Bagikan
Highlight Cover
Bisnis

Momi Pipo: Kece dengan Baju Kembar untuk Ibu dan Anak

19 May 2021  |  Penulis: Sefina Fadrin

Adakah teman Jenius yang gemar mengenakan baju kembaran dengan keluarga? Perkenalkan, sekarang ada brand Momi Pipo yang bisa kamu lirik!

Momi Pipo adalah salah satu fashion brand lokal yang menyediakan baju kembar untuk ibu dan anak yang dibangun oleh Diajeng Pramita. Berawal dari kebutuhan akan kemeja, ditambah passion terhadap fashion serta ide membuat produk untuk mom & kids, jadilah bisnis ini dijalankan sejak awal 2020. Simak yuk kisah Ajeng membangun bisnis Momi Pipo!

Ekspansi line bisnis

Momi Pipo bukanlah bisnis pertama Ajeng. Ajeng sudah punya Kemeja Katalog, brand yang menyediakan kemeja untuk perempuan dewasa, sebelum akhirnya mulai memikirkan bisnis yang menargetkan ibu dan anak.

Menurut pengakuan Ajeng, dia gemar mendandani anak kecil menggunakan pakaian yang lucu-lucu. Dari situ Ajeng mendapat ide untuk membuat versi mungil dari desain kemeja perempuan dewasa yang sudah dimilikinya agar ibu dan anaknya bisa punya baju seragam.

Tanpa ragu, Ajeng kemudian memulai bisnis Momi Pipo. Awalnya, semua proses produksi hingga marketing dikerjakannya sendiri. Mulai dari memilih bahan ke pasar, mengoper bahan ke konveksi dan tim produksi, menjadi admin penjualan, hingga packing dan mengirim barang pesanan.

Memang, banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat akan memulai bisnis, seperti apakah produknya akan laku, bagaimana respons pasar, hingga potensi untung-ruginya. Namun, jangan sampai hal tersebut menjadi penunda untuk memulai bisnis yang kamu impikan ya! Kisah Ajeng yang memulai Momi Pipo tanpa basa-basi dan overthinking cukup menginspirasi, kan?

Baca juga: 3 Pertanyaan tentang Memulai Bisnis

Mengandalkan endorsement teman dan Instagram Ads

Setelah urusan produk beres, PR Ajeng selanjutnya ada dua, yaitu melakukan marketing dan promosi. Cara pertama yang dipilih Ajeng untuk meningkatkan awareness adalah meminta endorsement dari teman-teman terdekat.

Kala itu, Ajeng mengirimkan produk Momi Pipo kepada teman-teman yang cukup aktif dan punya platform di Instagram. Cara ini cukup efektif lho untuk bisnis-bisnis baru yang ingin memperkenalkan diri kepada pasar dengan budget yang relatif terjangkau. Teman Jenius setuju gak?

Oh ya, usaha Ajeng gak berhenti di situ. Setelah endorsement, Ajeng memanfaatkan fitur Instagram Ads sebagai sarana promosi. Cara ini cukup strategis, mengingat 90% dari Top 100 Global Brands telah menggunakan Instagram sebagai platform marketing mereka. Dan ya, UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) sangat mungkin memanfaatkan Instagram Ads untuk mendapatkan lebih banyak konsumen baru dengan waktu dan budget yang cukup efisien.

Sekarang, dari media sosial @momi.pipo terlihat bahwa Ajeng sudah menjalin kerja sama dengan beberapa influencer, salah satunya Mila Rosinta. Mila terlihat mengenakan koleksi Momi Pipo bersama kedua anak perempuannya. Gak kalah seru, Sharena Gunawan dan Ryan Delon juga memakai koleksi yang sama dengan anak laki-lakinya lho.


Karena baju couple untuk ibu dan anak lagi ngetren dan memang terlihat menggemaskan, banyak customer yang mau kembaran dan membeli produk yang sama. Teman Jenius tertarik untuk kembaran juga gak nih? Langsung hubungi Momi Pipo ya untuk cek stok dan ukuran—mereka menyediakan lengkap dari ukuran XS sampai XXL untuk semua produk.

