Bagikan
Highlight Cover
Simpler Life, Updates

Cara Mudah Bayar Zakat dan Bersedekah dengan Jenius

11 May 2021  |  Penulis: Claudia Von Nasution

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ada dua arti zakat:

  1. n jumlah harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh orang yang beragama Islam dan diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya (fakir miskin dan sebagainya) menurut ketentuan yang telah ditetapkan oleh syarak (hukum Islam).
  2. n salah satu rukun Islam yang mengatur harta yang wajib dikeluarkan kepada mustahik.

Semakin jelas kan, seberapa pentingnya pembayaran zakat? Nah, biar yang wajib gak alpa dilakukan, jangan ditunda-tunda ya. Mari segerakan pembayaran zakat. Apalagi sekarang bayar zakat bisa dilakukan online.

Pada aplikasi Jenius, kini pilihan lembaga amil zakat semakin lengkap lho—ada Baznas, Dompet Dhuafa, dan Rumah Zakat. Semua lembaga amil ini adalah lembaga amil tepercaya dan terdaftar di Kementerian Agama Republik Indonesia.

Mudah Bayar Zakat Fitrah dengan Jenius

Buat teman Jenius yang antirepot, sekarang kamu bisa lebih mudah bayar berbagai zakat dengan Jenius! Salah satunya adalah zakat fitrah, zakat yang perlu ditunaikan sebelum pelaksanaan salat Idulfitri.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah masuk ke aplikasi Jenius, kemudian pilih fitur Send It. Pilih tab Tagihan, lalu pilih Zakat & Lainnya yang ada di bagian kanan bawah layar.

Bayar Zakat dengan Jenius

Langkah kedua, pilih BAZNAS, lalu pilih Zakat, kemudian pilih Zakat Fitrah.

Bayar Zakat dengan Jenius

Langkah ketiga, isi detail jumlah zakat dan nama-nama pemberi zakat. Kamu bisa memasukkan jumlah zakat fitrah sekeluarga sekaligus—gak perlu mengulang langkah yang sama untuk tiap anggota keluarga. Besarannya bisa kamu hitung dengan mengalikan jumlah pemberi zakat dengan nilai beras atau makanan pokok seberat 2,5 kg atau 3,5 liter. Dikutip dari situs Baznas, berdasarkan SK Ketua BAZNAS No. 7 Tahun 2021 tentang Zakat Fitrah dan Fidyah, nilai zakat fitrah untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya setara dengan uang sebesar Rp40.000.

Bayar Zakat dengan Jenius

Langkah keempat, baca niat zakat fitrah yang muncul pada laman selanjutnya. Setelah membaca niat, pilih OK, kemudian pilih Lanjut.

Bayar Zakat dengan Jenius

Langkah kelima, pastikan jumlah zakat dan nama pemberi zakat sudah sesuai, lalu pilih Bayar.

Bayar Zakat dengan Jenius

Mari sempurnakan ibadah puasa Ramadan dengan zakat fitrah. Luangkanlah waktu beberapa menit untuk membayarnya lewat aplikasi Jenius kamu.

Baca juga: Berbagi Kebahagiaan dengan Caramu Pakai Moneymoji edisi Lebaran

Rutin Bayar Zakat Penghasilan Setiap Bulan

Satu lagi zakat yang gak boleh terlupakan, yaitu zakat penghasilan! Pertama-tama, kamu perlu menghitung dulu jumlah seluruh penghasilan bulanan. Bila jumlahnya sudah mencapai nisab (jumlah harta benda minimum yang dikenakan zakat), maka kamu perlu membayar zakat penghasilan secara rutin. Biar gak berat, tips dari Jenius adalah bayarlah zakat penghasilan setiap bulan setelah menerima gaji.

Perhitungan zakat penghasilan cukup sederhana: kalikan total penghasilan dengan 2,5%. Oh ya, ada juga cara mudahnya, yaitu menggunakan kalkulator zakat yang tersedia di situs resmi badan amil preferensimu. Cek kalkulator zakat penghasilan yang tersedia di situs Baznas, Dompet Dhuafa, atau Rumah Zakat ya.

Pada beberapa kalkulator, ada yang menyediakan kolom pengeluaran/kebutuhan pokok. Poin ini tergolong opsional, karena jumlah yang dimasukkan akan mengurangi dasar perhitungan zakat. Untuk itu, sebelumnya kamu perlu memilih mau menggunakan perhitungan zakat yang mana—perhitungan dari penghasilan bruto (tanpa dikurangi kebutuhan pokok) atau penghasilan neto (total penghasilan dikurangi kebutuhan pokok)?

Setiap orang memiliki kepercayaannya masing-masing. Namun untuk menjaga kehati-hatian dan menghindari kurang bayar, zakat penghasilan disarankan untuk dihitung menggunakan penghasilan bruto. Nah bila sudah selesai menghitung, kamu tinggal melakukan pembayaran lewat Jenius.

Bukalah aplikasi Jenius kamu, pilih Send It, pilih Tagihan, pilih Zakat & Lainnya, kemudian pilih satu di antara 3 opsi lembaga amil preferensimu. Pada ketiga opsi tersebut—BAZNAS, Dompet Dhuafa, dan Rumah Zakat—tersedia menu pembayaran zakat penghasilan untuk memudahkan penyalurannya.

Bayar Zakat dengan Jenius
Berinfak dan Bersedekah Online Kapan Pun

Berniat menyisihkan penghasilan untuk infak dan sedekah secara rutin? Setiap baru gajian, kamu bisa langsung berinfak dan bersedekah lewat Jenius. Lewat Baznas, kamu bisa mengirimkan Infak Bencana & Kemanusiaan, Infak Kesehatan, dan Sedekah. Lalu lewat Dompet Dhuafa, kamu bisa berinfak untuk Insidental Bencana (COVID-19) juga Sedekah. Terakhir, lewat Rumah Zakat, kamu bisa melakukan Sedekah dan berdonasi untuk Insidental Bencana.

Caranya simpel, kamu hanya perlu pilih fitur Send It di aplikasi Jenius, pilih Tagihan, pilih Zakat & Lainnya, kemudian pilih satu di antara 3 opsi lembaga amil yang tersedia. Setelah itu, pilih opsi Infak atau Sedekah yang mau kamu bayarkan.

Bayar Zakat dengan Jenius

Terakhir, masukkan jumlah donasi yang ingin kamu berikan, konfirmasi jumlah dan notes, lalu pilih Bayar.

Baca juga: Kolaborasi Jenius dan Baznas Hadirkan Layanan Zakat dan Donasi Digital

Harapannya, #adajenius dapat memudahkanmu menunaikan kewajiban sekaligus berbagi dengan sesama yang membutuhkan. Apalagi dengan hadirnya semakin banyak pilihan pembayaran zakat, infak, dan sedekah lewat berbagai lembaga amil tepercaya.

Tunggu apa lagi? Yuk bayar zakat dan bersedekah online lewat Jenius! Download dan aktivasi Jenius sekarang untuk mempermudah pembayaran zakat dan sedekahmu.


Bagikan

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius