Bagikan
Highlight Cover
Simpler Life, Campaign

Gak Harus Ribet, Sedekah Bisa Dilakukan dengan 5 Langkah Kecil Ini

12 April 2022  |  Penulis: Fifi Nurfitrianti

Ramadan adalah bulan penuh kebaikan. Selain memperkuat ibadah, tingkatkan frekuensi berbagi dan berbuat kebaikan juga yuk. Salah satunya dengan bersedekah.

Bersedekah gak harus selalu dalam bentuk uang. Karena, apa pun yang bisa kamu bagikan ke orang lain dengan niat yang ikhlas, sudah bisa disebut sebagai sedekah.

Bahkan langkah kecil di keseharianmu bisa jadi cara untuk bersedekah lho. Kalau dilakukan secara berkala selama 30 hari sepanjang Ramadan, ini bisa membuatmu terbiasa melakukan sedekah—sekecil apa pun itu. Jadi, gak ada ceritanya bingung bisa sedekah apa deh!

Mau tau 6 langkah kecil yang bisa kamu lakukan untuk mulai bersedekah? Ini dia sontekannya dari Jenius!

1. Taruh mukena di masjid

Apakah kamu salah satu teman Jenius yang rajin beli mukena baru tiap lebaran? Mukena yang kamu miliki pasti semakin menumpuk—jangan-jangan sampai kamu lupa ada berapa mukena di lemarimu.

Nah, daripada gak terpakai, bagaimana kalau sebagian mukenanya kamu donasikan ke masjid atau musala? Kamu bisa bawa mukena ketika bepergian, lalu singgahlah ke masjid yang kamu temui di jalan dan taruh mukena milikmu di sana.

Upayakan mukena yang didonasikan dalam keadaan layak pakai serta sempatkanlah mencucinya biar bersih, wangi, dan siap dipakai ya. Kamu juga bisa membeli pengharum baju dan menaruhnya di masjid. Jadi, mukena-mukena di sana bisa selalu wangi.

Punya rezeki lebih? Kamu juga bisa beli beberapa pasang mukena baru untuk didonasikan. Apalagi dengan banyaknya orang yang hadir di masjid untuk melaksanakan salat lima waktu hingga ibadah tarawih, pasti bakal berguna banget!

2. Beli sandal jepit untuk dipakai wudu

Salah satu hal kecil yang sering bikin rebutan di masjid adalah: sandal wudu. Walau terkesan sepele, sandal wudu adalah barang yang cukup esensial buat para jemaah masjid biar kaki tetap bersih setelah berwudu.

Untuk sedekah, kamu bisa beli sandal jepit buat kamu taruh di masjid dekat rumah dan musala di kampus atau kantor. Coba datangi warung dekat rumah atau buka e-commerce favoritmu untuk mengecek harga.

Pantauan Jenius, ada banyak jenis sandal jepit berkualitas cukup baik dengan harga mulai Rp10 ribuan. Pilih yang sesuai dengan budget-mu dan belilah beberapa pasang.

Dengan begini, kamu juga gak perlu rebutan sandal jepit lagi deh tiap mau wudu! Pengelola masjid juga bakal senang banget melihat stok sandal jepit baru di masjid.

Baca juga: 5 Kegiatan di Rumah untuk Mengisi Ramadan

3. Beri makan kucing liar

Berbagi gak hanya bisa dilakukan ke sesama manusia, tapi juga makhluk hidup lainnya. Salah satunya adalah kucing liar. Karena terkadang mereka cukup kesulitan mendapatkan makanan.

Kamu bisa beli makanan kiloan kucing untuk diberikan ke kucing-kucing liar yang kamu temui di jalan. Setelah itu, makanannya bisa kamu taruh di botol terpisah dan simpan di tas. Jadi, bisa kamu langsung kasih saat kamu lagi jalan dan menemukan kucing liar. Persis seperti apa yang dilakukan oleh salah satu teman Jenius kita, Eva Celia.