Baca juga: 6 Tips Mengembangkan Bisnis Online untuk Pemula

Memiliki strategi pemasaran

Berada di media sosial saja gak cukup buat bisnis. Kualitas kontennya pun perlu diperhatikan. Untuk itu, Ajeng selalu mengusahakan kualitas foto produk yang baik dengan melakukan photoshoot khusus. Foto bagus ini gak cuma biar feed Instagram kelihatan bagus ya, tapi merupakan strategi agar mendapatkan like yang tinggi di Instagram.

Mungkin ada yang bingung, jumlah like segitu pentingnya ya? Dari cerita Ajeng, jumlah like bisa memengaruhi akankah foto unggahannya dapat masuk ke explore dan dilihat oleh pengguna lain. Dari situ, ada harapan pelanggan tertarik dan berujung melakukan transaksi. Jadi kalau kamu mau menargetkan hal ini seperti Ajeng, jangan ragu untuk mencobanya ya.

Baca juga: 6 Hal yang Harus Ada Pada Halaman Bisnis Online Kamu

Bila gagal, ya coba lagi sampai sukses!

Gak semua rencana bisnis dapat berjalan sempurna. Ajeng pun sempat dikomplain customer karena kemeja Momi Pipo menciut setelah dicuci! Alhasil, customer memberikan ulasan jelek untuk produk Momi Pipo. Kegagalan kecil ini membuat Ajeng terus berusaha mengakali dengan cara ini-itu. Sampai akhirnya Ajeng berhasil membuat produk anti menciut dengan melebihi potongan dari kemejanya.

Menurut Ajeng, pemilihan bahan adalah proses yang paling penting. Dia menjaganya dengan tetap memilih sendiri katun rayon berkualitas yang nyaman untuk dipakai sehari-hari. Apalagi bahan yang sama juga digunakan untuk bayi, balita, dan anak-anak yang memiliki kulit sensitif. Pemilihan bahannya pun premium sehingga gak mudah melebar dan gak luntur saat dicuci.

Sebagai edukasi, Momi Pipo juga memaparkan tips cara perawatan agar baju dari Momi Pipo awet dan terjaga kualitasnya. Nah belajar dari Ajeng, jika teman Jenius mengalami kegagalan dalam bisnis, coba lagi ya sampai sukses!

Baca juga: 4 Langkah Mengumpulkan Modal Bisnis Walaupun Penghasilan Pas-Pasan

Mengatur inventory bisnis dengan baik

Kegagalan dalam bisnis adalah hal yang lumrah, tetapi bukan berarti harus berhenti. Semua pebisnis harus siap menghadapi semua tantangan. Selain mendapat komplain dari customer, Ajeng juga sempat kesulitan mengatur stok produk.

Dulu Ajeng kesulitan mengecek stok barang karena semua data ada di laptop. Sebagai solusinya, Ajeng menggunakan Bisniskit by Jenius yang sangat praktis. Ajeng mengaku sangat menyukai fitur Toko di Bisniskit by Jenius untuk mengatur stok yang tersedia. Kini semua data bisnis dapat dilihat dari smartphone, jadi baik owner maupun admin gak perlu selalu standby di depan laptop.


Baca juga: Bangun Potensi Bisnismu dengan Inovasi Akun Bisnis dan Bisniskit

Cerita Ajeng dengan bisnisnya membuktikan bahwa memulai bisnis gak perlu pertimbangan yang terlalu kompleks, yang penting kamu memiliki keinginan dan keberanian, serta siap menghadapi segala risiko.

Agar kamu bisa fokus memikirkan hal-hal strategis dalam mengembangkan bisnismu, biarkan Jenius membantumu mengelola keuangan dan administrasi bisnis dengan layanan akun bisnis dan aplikasi Bisniskit by Jenius. Daftar akun bisnis dan download Bisniskit by Jenius sekarang untuk pengelolaan bisnis yang lebih simpel.


Bagikan

Get Help

Chat Image

Connect with Jenius