Bagikan
Highlight Cover
Campaign

5 Kegiatan di Rumah untuk Mengisi Ramadan

26 April 2021  |  Penulis: Sefina Fadrin

Ramadan tahun 2021 adalah kali kedua kita menjalani Ramadan dengan segala keterbatasan. Kita gak bisa tarawih di masjid secara leluasa, gak bisa ramai-ramai ngabuburit berburu takjil favorit, juga gak bisa berbuka bersama keluarga dan orang tersayang. Kegiatan-kegiatan yang sarat kehangatan itu masih harus dilakukan sendiri maupun online.

Tetapi, teman Jenius jangan bersedih. Banyak alternatif kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu berpuasa, sambil tetap menjalankan ibadah. Jenius punya rekomendasi 5 kegiatan untuk mengisi hari-hari puasa kamu nih!

1. Mencoba resep makanan baru

Selama Ramadan, teman Jenius suka bosan gak buka puasa atau sahur dengan menu yang itu-itu saja? Nah, gimana kalau kamu coba cari menu-menu unik, terlihat enak, dan pastinya mudah dibuat di rumah?

Kamu bisa mencoba menyiapkan takjil dari menu-menu snack/dessert yang sedang digandrungi, seperti croffle (croissant waffle) atau tres leches cake. Untuk membuat basic croffle, kamu hanya perlu menyiapkan waffle maker (di marketplace banyak yang terjangkau!) dan croissant (frozen maupun ready to eat). Sementara topping-nya bisa kamu pilih dari segala macam selai dan buah yang ada di rumah.

Lebih tertarik membuat tres leches cake di akhir pekan? Ada banyak pilihan varian tres leches cake yang bisa kamu coba. Beberapa varian yang menarik dicoba: cokelat, sereal, kopi, hingga pandan! Cocok banget nih buat mengisi perut, sebelum makan malam setelah beribadah.

Untuk makanan pokok, kamu juga bisa mencoba menu pokok buka puasa dari berbagai negara, seperti ful medames dari Mesir. Ful medames terbuat dari campuran beberapa jenis kacang, minyak sayur, bawang merah juga bawang putih. Teman Jenius tertarik mencoba?

Baca juga: Resep Takjil Favorit untuk Dibikin di Rumah

2. Mendengarkan kajian online

Karena pada Ramadan ini masih banyak yang work or school from home, waktu luang di rumah bisa kamu gunakan untuk mendengarkan kajian-kajian online, sebagai pelengkap ibadah puasa. Mendengarkan kajian dapat menambah ilmu agama, meski dilakukan hanya 10 menit tiap hari.

Butuh rekomendasi kajian? Kamu bisa coba mendengarkan kajian dari Quraish Shihab, salah satu figur religius di Indonesia yang menjadi panutan banyak orang. Atau ceramah dari Nouman Ali Khan yang memikat banyak orang karena gaya bicara dan penjelasannya yang sangat cocok dengan style anak muda.

Baca juga: Atur Rutinistasmu di Bulan Ramadan Selama Masa Pandemi

3. Mengadakan buka puasa bersama virtual

Supaya bisa tetap bersilaturahmi, kamu bisa coba mengadakan acara buka puasa bersama secara virtual lho. Ajaklah keluarga atau teman-teman untuk bukber via aplikasi video call. Walaupun belum bisa bertemu langsung, paling gak kamu bisa berbagi kabar dan cerita dari jauh.

Bukber virtual cukup populer karena dinilai lebih simple. Alasannya…

  1. Biasanya, kendala saat bukber di luar adalah booking restoran. Terkadang, kita harus antre lama untuk bisa makan.
  2. Waktu beribadah juga jadi terbatas karena ada antrean di tempat ibadah.
  3. Selain itu, bukber virtual juga bisa lebih menghemat pengeluaran kamu lho! ;)

Baca juga: Tips Menekan Budget Buka Puasa Bersama

4. Membuat bisnis musiman, khusus Ramadan-Lebaran

Untuk mengisi waktu luang, kamu juga bisa membuat bisnis musiman yang cocok dijual selama Ramadan atau menjelang Idulfitri. Supaya praktis, kamu bisa mencoba bisnis dengan produk yang mudah kamu buat sendiri di rumah tanpa mengeluarkan modal besar.

Karena Ramadan cukup identik dengan makanan, kamu bisa menjual masakan dengan resep andalan favorit keluarga. Biar fokus, pilihlah salah satu di antara menu berbuka, takjil, atau kue Lebaran. Peluang bisnis ini cukup besar dengan adanya demand akibat tren saling berbagi dan bertukar hantaran.

Banyak orang mencari hamper untuk diberikan kepada saudara, teman, atau rekan kerja sebagai sarana berbagi dan silaturahmi. Kamu bisa membuat hamper berisikan karyamu di dapur tadi. Gak berbakat masak tapi jago bikin ilustrasi atau mendesain? Kamu bisa mengganti isi hamper dengan peralatan ibadah berdesain khusus. Be creative!

Oh ya, keuntungan dari bisnis musiman ini juga lumayan lho sebagai modal kamu menyiapkan hamper untuk keluarga dan kerabat-kerabatmu. Berbagi bikin happy, kan?

Baca juga: 12 Cara Berbagi Kebaikan dari Sekarang

5. Berzakat dan donasi

Sedekah paling utama adalah sedekah selama Ramadan. Nominalnya gak harus besar, yang paling penting adalah keinginan kita membantu sesama. Bila bisa dilakukan rutin sepanjang bulan, akan lebih baik lagi

Menunaikan zakat dan donasi dapat dilakukan dengan mudah melalui Jenius. Untuk pembayaran zakat dengan Jenius, kamu bisa melakukannya melalui fitur Send It. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengetahui caranya:

  1. Buka aplikasi Jenius, pilih Send It.
  2. Pilih Tagihan, lalu Zakat & Lainnya, pilih Baznas.
  3. Masukkan nominal zakat yang ingin kamu bayar, pilih Lanjut.
  4. Cek kembali jumlah donasi sebelum pilih Bayar.
  5. Terakhir, masukkan password Jenius untuk konfirmasi pembayaran.

Untuk donasi yang dilakukan selama Ramadan hingga akhir Mei 2021, Jenius akan melipatgandakan donasimu. Donasi teman Jenius akan dilipatgandakan hingga maksimal Rp20.000 per donasi. Cek info selengkapnya pada laman Every Yay.

Baca juga: Kolaborasi Jenius dan BAZNAS Hadirkan Layanan Zakat dan Donasi Digital

Nah, itu dia 5 kegiatan yang bisa kamu lakukan sepanjang Ramadan. Teman Jenius mau coba yang mana saja nih? Lakukan kegiatan menyenangkan pilihanmu sepanjang Ramadan, untuk mengisi hari-hari puasa dengan amalan dan perbuatan baik. #LakukanDenganCaramu, lakukan dengan Jenius.


Bagikan