Bagikan
Highlight Cover
Campaign

Peruntungan Keuangan di Tahun Babi Tanah 2019

Dipublikasikan tanggal: February 4, 2019  |  Ditulis oleh: Claudia Nasution
Imlek 2019 menjadi pertanda dimulainya tahun Babi Tanah. Kalau sudah Imlek, biasanya banyak yang penasaran nih dengan peruntungan masing-masing sesuai zodiak Tionghoa atau shio. Untuk itu, Jenius mau membagikan terawangan peruntungan keuangan dari Ci Jenie, seorang ahli feng shui.

Karakter shio babi identik dengan shio yang membawa keberuntungan karena ada peluang dewi keberuntungan berpihak padanya. Namun, karena shio babi juga punya sifat lambat, kurang gesit, serta kurang dinamis, kamu harus mengantisipasinya. Kalau gak, kamu akan mager—malas bergerak, malas beraktivitas, dan akhirnya menjadi pasif. Gak mau kan, kalau kamu gak kebagian “keberuntungan” yang dibawa shio babi cuma karena mager?

Secara feng shui, tahun Babi Tanah 2019 mengandung unsur air dan tanah. Karena energi air merupakan simbol keuangan, kamu perlu mengantisipasi strategi budgeting agar tidak muncul masalah keuangan di tahun ini. Tahun Babi memang berpotensi membawa keberuntungan, tapi keberuntungan itu bisa muncul tiba-tiba. So, expect the unexpected! Lebih baik kamu save dan patuh dengan budgeting yang kamu buat dari awal daripada kelabakan karena terlalu boros dan tidak punya tabungan sama sekali.

Sudah rajin berinvestasi sejak tahun-tahun sebelumnya? Teruskan kebiasaan bagus ini ya, agar semakin konsisten dan tidak ada jadwal top up investasi yang terlewat, agar hasil investasi kamu semakin maksimal. Di saat yang sama, perhatikan juga risiko-risiko yang mungkin timbul. Jangan sampai tergiur dengan tawaran investasi mencurigakan dari pihak yang tidak jelas asal-usulnya ya.

Tikus
Tahun ini kamu membutuhkan kesabaran dan kegigihan untuk mencapai segala impian dan rencana, termasuk dalam hal keuangan. Kamu harus tetap berhemat karena pengeluaran dan pemasukan kamu hampir sama atau netral. Jangan remehkan pekerjaan yang mungkin terlihat kecil ya, karena justru itu bisa jadi sumber pendapatan tak terduga. Yang penting kamu konsisten.
Fitur Jenius yang pas buat kamu: Card Center

Kerbau
Pemasukanmu kecil, tapi stabil. Kamu disarankan rajin dan konsisten mencari sumber pendapatan lain dan memperhatikan pengeluaran agar gak melebihi budget. Ingat, hoki kecil hari ini bisa menjadi keberuntungan besar jangka panjang. Makanya, kamu harus tekun mengelola pendapatan dan tetap bersemangat mencari peluang kecil maupun besar. Dari pendapatan tersebut, jangan lupa sisihkan sebagian untuk ditabung ya. Gak apa-apa kalau masih kecil, kan lama-lama bisa jadi bukit!
Fitur Jenius yang pas buat kamu: Dream Saver

Macan
Keuangan kamu tahun ini gak sebaik tahun lalu. Jangan malu untuk sedikit berhemat dan menyesuaikan gaya hidup dengan budget ya, daripada besar pasak daripada tiang. Kamu juga harus lebih teliti mengatur cashflow. Meski sedikit, coba biasakan untuk menabung. Jangan sampai uangmu habis karena menuruti gengsi.
Fitur Jenius yang pas buat kamu: Flexi Saver

Kelinci
Belajarlah membedakan keinginan dan kebutuhan agar rencana keuangan yang telah kamu susun bisa berjalan lancar. Kesempatan yang kamu tunggu-tunggu gak langsung hadir di awal tahun. Tetapi kamu harus tetap percaya hokimu akan datang di saat yang tepat. Ketika peluang besar datang, sisihkan pendapatan untuk simpanan jangka panjang. Kuncinya, sabar dan konsisten mencari uang.
Fitur Jenius yang pas buat kamu: Maxi Saver