4. Sedia hampers kecil buat kurir ekspedisi atau ojek online

Buat kamu yang sering belanja di e-commerce atau pesan makanan online, kehadiran kurir ekspedisi dan pengemudi ojek online yang mengantar paket pasti selalu ditunggu-tunggu.

Sebagai salah satu langkah untuk mengapresiasi kerja keras mereka serta berbagi rezeki Ramadan, gak ada salahnya kamu ikut berbagi hal kecil dengan mereka. Lagi-lagi gak harus dalam bentuk uang kok, tapi kamu bisa menyediakan hampers kecil-kecilan.

Hampers ini gak harus mewah, yang penting esensial. Contohnya:

  • self-care kit (hand sanitizer, masker, disinfektan, vitamin) buat para kurir menjaga kesehatan,
  • minuman dan snack ringan sebagai camilan maupun takjil, atau
  • beberapa item sembako buat keluarga mereka di rumah.

Kamu bisa taruh kardus atau kotak di depan rumahmu untuk menaruh hampers-hampers ini. Lalu, kamu bisa tulis pengumuman di kotak tersebut biar kurir ekspedisi atau pengemudi ojek online yang sedang mengantar paket bisa langsung mengambil sesuai kebutuhan mereka.

Baca juga: 5 Inspirasi Parsel Spesial Lebaran untuk Berbagi Kebahagiaan

5. Bagikan takjil ke orang-orang di jalan

Katanya, bulan puasa adalah bulan penuh berkah. Nah, kamu bisa ikut membawa berkah untuk orang lain lho. Misalnya dengan membagikan takjil—makanan buka puasa—untuk orang-orang di jalan.

Kamu bisa beli atau buat sendiri minuman dan makanan kecil untuk orang-orang yang kamu temui di jalan. Mulai dari penjaga parkir, pedagang kecil, pengemis, ODGJ (Orang dengan Gangguan Jiwa), pengamen, anak terlantar, dan lainnya. Berbagi itu indah, bukan?

Baca juga: Resep Takjil Favorit untuk Dibikin Sendiri di Rumah

Selain langkah-langkah di atas, kamu juga bisa sedekah dengan simpel melalui fitur Send It di aplikasi Jenius. Kamu tinggal pilih menu Tagihan, lalu pilih Zakat & Lainnya untuk mulai bersedekah.

Melalui Jenius, kamu bisa mengirim sedekah ke beberapa lembaga amil di Indonesia, seperti Baznas, Dompet Dhuafa, dan Rumah Zakat. Semua lembaga amil ini adalah lembaga amil tepercaya dan terdaftar di Kementerian Agama Republik Indonesia.

Untuk mendukung langkah kecilmu bersedekah sepanjang bulan puasa 2022 ini, Jenius akan melipatgandakan donasi paket makanan berbuka/sahur kaum dhuafa yang kamu kirimkan ke Dompet Dhuafa. Setiap kamu berdonasi dengan jumlah minimal Rp30.000, Jenius akan melipatgandakannya agar semakin banyak kaum dhuafa yang menerima donasimu.

Selain itu, donasi juga bakal dilipatgandakan buat kamu yang ingin berbagi kepada ribuan anak yatim dhuafa agar mereka bisa sekolah dan menggapai masa depan yang cerah. Mulai dari Rp10.000, maka donasimu akan Jenius lipatgandakan 2x lipat hingga Rp30.000 di Rumah Yatim.

Program spesial double donation ini hanya berlaku di website Dompet Dhuafa dan Rumah Yatim menggunakan Jenius Pay sebagai metode pembayaran. Yuk berbagi dari sekarang!

Baca juga: Cara Mudah Bayar Zakat dan Bersedekah dengan Jenius

Lakukanlah berbagai langkah kecil sedekah setiap hari selama Ramadan untuk membangun kebiasaan berbagi dari diri sendiri. Karena sedekah bisa dibilang mirip dengan berinvestasi: sama-sama butuh konsistensi biar bisa terus berlanjut di kemudian hari.

Kini, berbuat kebaikan dengan sedekah bisa lebih simpel karena bisa kamu mulai dari langkah kecil, mulai dari diri sendiri, dan mulai dari sekarang.

Bagikan

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius