluaran untuk masing-masing akun bisnis dan pribadinya secara detail.

Untuk penjualan produk perawatan rambut di salonnya sendiri, Gracia juga memanfaatkan aplikasi Bisniskit dari Jenius agar pencatatan pengeluaran dan pemasukan, informasi pelanggan, hingga pengaturan inventori jadi lebih mudah dan praktis untuk dilakukan.

Baca juga: Bangun Potensi Bisnismu dengan Inovasi Akun Bisnis dan Bisniskit

Gracia dengan Kriwil Salon miliknya membuktikan bahwa bisnis gak hanya mempertimbangkan keuntungan yang diperoleh saja, tapi juga bagaimana usaha yang dibangun bisa bermanfaat bagi orang lain. Dalam hal ini, selain mengajarkan bagaimana cara merawat rambut bertekstur keriting dan ikal, Gracia juga mengajak siapa pun yang memiliki tekstur rambut tersebut untuk menerima dan mencintai rambut yang dimiliki serta merawatnya sebagai mahkota yang akan selalu dibanggakan.

Selain Gracia dan Kriwil Salon, kamu bisa menemukan inspirasi cerita bisnis dari teman Jenius lainnya di laman blog Jenius.

Belum punya rekening bisnis terpisah dan aplikasi tambahan untuk membantu bisnismu? Yuk, cari tahu soal akun bisnis dan Bisniskit Jenius sekarang.

Bagikan