Naga
Keberuntungan kecil akan datang. Jangan boros, konsisten mengelola keuangan, dan gunakan uangmu dengar baik agar bisa mendatangkan keberuntungan. Banyak pengeluaran untuk berbagai keperluan memang gak bisa kamu hindari, untuk itu siapkan diri dengan dana darurat.
Fitur Jenius yang pas buat kamu: Flexi Saver

Ular
Hati-hati dengan pengeluaran mendadak di bulan Mei dan Agustus. Keuanganmu yang sedikit berat tahun ini akan melatihmu menahan diri dari godaan belanja impulsif dan pengeluaran yang bersifat tersier. Karena pemasukanmu terbatas, jagalah kesehatan dan mulai berinvestasi. Pengeluaran rutinmu perlu dikontrol agar saldo seimbang. Jangan lupa susun budget setiap awal bulan.
Fitur Jenius yang pas buat kamu: x-Card

Kuda
Yuk, mulai atur pengeluaranmu. Jangan sampai lebih besar pasak daripada tiang ya. Jangan tergiur dengan peluang meningkatkan keuangan dengan cara mudah. Kalau kamu gak teliti dan jeli, bisa jadi malah serba kurang lho. Butuh pengelolaan keuangan yang matang supaya gak overbudget, apalagi pemasukanmu belum terlalu besar. Jadi jangan terlena ya.
Fitur Jenius yang pas buat kamu: x-Card

Kambing
Meski keberuntunganmu kurang besar, keuangan kamu tahun ini tetap aman kok. Tetapi tetap jaga dan mengusahakan pemasukan lain ya, supaya bisa lebih baik lagi, khususnya untuk ditabung.
Fitur Jenius yang pas buat kamu: Maxi Saver

Monyet
Tahun ini kamu harus lebih hemat karena mungkin pemasukan kamu gak sebesar tahun lalu. Berhubungan dengan itu, keinginanmu yang banyak harus disesuaikan dengan budgeting dan target waktu agar keuangan tidak kacau. Ada baiknya kamu mengurangi frekuensi bepergian atau nongkrong agar membantu proses berhemat. Jangan lupa pantau terus pengeluaran supaya lebih aman dan gak ada “bocor” yang gak perlu.
Fitur Jenius yang pas buat kamu: In & Out

Ayam
Sifat borosmu harus diatur lebih serius. Jangan mudah tergoda menghamburkan uang untuk sesuatu yang hanya sekadar keinginan dan selalu ingat kebutuhan yang lebih penting. Alokasikan uang dengan lebih jeli dan teliti sehingga tidak rugi dan sia-sia.
Fitur Jenius yang pas buat kamu: x-Card

Anjing
Pemasukan kamu cukup baik tahun ini, tapi jangan terlena ya. Buat budgeting belanja dan perencanaan menabung yang baik agar seimbang. Kamu berencana menikah dalam waktu dekat? Nah, penting banget tuh mempersiapkan tabungan khusus untuk keperluan di masa depan.
Fitur Jenius yang pas buat kamu: Dream Saver

Babi
Pengeluaran yang gak terduga akan banyak terjadi. Apakah dana daruratmu sudah tersedia? Kalau belum, masih ada waktu untuk mengumpulkan dana darurat dengan memangkas atau menunda pengeluaran tersier.
Fitur Jenius yang pas buat kamu: Flexi Saver

Terakhir, ada saran umum untuk semua shio nih dari Ci Jenie. Hati-hati jangan sampai pengeluaranmu lebih besar daripada pemasukan, apalagi kalau sampai harus mencairkan tabungan. Kalau gak bisa menekan pengeluaran, kamu bisa cari ide kreatif untuk mendapat pemasukan tambahan biar kondisi keuangan lebih sehat lagi. Kamu juga bisa maksimalkan penggunaan Jenius untuk mengatur keuangan sehari-hari agar semuanya tercatat dengan rapi sehingga bisa kamu evaluasi sesuai dengan perencanaan awal.

Baca juga: Moneymoji Edisi Tahun Babi Tanah Bikin Imlek Lebih Meriah

Mau urusan finansialmu semakin baik di tahun Babi Tanah dengan Jenius? Download dan aktivasi Jenius sekarang.

Bagikan
Image
Image
Image
Image
Image
Image

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius